Apakah hal penting yang diperlukan oleh seorang pengusaha? Modal. Ya, modal memang tak bisa dilepaskan kaitannya dengan bisnis karena hampir semua menggunakan uang baik melalui pinjaman jangka panjang di bank ataupun mendapatkan suntikan dana melalui investor. Hanya saja ada satu hal lain yang saat ini jauh lebih penting dibandingkan dengan modal dan menjadi kebutuhan hidup untuk para konsumen sekaligus pemilik bisnis guna mempermudah aktivitas yang dijalankan dalam bisnis tersebut. Teknologilah yang sedang dibicarakan saat ini dimana pertumbuhan jaman yang semakin modern juga didukung dengan adanya penerapan teknologi baik dari informasi, produksi maupun komunikasi dan hal tersebut wajib dimiliki oleh para usahawan. Kebutuhan dalam mengefisiensi waktu sekaligus biaya membuat setiap pemilik bisnis merasa perlu untuk menerapkan teknologi dalam setiap lingkungan kerjanya.

Bisa jadi seperti penerapan ERP yaitu Enterprice Resource Planning yang merupakan salah satu peranhkat lunak berbentu aplikasi yang mampu mencakup sistem manajemen di suatu perusahaan. Penerapan teknologi informasi sudah semakin berkembang dengan pesat beberapa dekade terakhir ini namun masih banyak ditemukan usaha retail atau bahkan perusahaan besar yang masih belum menggunakan atau menerapkan teknologi sehingga mereka bisa bersaing dengan perusahaan lainnya di masa yang akan datang. Teknologi ini sebenarnya lebih dikenal sebagai sistem komputerisasi yang mencakup beberapa bidang seperti proses data, input data, mendistribusikan data serta menyimpan data. Semuanya itu hanya bisa dikerjakan dengan teknologi secara otomatis dan tidak lagi menggunakan cara manual yang sudah lama ditinggalkan Salah satu peran penting dari penggunaan teknologi adalah membuat semuanya menjadi lebih cepat, akurat dan efektif.

Meskipun terlihat mahal di depan, namun sebenarnya penggunaan teknologi jauh lebih hemat dan juga mampu mengurangi biaya yang tidak diinginkan sehingga mampu meningkatkan fleksibilitas dalam bekerja. Alur bisnis pun akan semakin jauh lebih terarah, terorganisir, dan juga tersentralisasi. Tentu saja teknologi seperti ini dapat diterapkan di berbagai macam jenis usaha karena sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua pengusaha baik dalam perusahaan berskala kecil maupun juga skala besar. Memang sudah saatnya bagi Anda untuk memiliki terobosan baru di dunia teknologi yang mampu mendukung kesuksesan bisnis tersebut. Teknologi pada awalnya menjadi sebuah terobosan yang belum penting seperti sekarang ini dimana listrik, distribusi air, dan segala macam fasilitas pendukunglah yang menjadi kunci penting dari penerapan teknologi. Selain itu, banyaknya keterbatasan dalam hal penyedia layanan sekaligus teknologi yang mumpuni membuat banyak pengusaha masih enggan untuk menggunakannya.

Tapi saat ini layanan teknologi hampir bisa ditemukan di berbagai sektor usaha maupun kegiatan seperti sektor pertanian, pertambangan, kepariwisataan, manufaktur, dan juga layanan finansial. Jejaring teknologi bisa ditemukan di berbagai industri global khususnya bagi perusahaan besar yang membutuhkan sistem yang dapat diandalkan, terpadu, automated, aman, leluasa sekaligus cost effective. Jika tidak bisa memperolehnya, maka pengusaha bisa membuat teknologinya sendiri yang hanya dimiliki oleh perusahaan terkait saja. Perusahaan yang multinasional pun telah mengkoordinasi produksi sekaligus marketing dengan cara membuat sistem komunikasi dengan basis satelit yang akan digunakan untuk tujuan sebagai pengkoordinasi perkembangan produk dan juga desain manufaktur. Bagi perusahaan dengan skala kecil, mereka lebih sering menggunakan cara pengembangan teknologi dengan jalan menyewa dikarenakan besarnya biaya yang dibutuhkan atau sekedar melakukannya sendiri.

Pilihan ini masih cukup ekonomis sebab perusahaan kecil masih bisa berkembang namun tetap melakukan penghematan dari segi biaya penggunaan teknologi. Departemen TI sendiri selalu dibangun dan diminta untuk melakukan berbagai macam pelayanan untuk mengembangkan sistem yang ada sekaligus mampu mengoptimalisasi efisiensi bisnis yang tinggi. Penggunaan teknologi disebut sebagai transformasi yang cukup revolusioner karena kinerja dari sebuah perusahaan tidak hanya dinilai berdasarkan segi finansial maupun aktivanya saja tetapi masih banyak hal yang memang harus dipikirkan serta dipertimbangkan dimana konsumen akan semakin dimanjakan jika bisnis menggunakan teknologi.

Oleh karena itu, pinjaman jangka panjang bukanlah sebuah hal mutlak dalam membangun bisnis karena penerapan teknologi pun mampu membuat banyak orang merasa semakin dipermudah sehingga konsumen tak akan berpindah dan tetap menggunakan produk atau jasa yang Anda miliki.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.