Tips Bikin Channel Viral dengan YouTubers Financing KoinWorks

tips bikin channel viral

Bagaimana cara buat YouTube channel viral?

Pertanyaan ini sering kali muncul dalam benak YouTuber pemula. Apakah kamu salah satunya?

Melansir dari Global Media Insight, per Januari 2022 jumlah pengguna YouTube mencapai 2,56 miliar. Sementara itu, total pengguna aktif hariannya mencapai lebih dari 122 juta pengguna. 

Untuk bisa bersaing dan membuat channel YouTube-mu viral tidak sulit, kok. Hanya saja, kamu perlu niat, strategi jitu meningkatkan visibilitas konten, serta konsisten dalam pembuatan konten.

Terdengar mudah, tetapi ketiga poin di atas sangat penting untuk kamu perhatikan untuk bikin YouTube channel kamu viral, lho. 

Sebab, tak hanya satu-dua orang saja yang ingin sukses menjadi seorang YouTuber. Bahkan, sederet artis ibukota pun mulai beralih ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari YouTube. 

Siapkah kamu bersaing dengan mereka?

Meski membuat konten yang menarik bukanlah hal yang mudah, tetapi kesempatan untuk viral tetap terbuka bagi siapa saja, kok. 

Berikut beberapa tips bikin YouTube channel kamu viral. Yuk, simak!


Tips Bikin Channel YouTube Viral

1. Buat Perencanaan Pra Produksi

Sebelum jauh-jauh memikiran cara membuat YouTube kamu terkenal, hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah apa tujuan dari dibuatnya channel tersebut. 

Setelah itu, kembangkan dengan mencari gambaran konten seperti apa yang akan kamu produksi. Misalnya, konten edukasi, life hack, hiburan, atau yang lainnya sesuai dengan keahlian kamu. 

Tak hanya dari segi isi konten, kamu juga harus menentukan jadwal penayangan konten setiap minggu atau bulannya dan membuat ciri khas channel YouTube kamu.

Dengan begitu, YouTube channel kamu akan lebih matang dan mudah melekat di hati penonton setia kamu.


2. Konsisten

Konsisten, terdengar mudah namun sulit untuk dipraktikan.

Setiap media sosial termasuk YouTube memiliki algoritmanya masing-masing. Dengan mengunggah konten secara konsisten akan memperbesar peluang konten kamu terbaca algoritma dan mudah ditemukan oleh banyak orang, lho. 

Umumnya, banyak YouTuber pemula yang sudah pesimis terlebih dahulu melihat jumlah subscribers dan penonton video yang sangat sedikit. Hal tersebut biasanya membuat mereka down atau kehilangan semangat untuk konsisten membuat konten.

Akan tetapi, kamu tidak boleh putus asa, ya. Tetaplah konsisten dalam membuat konten. Usahakan untuk membuat jadwal posting di hari dan jam yang sama. 

Atau kamu juga bisa membuat perencanaan konten jangka panjang dengan menetapkan target konten. Misalnya, kamu menargetkan untuk posting dua video dalam satu minggu, yaitu di hari Jumat dan Sabtu malam. Sebab, engagement sedang tinggi-tingginya pada hari dan jam tersebut.


3. Hindari Pembahasan yang Bertele-tele

Durasi video yang terlalu panjang biasanya membuat penonton bosan. Terlebih jika informasi yang dibahas tidak to the point.  

Untuk itu, perhatikan durasi dan keseluruhan isi konten. Caranya, fokuslah pada apa yang akan kamu bahas pada video tersebut. Sah-sah saja jika sesekali melontarkan candaan atau ciri khas kamu supaya tidak serius-serius amat. Tapi ingat, jangan berlebihan, ya. 

Selama kamu bisa mengemas konten dengan menarik dan tidak membosankan, maka penonton pun akan menikmati kontenmu bahkan hingga akhir video.


4. Buat Judul yang Menarik

Jangan salah, judul yang menarik bisa membuat penonton cinta pada pandangan pertama, lho. 

Bagaimana cara membuat judul yang menarik bagi penonton? 

  • Gunakan kata kunci yang banyak digunakan. Menyisipkan kata kunci dalam judul akan memberi tahu perayap Google tentang video kamu. Artinya, kata kunci yang tepat akan membuat Google memunculkan konten kamu ketika penonton mengetikkan kata kunci sehingga konten lebih mudah ditemukan. 
  • Hindari judul yang terlalu panjang. Idealnya, panjang judul video harus kurang dari atau sama dengan 60 karakter. Tujuannya, supaya penonton bisa membaca judul secara keseluruhan dalam sekejap.
  • Judul harus sesuai dengan isi video. Usahakan apa yang kamu deskripsikan dalam judul sesuai dengan isi video. Dengan begitu, penonton tidak merasa terbohongi dan bisa mendapat informasi yang mereka butuhkan. 
  • Buat deskripsi singkat. Terakhir, jangan biarkan kolom deskripsi kosong begitu saja. Kamu bisa isi dengan keterangan singkat dari isi video yang diunggah.

5. Buat Thumbnail yang Menarik

Selain judul, thumbnail yang menarik juga harus kamu perhatikan untuk bikin YouTube channel viral, lho. 

Sebab, seringkali penonton mengklik sebuah video karena clickbait dari thumbnail video. Kamu pernah mengalami juga enggak?

Selain menarik perhatian, thumbnail juga bisa menjadi identitas dan ciri khas dari channel YouTube kamu, lho. Dengan begitu, penonton dapat lebih mudah mengenali dan menemukan konten yang kamu unggah.


6. Kolaborasi dengan YouTuber lain

Untuk menarik penonton baru, tak sedikit YouTuber yang melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain. Cara ini bisa menjadi win-win solution antar YouTuber untuk bisa memperluas target audience. 

Selain ide kolaborasi, kamu juga harus memikirkan dengan betul seperti apa bentuk kolaborasinya. Misalnya, podcast, QnA, edukasi, life hack, dan lain sebagainya. 

Kamu juga bisa melibatkan warganet untuk memberikan pendapat terkait bentuk kolaborasi konten apa yang sekiranya bisa kamu buat dengan YouTuber lain.


7. Bagikan Video di Media Sosial

Terakhir, untuk mengembangkan channel YouTube, jangan lupa untuk melibatkan media sosial. 

Setiap media sosial memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda, untuk itu kamu juga harus mencari tahu sosial media mana yang bisa berdampak pada peningkatan kunjungan di channel YouTube kamu.


Bikin Channel Viral dengan YouTubers Financing dari KoinWorks

Selain lewat tips di atas, kamu juga bisa bikin channel viral dengan YouTubers financing dari KoinWorks, lho. 

Apa itu YouTubers financing?

YouTubers financing adalah program dari KoinWorks memberikan modal pinjaman hingga Rp500 juta pada para Youtubers.

Lewat modal tersebut, kamu bisa membeli peralatan untuk produksi konten dengan kualitas video yang lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan beberapa persen dari modal pinjaman untuk memviralkan channel YouTube dengan Google Ads. Tujuannya untuk menarik minat kelompok audiens dengan ketertarikan spesifik. 

Selain kebutuhan di atas, kamu juga bisa menggunakan modal pinjaman untuk kebutuhan lain yang pastinya bisa membuat channel YouTube kamu makin dikenal. 

Tertarik bergabung dengan YouTuber financing dari KoinWorks?

Caranya gabungnya juga gampang banget, lho. Berikut syarat dan ketentuannya:

  1. Telah memiliki channel YouTube yang sudah ter-monetize.
  2. Mengisi data di influencer.koinworks.com
  3. Menghubungkan akun YouTube dengan halaman influencer.koinworks.com.

Gampang ‘kan?

Buruan gabung dan dapatkan pendanaan untuk mengembangkan channel kamu!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.