Sering Disangka Produk Luar Negeri, Ini 8 Perusahaan Indonesia yang Mendunia

Perusahaan Indonesia Yang Mendunia

Siapa yang menduga jika brand terkenal seperti Krisbow, HokBen, J.CO, Buccheri, SilverQueen, dan La Fonte ternyata merupakan produk dari perusahaan Indonesia yang mendunia?

Jika dilihat berdasarkan namanya, brand-brand tersebut memang terkesan berasal dari luar negeri. 

Faktanya, ada banyak sekali produk lokal yang telah go international.

Bahkan, ada pula yang sudah melebarkan sayapnya hingga ke mancanegara.

Selain kelima brand tersebut, merek apalagi yang juga telah mendunia? Berikut daftarnya!


Kamu mungkin tidak akan menyangka jika perusahaan asal Indonesia bisa menciptakan produk yang ketenarannya hingga mendunia. Mulai dari donat, mie instan, hingga obat herbal mampu menyaingi produk asal luar negeri. 

Penasaran perusahaan apa saja yang mampu menembus pasar internasional?

Yuk, intip nama-nama brand asal Indonesia yang populer hingga ke mancanegara berikut! 

Krisbow

Kamu mungkin sering menemukan merek Krisbow saat membeli perkakas.

Terkesan sebagai merek produk asal luar negeri, kenyataannya nama brand ini merupakan singkatan dari nama pendirinya yaitu Krisnandi Wibowo.

Sebagai informasi, Krisnandi adalah putra dari Wong Jin, pendiri Kawan Lama Group yang menaungi Informa dan Ace Hardware. 

HokBen

Walau menu yang ditawarkan adalah makanan ala Jepang, namun perusahaan dengan nama Hokben ini ternyata restoran cepat saji asli produk lokal.

Restoran yang berdiri sejak tahun 1985 dan mendirikan outlet pertama di Kebon Kacang, Jakarta ini berada di bawah naungan PT. Bogainti. 

J.CO

Buat pecinta makanan manis seperti donat tentu sudah tidak asing lagi dengan brand J.CO. Awal berdiri sejak tahun 2006, restoran milik Johnny Andrean Group ini menyajikan minuman kopi dan berbagai macam varian donat. 

Mengusung tema cafe dan resto, J.CO berhasil mengembangkan bisnisnya hingga membuka cabang di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Filipina, bahkan hingga ke Arab Saudi.

Itu sebabnya tak heran jika J.CO kerap dianggap berasal dari luar negeri, padahal brand ini termasuk perusahaan Indonesia yang mendunia.

Buccheri

Apakah kamu termasuk salah satu penyuka produk sepatu atau sandal merek Buccheri dan mengira brand ini berasal dari luar negeri?

Pemilihan nama perusahaan yang classy memang membuat Buccheri kerap dianggap perusahaan asal luar negeri.

Faktanya, brand Buccheri ini berasal dari Makassar dan didirikan oleh 3 bersaudara. 

Nama brand ini terinspirasi dari nama ketiga pendirinya (Budi, Ediansyah, dan Hery).

Toko pertama Buccheri yang berdiri sejak 1980 ini berada di Pasar Baru, Jakarta.

Berkat kepiawaian pendirinya, kini brand yang satu ini telah berhasil memiliki 120 cabang yang tersebar di seluruh Nusantara. 

Baca juga: 10 Ide Peluang Bisnis di Makassar yang Patut Dicoba

SilverQueen

Siapa sih yang tidak kenal dengan SilverQueen, merupakan coklat batangan yang kerap diberikan di hari spesial seperti ulang tahun dan Valentine. 

Walau nama SilverQueen terkesan seperti produk asal luar negeri, namun perusahaan ini merupakan produsen coklat asli dari Indonesia yang berada di bawah naungan PT. Petra Foods.

Produknya telah merambah ke 17 negara di dunia, termasuk negara Jepang, Hong Kong, Thailand, Cina, Korea Selatan, Brunei, India, Filipina, dan Australia. 

La Fonte 

Jika dilihat dari nama brand, tidak salah jika banyak yang mengira kalau La Fonte merupakan produk dari Italia.

Kenyataannya, brand ini merupakan salah satu produk dari Bogasari yang telah berdiri sejak tahun 1991. 

Produk La Fonte tidak sebatas spageti, ada juga fettucini, makaroni, pasta, dan lain sebagainya.

Tak salah jika La Fonte termasuk salah satu perusahaan Indonesia yang go international mengingat produknya banyak yang telah diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Korea, RRC, Jepang, Nigeria, Vietnam, dan lain-lain. 

Indomie

Mau tau makanan apa yang “merakyat” namun mampu menembus pasar internasional? Jawaban yang paling tepat adalah Indomie.

Brand yang satu ini kerap dijadikan konten oleh para YouTuber mulai dari konten foto, mukbang, challenge, memasak, dan lain-lain. 

Tidak hanya itu, Indomie juga kerap di-review oleh para YouTuber luar negeri dengan hasil yang selalu bernada positif.

Variannya pun tidak tanggung-tanggung, mencapai 30 lebih varian rasa dan masih akan terus bertambah. 

Itu sebabnya tak heran jika brand dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk ini menjadi salah satu perusahaan asal Indonesia yang mendunia. 

Buktinya, Indomie telah diekspor ke lebih dari 60 negara mulai dari Hong Kong, Irak, Taiwan, Amerika, Arab Saudi, Australia, dan bahkan ke beberapa negara yang ada di Asia dan Afrika.

Untuk menghindari kekosongan stok, Produsen mie instan yang satu ini menyiapkan 16 pabrik untuk memproduksi 15 miliar paket Indomie setiap tahun.  

Tolak Angin

Selain barang dan makanan, obat atau suplemen herbal asal Indonesia pun ikut merambah dunia internasional.

Salah satu brand yang go international adalah PT. Jamu Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang membuat produk herbal bernama Tolak Angin. 

Berdiri sejak 1930, Tolak Angin telah menjadi andalan masyarakat Indonesia karena dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Kini, produk herbal yang satu ini telah diekspor ke berbagai negara seperti Myanmar, Filipina, Arab Saudi, Kamboja, dan lain sebagainya. 


Itulah beberapa brand ternama di Indonesia dengan berbagai macam produk yang telah go international namun dikira berasal dari luar negeri.

Intinya, sebagai konsumen jangan hanya berpatokan pada produk luar negeri karena brand dari negeri sendiri juga tak kalah hebatnya. 

Nah, dari kedelapan produk ciptaan perusahaan Indonesia yang mendunia tersebut, produk dari brand mana yang belum pernah kamu beli?  

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.