Belajar berinvestasi tidak hanya dilakukan melalui buku melainkan juga dari banyak hal di sekeliling kita seperti dari pengalaman atau cerita orang yang sudah berinvestasi. Membaca artikel tentang investasi di melalui internet juga bisa menjadi salah satu cara menambah wawasan tentang dunia investasi. Namun, ada cara unik lainnya yang bisa dilakukan untuk belajar investasi dengan mudah dan menyenangkan yakni dengan menonton film bertema bisnis dan investasi.

Jadi, dalam memahami investasi, Anda tidak hanya berurusan dengan pinjaman modal atau dana investasi Anda serta tips-tips memilih tipe investasi yang benar sesuai dengan kebutuhan Anda melainkan juga memahami bagaimana dunia investasi itu berjalan. Berikut lima film yang bisa ditonton bagi investor untuk memahami dunia investasi lebih jauh lagi.

The Wolf of Wall Street

Film ini rilis tahun 2013 lalu. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini memang terbilang sukses. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini terutama tentang dunia investasi. Film ini bercerita tentang kehidupan nyata dunia trading saham. Sang aktor, Leonardo DiCaprio memainkan peran Belfort yakni seorang broker muda yang awalnya bekerja menjadi broker di perusahaan besar kemudian perusahaan tersebut bankrut dan ia hanya menjadi karyawan di perusahaan kecil.

Kemampuan komunikasi, jiwa kepemimpinan, analisa serta beberapa sikap anti menyerah membuat Belfort bisa mendapatkan sukses yang besar menjadi broker yang akhirnya bisa mendirikan perusahaan sendiri walau awalnya karyawannya juga tidak memiliki background tentang dunia investasi.

Inside Job

Film ini dibintangi oleh Matt Damon. Film ini mengisahkan tentang fenomena krisis global. Usai menonton film ini, banyak yang kemudian terinspirasi dan tertarik dengan dunia trading. Bahkan, saking banyaknya pelajaran dari film ini seperti hubungan Derivative dengan Collateralized Debt Obligation, Inside Job mendapatkan piala Oscar tahun 2011 silam dengan kategori Best Documentary Feature. Dalam film ini, krisis keuangan global yang terjadi pada tahun 2008 digambarkan dengan sangat mengagumkan dan mengerikan termasuk dampaknya bagi Amerika Serikat.

The Big Short

Film baru dirilis akhir 2015 lalu. The Big Short bercerita tentang dunia keuangan. Walau bergenre drama, film yang dibintangi Cristian Bale, Ryan Gosling, Brad Pitt serta Steve Carell ini telah menarik banyak penonton lantaran candaan ringan yang dibawa oleh para aktor masih tergolong candaan cerdas sehingga membuat penonton harus berpikir. Film ini sendiri bercerita tentang krisis keuangan yang disebabkan macetnya kredit perumahan. Film ini hampir sama dengan Inside Job lantaran menggunakan krisis ekonomi global tahun 2008 menjadi background.

Dalam film ini, digambarkan bahwa investasi property bukan lagi menjadi investasi yang menjanjikan lantaran beberapa hal. Hal ini yang membuat pola pikir para trader dan investor akan berubah seiring dengan perkembangan zaman atau ekonomi. Begitu juga dengan Anda yang akan memiliki pola pikir yang berbeda dalam memandang dunia investasi.

Margin Call

Film ini dikatakan sebagai film bagi para pecinta Forex trading lantaran dalam film ini dikisahkan oleh sang sutradara, Margin Call dan J.C Junior tentang krisis global tahun 2007-2008 serta berbagai isu yang berkaitan termasuk gambaran jatuhnya bank investasi. Dalam film ini, kejatuhan bank investasi ini digambarkan dengan tempo yang lambat sehingga seluruh penonton dapat memahami dan melihat metafora bagaimana bank tersebut bisa runtuh.

Too Big to Fail

Masih tentang krisis global 2008 yang menjadi latar belakang film ini. Film finansial ini mengambil cerita bagaimana Menteri Keuangan Amerika Serikat bekerja dan mencoba mengatasi krisis tersebut namun yang menjadi sorotan publik adalah lantaran sang menteri gagal dalam mengatasi krisis tersebut yang disebabkan dari macetnya kredit perumahan. Dalam film ini, penonton juga akan melihat bagaimana perusahaan besar bernama Lehman Brothers dapat tumbang serta membawa dampak pada sistem perekonomian secara global.

Jadi, bagi investor, memang tidak baik jika hanya memikirkan tentang pinjaman modal tanpa memperhatikan aspek lain dari dunia investasi. Sama halnya dengan apa yang digambarkan dalam film-film ini bahwa ada banyak hal yang harus diketahui dan dipelajari ketika terjun dalam dunia investasi.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.