Ini Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha

pinjaman uang

Ini Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha – Modal merupakan syarat utama yang harus dipersiapkan saat hendak memulai sebuah usaha. Tanpa modal yang cukup,  laju usaha mungkin akan mengalami kendala di kemudian hari.

Memang tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, bahkan ada usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Namun, di era globalisasi ini, banyak sekali usaha yang membutuhkan modal yang cukup besar. Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan penting bagi para calon pebisnis yang ingin membuka usahanya.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Banyak dari para calon pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk membuka usahanya tersebut dikarenakan tidak memiliki modal yang cukup.

Padahal, banyak lho alternatif yang bisa dilakukukan untuk mendapatkan modal tersebut, salah satunya pinjaman ke bank.

Lalu, bagaimana caranya?


Ini Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha

Mengajukan pinjaman uang ke bank memang memiliki persyaratan yang cukup rumit, akan tetapi jika kamu bersungguh-sungguh ingin membuka usaha dan maka sebaiknya kamu ikuti cara pinjam uang di Bank berikut ini:

Buat Pihak Bank Yakin dengan Bisnis Kamu

pinjaman uang-1

Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabahnya, pihak Bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal yang menyangkut data calon peminjam.

Oleh karena itu langkah pertama, pastikan kamu bisa meyakinkan pihak bank mengenai alasan kenapa kamu mengajukan pinjaman tersebut.

Kamu bisa meyakinkan pihak bank dengan cara merinci dengan sejelas-jelasnya tujuan usaha.

Jelaskan pada pihak bank jika jenis usaha yang akan kamu jalankan adalah sebuah usaha yang memiliki prospek yang bagus di masa mendatang.

Tunjukan kesungguhan kamu dalam membuka usaha tersebut agar pihak bank mau memberikan persetujuan pengajuan pinjaman kamu.

Bila perlu, siapkan proposal dalam bentuk hard copy. Hal ini bisa menambah nilai kesungguhan kamu dalam mengajukan pinjaman untuk menjalankan usaha.

Lengkapi Persyaratan yang Ditentukan

pinjaman uang-3

Hal kedua yang perlu kamu lakukan untuk melakukan pinjaman uang di bank adalah dengan melengkapi berbagai macam persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank.

Pihak Bank akan memeriksa kelengkapan persyaratan nasabahnya dengan teliti dan seksama.

Apabila persyaratan tersebut terdapat kekurangan atau tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman  tidak akan disetujui.

Maka dari itu sangat penting untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pihak Bank tersebut.

Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan tersebut biasanya berupa dokumen-dokumen pribadi nasabah seperti:

  • laporan keuangan,
  • foto kopi KTP,
  • kartu keluarga,
  • slip gaji atau mutasi keuangan, dan
  • dokumen lainnya.

Hal berikutnya pihak Bank biasanya akan meminta nasabahnya untuk menyerahkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki sebagai bentuk jaminan.

Jadi, jika kamu hendak mengajukan pinjaman dengan jaminan, perlu mempersiapkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki.

Barang jaminan tersebut biasaya digunakan untuk menutupi dana pinjaman yang dipinjamkan kepada nasabahnya jika pada periode pengembalian pinjaman tersebut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun jika kamu tidak memiliki jaminan untuk diberikan kepada pihak bank, kamu bisa memilih pinjaman bisnis non-bank, yang sekarang banyak disediakan fintech.

Tapi harus hati-hati, paling tidak kamu harus pastikan fintech pilihan kamu baik kredibilitasnya dan telah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti KoinBisnis dari KoinWorks.

Miliki Citra Diri yang Positif

pinjaman uang-2

Hal yang terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan membentuk citra positif dalam diri. Pastikan kamu termasuk orang yang layak diberikan pinjaman oleh pihak Bank.

Ketika kamu bertemu dengan pihak bank sebaiknya tak perlu merasa tegang, karena jika  merasa tegang maka kemungkinan besar jawaban yang akan kam berikan pun tidak akan tersampaikan dengan lancar dan penuh keraguan, sehingga jawaban kamu bisa dianggap tidak meyakinkan oleh pihak Bank.

Oleh karena itu bersikaplah dengan sewajarnya saja, supaya pihak bank mau mempertimbangkan tujuan kamu mengajukan pinjaman tersebut.


Demikianlah cara mengajukan pinjaman uang ke bank untuk mendapatkan modal usaha. Jika pengajuan pinjaman kamu telah disetujui oleh pihak bank maka kamu pun bisa memulai menjalankan usaha yang telah diimpikan.

Pastikan bahwa kamu nantinya menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya sehingga bisa mengembalikan pinjaman kamu sesuai dengan waktu yang telah disepakat, dan lancar pembayaran angsurannya.

Alternatif Pinjaman Bisnis Bunga Rendah di KoinBisnis

Di KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk kepentingan bisnis tanpa jaminan melalui sistem peer-to-peer lending.

Nantinya, para Pendana akan bahu-membahu membantu memenuhi kebutuhan pinjaman bisnis kamu dengan bertindak sebagai selayaknya investor.

Selain tanpa jaminan, kamu juga bisa mengajukan pinjaman hingga Rp2 Miliyar dengan bunga rendah mulai 0,75% per bulan.

Jika kamu ingin melunasi pinjaman lebih awal, kamu juga tidak akan dikenakan biaya pinalti, lho.

Bila kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman di KoinBisnis dari KoinWorks, silahkan klik tombol di bawah. Semoga bisnis kamu sukses selalu, ya!


Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.