Sebelum Tergiur Cicilan 0%, Baca Ini Dulu Yuk! – Apakah Anda termasuk orang yang sering belanja atau jalan-jalan ke Mall? Nah, pasti sudah tidak asing dong dengan banner-banner yang dipasang di depan toko dan memperlihatkan tulisan cicilan 0% yang super besar?

Memang saat ini banyak sekali kartu kredit yang menawarkan program cicilan 0% pada berbagai macam merchant mulai dari elektronik, fashion, hingga ke tiket pesawat. Ketika kita melihat promo itu, biasanya kita pun akan tergiur karena dianggap memudahkan jalan kita untuk memiliki sesuatu yang diinginkan dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: Berencana Membeli Barang Mewah? Sebaiknya Tanyakan Hal Ini Kepada Diri Sendiri!

Tapi apa benar memilih untuk menggunakan program cicilan 0% adalah metode yang cepat untuk mendapatkan suatu barang?

Makanya, yuk pelajari dulu hal-hal di bawah ini sebelum tergiur program cicilan 0%!


Sebelum Tergiur Cicilan 0%, Baca Ini Dulu Yuk!

1Bagaimana Aturan Main Cicilan 0%?

cicilan-0%-kartu kredit

Secara garis besar, program ini menawarkan untuk membeli sesuatu dengan cara dicicil tanpa dikenakan bunga (0%) dengan kartu kredit selama maksimal 24 bulan.

Tapi, bukan berarti program ini tidak memiliki syarat, 2 syarat utama yang harus dipenuhi adalah limit yang mencukupi dan merchant yang memiliki fasilitas pembayaran ini.

Baca Juga: 5 Pelajaran Tentang Kartu Kredit yang Jarang Dipahami Banyak Orang

Contohnya begini, limit Anda hanya Rp 5 juta tapi mau mencicil televisi seharga Rp 6 juta, ini tidak bisa. Lalu bagaimana jika Anda berpiran untuk mencicilnya Rp 1 juta per bulan selama 6 kali bayar? Sayangnya, ini juga tidak bisa.

Jika ingin membeli barang seharga Rp 6 juta dengan cicilan 0%, otomatis limit kartu kredit akan terpotong senilai itu saat transaksi.

Jadi Jika limit kartu Anda Rp 7 juta lalu dipakai membeli barang melalui cicilan 0% seharga Rp 6 juta, berarti limit pada bulan berikutnya tinggal Rp 1 juta.

Limit itu akan kembali ke angka Rp 5 juta setelah cicilan lunas.


2Apa Manfaat dari Cicilan 0%?

cicilan-0%-kartu kredit-manfaat-belanja

Manfaat dari program ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu manfaat langsung dan tidak langsung.

Manfaat langsungnya adalah Anda jadi bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan tanpa harus menunggu lama dan membayarnya tanpa bunga yang besar selama periode cicilan yang Anda ambil.

Baca Juga: 6 Panduan Agar Bijak Menggunakan Kartu Kredit untuk Para Milenial

Lalu, manfaat tidak langsungnya adalah Anda jadi bisa menyimpan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar total belanja barang yang diinginkan menjadi sebuah investasi.

Sisa uang yang tidak terpakai tersebut bisa Anda pakai untuk investasi seperti membeli emas, saham, reksa dana, atau Peer-to-Peer Lending di KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Di KoinWorks sendiri, Anda berkesempatan untuk mendapatkan bunga hingga 21,32% per tahun hanya dengan berinvestasi minimal RP 100.000 saja. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut bagaimana sistem investasi di KoinWorks? klik di sini yaa!


3Apa Dampak yang Ditimbulkan dari Cicilan 0%?

utang - kredit - sedih - pinjaman - Sebelum Tergiur Cicilan 0%, Baca Ini Dulu Yuk! - cara mengatur keuangan

Walaupun program cicilan 0% memiliki banyak manfaat, bukan berarti program ini tidak memiliki risiko, seperti:

  1. Munculnya bunga saat Anda telat membayar tagihan, jadi istilah “0%” ini hanya berlaku jika Anda membayarkan tagihan per bulan tepat waktu.
  2. Meski bunga cicilannya 0%, Anda akan tetap dikenakan biaya administrasi tergantung dari kebijakan bank pemilik kartu kredit tersebut.
  3. Anda bisa dibebankan biaya overlimit jika saat mengambil cicilan 0% Anda sudah mendekati limit.
  4. Terkena jebakan markup harga dari merchant yang jahil karena mereka tetap menginginkan untung yang besar dari setiap transaksi.

Baca Juga: Ini Dia Akibatnya Jika Anda Tidak Bayar Kartu Kredit! 

Nah, sebenarnya dampak atau efek samping dari cicilan 0% bisa diatasi asalkan Anda jeli dan teliti sebelum membeli.

Sebenarnya, cicilan 0% ini pun merupakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menekan pengeluaran bulanan. Anda bisa mengkonversi pengeluaran besar menjadi potongan-potongan kecil yang bisa dibayarkan pelan-pelan.

Tapi Anda juga tetap harus hati-hati karena program ini juga berpotensi untuk menjadi bumerang. Jika Anda tidak bisa menahan ego untuk berbelanja, siap-siap saja untuk membayar tagihan cicilan yang menumpuk setiap bulannya.

Jadi ingat ya, selalu prioritaskan kebutuhan daripada keinginan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.