Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan Hanya dalam Waktu 1 Tahun – Menikah adalah salah satu momen paling istimewa dalam hidup kita.

Oleh karenanya, wajar jika banyak orang yang menginginkan pesta pernikahannya dibuat secara meriah. Tapi, untuk membuat pesta yang meriah tentu saja diperlukan persiapan dana yang matang.

Nah, untuk Anda yang memiliki rencana menikah dalam waktu 1 tahun ke depan, berarti ini sudah saatnya Anda mulai giat untuk mengumpulkan uang, karena pernikahan membutuhkan biaya yang besar.

Apalagi, biaya pernikahan memang tidak murah. Anda bisa mencoba kalkulator berikut dan menghitung rincian biaya pernikahan Anda:

Sudah dapat rinciannya? Apakah budget biaya pernikahan yang Anda miliki saat ini cukup? Masih ada waktu untuk mempersiapkannya, bukan?

Baca juga: Menikah Dengan Budget Seminim Mungkin? Bisa Kok!

Berikut adalah 5 langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan pernikahan Anda di tahun depan.


Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan Hanya dalam Waktu 1 Tahun

1Pisahkan Gaji

upah karyawan-perhitungan-BPJS-kesehatan-iuran

Cara paling mudah untuk memulai adalah memisahkan gaji Anda dan pasangan. Untuk urusan gaji, wajar jika ada di antara kalian yang memiliki gaji lebih besar. Hal ini bukan menjadi masalah, tetapi pembagian dan alokasinya harus diatur agar tidak terjadi benturan atau kekurangan dana.

Misalnya, gaji yang lebih besar digunakan untuk menabung keperluan yang besar seperti gedung atau katering. Sedangkan gaji yang lebih kecil digunakan untuk undangan atau souvenir.


2Buka Tabungan Khusus Menikah

tabungan-rekening-menikah-buku-tagihan

Walaupun pernikahan Anda akan digelar 1 tahun lagi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dan pasangan masih bisa menyiapkan biayanya dengan baik. Segera buka tabungan baru khusus untuk kebutuhan menikah.

Baca juga: 7 Tips Kelola Keuangan untuk Pasangan yang Akan Menikah

Tentukan uang yang akan Anda tabung setiap bulannya. Jumlah ini bisa Anda kalkulasikan dari total kebutuhan biaya pernikahan Anda nanti. Misal, Anda dan pasangan butuh Rp75 juta untuk biaya pernikahan, maka Anda dan pasangan harus menyisihkan uang minimal Rp6 juta ke tabungan bersama.


3Ubah Kebiasaan Kencan Mewah Menjadi Kencan Sederhana

kencan-sederhana-murah-menikah-pasangan

Kebiasaan untuk menghabiskan waktu dengan pasangan di tempat-tempat mahal sebaiknya mulai Anda ubah. Sebagai gantinya, Anda bisa merencanakan aktivitas yang lebih bisa menghemat biaya.

Misalnya, berkunjung ke rumah seminggu sekali untuk menceritakan keluh kesah yang terjadi di kantor, atau nonton film-film yang menjadi kesukaan Anda dan pasangan.

Baca juga: Lakukan 4 Langkah Keuangan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Walaupun hal ini terlihat membosankan, kegiatan ini justru dapat membuat Anda lebih hemat dan membangun chemistry agar Anda dan pasangan dapat mengenal lebih dalam satu sama lain, ini bisa dijadikan juga sebagai ajang latihan untuk kelak menghadapi kehidupan berumah tangga.


4Mulai Cicil Keperluan Menikah

seserahan-menikah-keperluan

Seperti yang kita ketahui, keperluan menikah memang sangat banyak. Selain gedung dan katering, keperluan seperti aksesoris, baju pengantin, seserahan, hingga souvenir ternyata jika dihitung dapat menyerap biaya yang cukup besar.

Baca juga: 8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Nah, agar hal ini tidak memberatkan Anda menjelang hari-H pernikahan, sebaiknya Anda mulai mencicilnya sesegera mungkin. Misalnya, Anda ingin memberikan 7 jenis seserahan untuk pasangan, maka cobalah untuk mencicilnya setiap bulan, seperti membeli 2 jenis seserahan di bulan ini dan begitu seterusnya hingga keperluan yang lainnya terpenuhi.

Tapi tetap perlu diingat bahwa pengeluaran ini juga perlu Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.


5Mulai Investasi

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Berikut Penjelasannya... - investasi minim risiko

Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk menambah modal untuk menikah nanti. Belilah beberapa instrumen investasi seperti emas, reksadana atau bahkan melakukan pendanaan di P2P Lending seperti KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Lalu bagaimana keuntungannya? tenang, KoinWorks menawarkan imbal hasil hingga 21,32%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja. Lumayan ‘kan?

Baca juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik

Itu dia tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan pasangan untuk mempersiapkan biaya pernikahan hanya dalam waktu 1 tahun. Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.