Semakin Tinggi Karir Anda, Semakin Mendekati Bangkrut

Alasan Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Banyak orang sudah merasa aman dan dengan karir yang tinggi, dapat mencukupi kebutuhan yang diinginkan. Tetapi tahukah bahwa dengan semakin tinggi karir yang dicapai, maka semakin tinggi pula kebutuhan seseorang. Istilah populernya adalah orang tersebut sudah naik kelasnya sehingga standar kebutuhannya meningkat dari yang sebelumnya. Bila seseorang yang berperilaku konsumtif tanpa memperhatikan cash flow, maka siap-siap saja anda sebentar lagi akan mengalami kebangkrutan. Banyak yang sudah terjebak dari permainan Rat Race, karena orang berlomba-lomba untuk keluar dari cash flow yang negatif.

Rat Race apa itu ? Rat Race adalah suatu pengejaran sesuatu tanpa henti, tetapi tidak mendapatkan hasil. Di dalam pengertian finance, pengejaran tersebut merupakan penyeimbangan antara pendapatan dengan biaya. Banyak yang tidak mempedulikan keuangan mereka karena gaji yang besar, mereka mampu beli sesuatu yang mereka inginkan. Salah satu contoh artis yang mengalami kebangkrutan adalah M.C Hammer yang memiliki biaya yang terlalu besar sehingga tidak dapat membiayai kehidupan mewahnya.

Artis M.C Hammer yang terkenal lewat single “U Can’t Touch This” mengalami kebangkrutan pada tahun 1996 dengan hutang 13 Juta USD. Sebelumnya M.C Hammer mendapatkan 30 Juta USD pada awal 90an. Kemudian dia membeli rumah besar seharga 12 Juta USD dan membayar para staffnya. Tidak lama kemudian dia tidak bisa membiayai kehidupan mewahnya. Dia sekarang seorang pendeta yang tinggal di sebuah rumah peternakan di California.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk keluar dari Rat Race ? Tentu saja dengan berinvestasi untuk mendapatkan pendapatan pasif. Banyak jenis investasi yang tersedia untuk menambah pendapatan pasif anda. Jenis investasi adalah saham, perumahan, deposito, obligasi, dan masih banyak lagi jenis investasi yang ada. Adapun tips untuk memulai mendanai adalah :

  • Mulai berinvestasi sekarang

Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai mendanai walaupun jumlah investasi yang sedikit. Sisakan sebagian gaji anda untuk menginvestasikan dalam bentuk apapun sesuai keyakinan anda. Karena semakin lama berinvestasi, maka semakin banyak pula uang yang didapat.

  • Belajar dari orang yang berpengalaman

Untuk membandingkan investasi mana yang cocok untuk anda, harus berkonsultasi dengan penasehat investasi. mereka akan memberikan keuntungan dan kerugian jenis yang akan diinvestasikan.

  • Mulai dengan hal yang familiar

Investasikan uang anda pada produk yang anda kenal dan sudah mengetahui informasi tentang investasi tersebut. Karena hal ini dapat meminimalkan risiko kerugian dari investasi tersebut.

  • Diversifikasi

Investasikanlah uang anda di produk yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat membagi risiko anda tidak hanya pada satu produk saja. Karena kondisi pasar yang berubah-ubah memungkinkan untuk berbagai produk mengalami penurunan nilai investasi.

Jadi, ayo kita keluar dari jebakan Rat Race. Mulailah berinvestasi, besarkan pendapatan pasif anda agar terbebas dari cash flow yang negatif.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
jonathan bryan

jonathan bryan

Head of Marketing for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.