7 Faktor Mengapa Orang Berhasil Berinvestasi

·
3 menit
jenis investasi terpercaya

Investasi memang seperti pisau bermata dua. Jika dipahami dengan benar, maka investasi bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat. Sebaliknya, jika tidak dipahami dengan benar, maka kemungkinan besar investor akan mengalami kegagalan demi kegagalan. Pasalnya, investasi bukan masalah seberapa banyak uang yang Anda miliki dan investasikan tapi tentang  bagaimana Anda bisa memahami dan mengendalikan investasi Anda sehingga berbuah keuntungan di waktu depan. Ada 7 faktor mengapa Anda bisa berhasil berinvestasi.

Memahami logika investasi

Memang banyak orang diluar sana yang menyuruh Anda berinvestasi pada satu dua hal tertentu. Bahkan mereka menjajikan kuntungan yang berlipat-lipat. Yang mencengangkan lagi, keuntungan tersebut bisa diperoleh dalam 1 atau 2 bulan. Jika Anda menerima penawaran seperti ini, maka bisa dipastikan uang Anda akan hilang. Bank saja hanya berani menawarkan bunga 14% dalam waktu satu tahun. Itu artinya, investasi memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa memetik hasilnya. Jadi, pahami logika investasi yang benar.

Mengambil jenis investasi yang tepat

Ada banyak tipe investasi yang ditawarkan. Ada investasi property, emas, tanah, bisnis riil, sampai pada obligasi, reksadana dan lain-lain. Anda perlu cermat memahami setiap jenis investasi yang dipilih. Pastikan Anda memahami resikonya pula. Jika Anda bisa mengambil jenis investasi yang tepat, maka Anda sudah memulai keberhasilan Anda. Investasi yang salah hanya akan menghabiskan uang Anda tanpa Anda bisa melakukan apa-apa.

Berinvestasi pada perusahaan yang potensial

Seluruh investor pasti ingin uangnya kembali dengan keuntungan yang maksimal. Pemilihan perusahaan potensial merupakan faktor penting yang akan menunjang keberhasilan berinvestasi Anda. Tentu, semua investor juga ingin bisa berinvestasi di perusahaan yang kelak bisa menjelma seperti Apple dan Facebook, tapi bukan hal yang mudah untuk bisa menyimpulkan jika suatu perusahaan akan menjelma menjadi raksasa. Butuh riset, kedalaman memahami fakta serta pengalaman. Carilah perusahaan potensial walau keuntungannya masih sedikit.

Mengenal resiko

Banyak investor, terutama investor pemula yang khawatir dengan resiko. Resiko adalah sebuah keniscayaan dalam investasi. Anda tidak bisa menghilangkan malam hanya karena ingin mendapatkan siang. Begitu juga Anda tidak menghilangkan resiko hanya karena ingin dapatkan keuntungan dari investasi. Ketika Anda mengenal resiko, maka Anda akan lebih bijak untuk menggelontorkan uang Anda.

Tidak mudah panik

Panik adalah hal yang lumrah yang akan dialami setiap investor. Namun, mudah panik bukanlah pilihan yang tepat. Ketika Anda panik, maka Anda akan memutuskan sesuatu dengan buru-buru. Keputusan buru-buru bisa menghancurkan semua apa yang sudah Anda rencanakan dengan matang. Misal, mendengar keadaan ekonomi yang sedang lesu, kemudian karena panik Anda berspekulasi bahwa Anda akan rugi. Setelah itu, Anda bisa saja menarik investasi Anda. Padahal, perubahan sangat cepat dan ekonomi membaik. Anda akan gagal dalam tahapan ini.

Menerapkan manajemen resiko

Ini penting dilakukan dan bahkan menjadi salah satu faktor utama yang bisa memberikan keberhasilan Anda dalam berinvestasi. Ada banyak tips tentang manajemen resiko investasi yang bisa Anda pelajari. Salah satunya adalah dengan menyebarkan modal investasi di beberapa pos. Maksudnya, untuk mengurangi resiko, Anda tidak akan menghabiskan seluruh modal pada satu jenis investasi. Anda mungkin perlu membagi uang Anda untuk diinvestasikan ke beberapa cabang. Satu gagal, yang lain bisa menutupi kerugian.

Berinvestasi di zona aman

Ini yang tidak boleh dilewatkan. Investasi adalah perkara yang susah ditebak. Jika Anda memiliki beberapa pos atau cabang investasi, pastikan salah satunya berinvestasi di zona aman. Investasi zona aman akan selalu memberikan keuntungan walau membutuhkan waktu yang lama. Jenis investasi ini juga cocok bagi Anda yang tidak suka berspekulasi. Sebagai contoh, investasi pada tanah. Investasi tanah aman dan tidak akan mengalami kerugian.

Beberapa faktor di atas perlu dicoba agar Anda juga bisa berhasil dalam berinvestasi. Ingat, investasi ketika bisa dikendalikan dengan baik maka akan memberikan keuntungan melebihi yang Anda kira. Sebaliknya, jika tidak Anda bukan hanya kehilangan uang, tapi juga semangat bahkan yang lebih parah akan membuat Anda kapok untuk berinvestasi di kemudian hari.

0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​