Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Cara Trading Saham untuk Pemula

Cara Trading Saham untuk Pemula

·
2 menit
Tips trading saham buat pemula

Investasi saham sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Ada banyak metode trading saham yang bisa dicoba oleh pemula, seperti trading online dari smartphone pribadi. Dan juga, banyak sekali informasi tersedia yang dapat membuat kita menjadi siap untuk mempelajari pola dan kondisi pasar. Untuk memulai trading saham kita bisa memulai kapan saja, tidak ada batasan waktu. Jadi, apa sih yang perlu Kamu lakukan saat dan sebelum memulainya? Hati-hati jangan sampai salah dalam trading saham, silahkan simak tipsnya di bawah ini!

Pilih indeks saham yang Tepat

Ada 22 jenis indeks saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kenali tipe-tipe yang biasa digunakan para pemain saham. Misalnya, Kamu dapat memilih LQ45 atau IDX30, dimana kedua indeks saham tersebut punya likuiditas yang tinggi dan didukung oleh perusahaan yang andal dan tidak diragukan. LQ45 merupakan indeks saham di Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan. Di sisi lain, IDX30 adalah 30 saham yang tingkat likuidnya terbaik.

Pilihlah Sekuritas yang sesuai

Saat membeli saham, kamu akan memakai perantara perusahaan sekuritas atau pialang saham yang mengenakan biaya untuk setiap transaksi. Pilih sekuritas yang menawarkan persentase biaya yang lebih rendah, seperti 0,20% untuk jumlah saham yang dibeli. Ini untuk memastikan keuntungan yang lebih baik dan cara yang lebih sempurna untuk dalam trading saham.

Trading Saham berdasar periode

Ada dua cara untuk memperdagangkan saham berdasarkan jangka waktu, jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka pendek, risiko kerugian tinggi, tetapi ada peluang untuk menghasilkan keuntungan lebih cepat.

Di sisi lain, perdagangan saham jangka panjang lebih mungkin menguntungkan. Jika saham tersebut punya reputasi, fundamental, dan performa yang baik.

Melakukan dengan sabar

Dengan kesabaran, semua metode trading saham akan lebih efektif. Sebagai pemula, kami sarankan untuk menginvestasikan sejumlah kecil modal dan meningkatkannya perlahan saat Kamu mulai memahaminya.

Saat Kamu menghadapi kerugian, hadapi dengan pikiran yang jernih dan lakukan pembelian saham yang nilainya turun (metode average down). Jika kondisi pasar kembali stabil, Kamu bahkan bisa mendapat untung jauh lebih besar.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​