Home » Blog » Daily, Gaya Hidup » Mengenal Webinar: Definisi, Jenis, dan Panduan untuk Mengikutinya

Mengenal Webinar: Definisi, Jenis, dan Panduan untuk Mengikutinya

·
7 menit
webinar adalah

Webinar adalah singkatan dari web seminar. Seminar ini dilakukan melalui sebuah situs web maupun aplikasi berbasis internet.

Seminar dengan menggunakan web seminar ini memungkinkan pihak pembicaranya untuk bisa membagikan materi melalui media elektronik secara online.

Ternyata, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan web seminar ini.

Selain itu, ada juga beberapa jenis web seminar yang bisa kamu terapkan dengan menyesuaikan hasil akhir yang kamu inginkan. Hal ini juga bisa kamu terapkan untuk cara kerja dari web seminar itu sendiri.


Keuntungan Menggunakan Webinar

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan web seminar. Keuntungan ini bisa untuk para peserta web seminar maupun bagi pihak penyelenggaranya. 

Keuntungan Bagi Peserta

Pada dasarnya, webinar adalah sebuah web seminar yang sangat menguntungkan bagi siapapun yang mengikutinya. Berikut ini ada beberapa keuntungan bagi para peserta yang mengikuti web seminar ini:

1. Pembelajaran Mudah dan Nyaman

Perlu kamu ketahui, bahwa web seminar ini bisa diikuti dari mana saja. Bahkan, kamu juga bisa mendengarkan web seminar sambil bersantai di rumah atau sambil mengerjakan kegiatan lainnya.

2. Pilihan Topik yang Luas

Kelas web seminar pada umumnya memiliki jangkauan topik yang sangat luas. Terlebih lagi, web seminar ini gratis.

Mulai dari topik yang cukup populer, hingga topik yang sangat mengerucut. Semua topik ini bisa kamu temukan dari berbagai penyedia kelas web seminar tersebut.

3. Informasi Gratis dari Ahlinya

Pihak penyelenggara webinar memang seringkali mengundang para ahli sebagai seorang pembicara. Web seminar ini memang tidak seperti halnya pendidikan sekolah maupun kampus pada umumnya.

Pihak pembicara di sini sudah memiliki pengalaman yang luas, sehingga informasi yang akan kamu dapatkan pun sangat relevan dan lebih akurat.

4. Mendapatkan Sertifikat Gratis

Manfaat webinar yang terakhir adalah akan ada banyak sekali kelas web seminar yang menyediakan sertifikat gratis kepada para pesertanya.

Sertifikat kepesertaan yang berasal dari web seminar ini tentunya bisa menjadi salah satu bahan dalam memperkuat resume kamu. Terlebih bagi kamu yang masih fresh graduate dan ingin mencari pekerjaan.

Keuntungan Webinar Bagi Marketer

Jika kamu merupakan seorang pemasar atau marketer yang memang ingin menjaring leads atau ingin mempromosikan produk tertentu, maka penggunaan web seminar merupakan salah satu opsi yang tepat untuk kamu ambil.

Nah, jika memang kamu bisa menjalankan web seminar ini dengan lebih optimal, maka tentu akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh.

Keuntungan ini mulai dari menjaring leads, hingga mengiklankan sebuah brand

1. Wadah Pengumpul Leads

Sama halnya seperti dengan ketika kamu mengumpulkan anggota yang memang memiliki sebuah kesamaan, maka leads yang akan kamu dapatkan pun akan merupakan orang-orang yang memiliki ketertarikan atas penawaran terhadap web seminar yang kamu buat tersebut.

Nah, para peserta atau penonton ini merupakan orang yang memang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai segala informasi yang kamu tawarkan tersebut.

Oleh karena itu, silahkan kamu perhatikan lagi dalam pemilihan topiknya.

2. Membantu Mengumpulkan Feedback

Jika memang kamu ingin mencari tahu hasil dari campaign atau promo yang sudah kamu lakukan sebelumnya, maka kamu bisa memberikan kuesioner melalui webinar adalah web seminar ini. 

Selain itu, jika memang kamu sedang membutuhkan inovasi baru untuk bisnis yang kamu jalankan, maka kamu bisa menggunakan media web seminar.

Silakan juga untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang tentunya relevan, sehingga bisa memberikan kamu jawaban atau solusi atas apa yang memang kamu butuhkan.

3. Media Promosi Produk

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan web ini untuk memberikan informasi kepada konsumen terkait dengan produk baru yang sedang kamu tawarkan. 

Namun, jangan lupa untuk tetap mengutamakan kualitas dari materi yang akan kamu bagikan nantinya ketika seminar.

Perlu kamu ketahui, bahwa seminar yang berkualitas merupakan seminar yang memang membawa manfaat untuk banyak orang yang mengikutinya.

4. Menunjukkan Keunggulan dari Sebuah Brand

Selain membagikan materi yang bermanfaat, kamu juga bisa menyelinginya dengan membagikan juga informasi mengenai produk yang kamu tawarkan tersebut.

Meskipun memang ketika kamu menyelipkan sebuah iklan atau promosi di tengah materi webinar, namun harus tetap kamu ingat untuk memberikan materi yang bermanfaat.

Dengan cara ini kamu juga bisa meyakinkan para peserta web seminar tersebut terlebih dahulu melalui materi yang meyakinkan.

Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pengenalan produk di akhir sesi web seminar tersebut.


Jenis Webinar

Ada beberapa jenis video yang memang banyak orang menyebutnya dengan web seminar. Padahal, ada beberapa jenis webinar yang perlu kamu pahami.

Namun sebelumnya, silahkan kamu pahami terlebih dahulu dua istilah lain dari web seminar ini.

  • Web Broadcast atau webcast. Webcast atau siaran web ini merupakan sebuah web seminar yang memiliki jumlah penonton yang sangat banyak.
  • Video Conference atau telekonferensi ini merupakan sebuah web seminar yang lebih fokus pada diskusi dan komunikasi yang terjadi antara peserta dan pembicara.

Agar kamu tidak keliru lagi, berikut ini ada beberapa jenis dari web seminar yang perlu kamu pahami sebelumnya:

The Lead – Generation 

The Lead – Generation merupakan salah satu jenis dari web seminar yang sering digunakan oleh para marketer dalam meningkatkan jumlah salesnya.

Sales webinar ini pada umumnya hanya akan meminta para pesertanya untuk mendaftarkan data pribadi dan email website.

Sebagai gantinya, maka pihak panitia pun akan memberikan akses ke web seminar, serta memberikan materi yang bermanfaat untuk kamu.

Jika memang kamu adalah seorang sales promotor yang hendak menjalankan sales webinar ini, maka pastikan bahwa kamu tidak hanya mengincar peningkatan jumlah leads-nya, namun juga bisa memberikan ilmu yang benar-benar berguna bagi para peserta seminar tersebut.

Tujuan dari webinar adalah untuk memberikan banyak pemahaman bagi para pendengarnya atau audiensnya.

The Multi – Module Webinar

Untuk jenis dari web seminar yang satu ini bisa kamu sebut juga sebagai tipe webinar yang berisikan dengan topik paling mendalam.

Mengingat bahwa web seminar ini terbagi menjadi lebih dari satu sesi, maka topik yang kamu gunakan nantinya harus bisa kamu jelaskan secara lebih mendetail. 

Selain itu, para pesertanya pun juga bisa mendapatkan kesempatan yang jauh lebih banyak jika memang ingin mengajukan pertanyaan yang mungkin bisa menjadi topik nantinya pada seri web seminar selanjutnya.

Apapun topik pembahasan yang nantinya akan kamu sampaikan, maka pastikan bahwa para peserta yang menghadiri webinar kamu bisa mendapatkan manfaatnya di akhir sesi web seminar tersebut.

Dengan begitu, maka waktu yang telah para peserta habiskan  untuk menghadiri webinar ini sangatlah tidak percuma.

Tentunya sudah ada celah antara informasi dan pengetahuan, yang pada akhirnya berhasil menemukan cara agar kamu bisa mengedukasi calon konsumen kamu yang saat ini sudah menjadi target dari webinar kamu tersebut.

Silakan kamu tempatkan pihak pembicara web seminar sebagai seorang ahli, dengan begitu kamu bisa membantu para peserta untuk meraih tujuannya yang sesuai dengan fungsi maupun porsi yang bisa kamu lakukan.

Dengan begitu, maka kamu bisa melihat bagaimana bisnis kamu tersebut mulai berkembang dengan baik.

Jika memang kamu merupakan salah satu orang yang menjadi peserta web seminar, maka silahkan kamu cari pembicara yang memang sudah ahli pada bidangnya masing-masing.

Selain itu, silahkan kamu tentukan apakah webinar tersebut memang bisa membantu para peserta dalam meningkatkan pengetahuan kamu terhadap suatu pembahasan.


Memilih Media Webinar

Jika mengingat webinar adalah web seminar yang bisa kamu lakukan secara online melalui sambungan jaringan internet, maka ada berbagai aplikasi live streaming yang bisa kamu gunakan untuk melakukan webinar tersebut. 

Namun, sebelum itu silahkan kamu sesuaikan terlebih dahulu dengan topik yang akan kamu sampaikan pada sesi webinar tersebut. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan pembicaranya, waktu dan durasi dari web seminar, hingga jumlah peserta dari webinar itu sendiri. 

Setelah itu, silahkan kamu pilih salah satu dari beberapa platform yang terdiri dari media sosial hingga aplikasi lain, seperti Zoom, Youtube Live, Facebook atau Instagram Live, GoToWebinar, WebinarJam, atau WebinarNinja.


Cara Mengikuti Webinar Online

Di masa pandemi seperti saat ini, tentunya kamu bisa mengadakan suatu seminar yang bisa dihadiri oleh lebih dari jumlah target yang sudah kamu perkirakan sebelumnya. 

Namun, kamu juga harus bisa menentukan bagaimana cara agar kamu bisa mengelola suatu web seminar agar lebih menarik bagi para calon audiens nantinya mau untuk mengikuti webinar yang kamu selenggarakan tersebut.

Oleh sebab itu, kamu juga harus memahami bagaimana alur kerja dari web seminar terlebih dahulu.

Ketika kamu sedang menghadiri sebuah seminar, maka kamu harus bisa mendatangi lokasi tertentu untuk melakukan seminar tersebut.

Selain hal ini akan memakan waktu untuk menghadiri seminar tersebut, terkadang juga bahkan akan menghabiskan biaya untuk transportasi menuju ke tempat seminarnya.

Namun, dengan adanya webinar adalah web seminar ini maka kamu bisa memangkas biaya transportasi itu sendiri.

Sebagai gantinya, kamu pun harus menyediakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk menghadiri sebuah webinar:

    1. Perangkat elektronik yang menunjang webinar agar lancar, bisa laptop atau komputer, bahkan smartphone kamu.
    2. E-mail kamu pun haruslah aktif, karena untuk kebutuhan mendaftar dan menerima link ke acara webinar tersebut.
    3. Koneksi internet cepat dan stabil, serta aplikasi browser yang menunjang, seperti Chrome, Safari, maupun Mozilla Firefox.
    4. Terakhir, untuk lebih mendengar dengan jelas setiap penjelasan yang ada pada webinar tersebut, maka silahkan kamu persiapkan headset atau speaker.

 

Langkah-langkah Melakukan Webinar

Setelah kamu mempersiapkan semua perlengkapan yang harus ada sebelum menghadiri acara webinar, maka silahkan kamu ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Lakukan proses pendaftaran webinar di website yang sudah ditentukan.
  2. Silahkan kamu salin link yang akan mengarahkan kamu pada video ketika webinar tersebut sedang berlangsung. Pada umumnya, link ini akan terlampir pada email konfirmasi. Maka dari itu, silahkan kamu cek email yang kamu daftarkan pada pendaftaran webinar sebelumnya.
  3. Jangan lupa untuk mencatat jadwal penyelenggaraan webinar tersebut. Bahkan, jika perlu silahkan kamu buat pengingat pada ponsel kamu agar tidak lupa jika ada jadwal untuk menghadiri sebuah webinar.
  4. Jangan lupa juga bahwa kamu harus hadir ketika webinar tersebut berlangsung. Persiapkan catatan juga jika memang kamu perlukan.

Acara webinar ini tidak hanya akan menghemat waktu dan biaya yang harus kamu keluarkan saja, melainkan juga kamu harus bisa memilih sendiri webinar mana yang akan kamu hadiri. 

Tidak hanya itu, dengan hasil rekaman webinar yang kamu lakukan tersebut pun juga bisa kamu putar ulang jika memang ada beberapa poin yang mungkin sudah kamu lewatkan sebelumnya.


Perbedaan Antara Webinar dan Seminar

Mungkin bagi sebagian orang masih banyak yang bingung dalam memahami apa saja perbedaan webinar dan seminar. Nah, untuk menjelaskannya, silahkan kamu simak saja alasannya berikut ini:

  • Webinar merupakan web seminar yang artinya adalah seminar yang terbentuk secara online atau daring dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat keras sebagai medianya.
    Webinar sendiri memiliki banyak kelebihan yang mungkin tidak ada pada seminar offline, yang mana untuk menghadiri sebuah acara web seminar atau webinar ini kamu sudah tidak perlu lagi ke mana-mana, dan hanya perlu duduk manis di depan laptop untuk bisa menghadiri web seminar tersebut.
    Namun, kamu juga harus mempersiapkan jaringan internet yang cepat dan stabil.
  • Seminar merupakan sebuah kegiatan yang berisikan pemaparan materi yang pembicaranya sudah memiliki wawasan yang luas serta keterlibatan dari banyak peserta untuk membahas sebuah topik dan mencari solusi atas suatu masalah yang sedang dijelaskan.
    Kegiatan yang dilakukan secara offline memang dianggap tidak begitu fleksibel, karena harus mendatanginya jika ingin ikut.
    Namun, cara ini juga terbukti lebih efektif untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi agar lebih jelas tanpa harus tertinggal hanya karena jaringan tidak stabil seperti pada webinar.

Kesimpulan

Webinar adalah web seminar yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan sebuah web seminar.

Dalam sebuah seminar, perlu kamu ingat untuk melakukan pelatihan dan interaksi. Hal ini harus kamu lakukan jika memang ingin mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​