Cara Menggunakan Umpan Balik Demi Meningkatkan Kemampuan Belajar – Banyak orang berkata bahwa latihan yang dilakukan akan membuat Anda menjadi jauh lebih baik dalam melakukan sesuatu hal.

Pepatah tersebut digunakan untuk mendorong seseorang untuk belajar atau melakukan sesuatu yang baru.

Orang yang berada dalam proses belajar membutuhkan banyak percobaan sebelum mereka berhasil dan mampu melakukannya dengan benar.

Hal ini sama dengan saat Anda akan mengendarai sepeda, mengemudi mobil, atau belajar bahasa asing. Tidak ada orang yang hebat hanya dengan melakukan sesuatu hal satu kali saja.

Tidak hanya itu saja, Anda juga membutuhkan umpan balik yang benar saat akan belajar dan meningkatkan keterampilan agar menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang cara menggunakan umpan balik untuk meningkatkan keterampilan belajar.

3 Tahapan Penting Mendapatkan Umpan Balik

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! - 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Selalu Mengembangkan Diri

Umpan balik merupakan mendapatkan informasi tentang seberapa baik kinerja, saat Anda mencoba untuk melakukan sesuatu atau menerapkan keterampilan.

Umpan balik akan menjelaskan tentang apa yang salah dan apa yang berjalan dengan benar.

Tahapan yang pertama adalah praktek atau menerapkan, di mana Anda akan menempatkan apa yang ingin dipelajari ke dalam sebuah tindakan.

Baca juga: 4 Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik Lagi

Tahapan yang kedua adalah mengukur yaitu memperoleh informasi tentang kinerja Anda.

Tahapan yang terakhir adalah mempelajari, di mana Anda akan menganalisa seberapa baik Anda melakukan dan mulai membuat penyesuaian untuk berlatih.

Kami sangat menyarankan Anda untuk mengenali 3 tahapan di atas dan menerapkannya setiap kali berlatih sebuah keterampilan baru.


Mendapatkan Umpan Balik yang Sesuai

1Konsistensi

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

Menjadi konsisten artinya Anda memiliki cara yang teratur untuk mendapatkan kualitas umpan balik yang sama.

Anda harus bisa membandingkan setiap pengalaman belajar untuk mengukur dan membuat sebuah penyesuaian. Jika umpan balik tidak konsisten, maka Anda akan kesulitan untuk mengetahui apa yang salah dan apa yang benar.

Misalnya seperti ini, saat ini Anda sedang belajar bermain gitar. Jangan memainkan lagu yang berbeda setiap kali berlatih, sebab Anda akan mendapatkan umpan balik yang tidak sama dan konsisten.

Baca juga: Ini 6 Perilaku yang Menunjukkan Anda Termasuk Manajer yang Buruk

Hal ini bisa terjadi karena kesulitan, kecepatan, dan ritme setiap lagu berbeda-beda.

Itu artinya Anda tidak akan memiliki cara yang bisa diandalkan untuk membandingkan seberapa baik Anda memainkan sebuah lagu.

Dengan demikian, cara terbaik untuk belajar adalah memainkan lagu yang sama secara berulang kali.


2Kecepatan

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri

 

Anda juga harus bisa mendapatkan umpan balik yang cepat, karena semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan umpan balik, maka akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan.

Hal inilah yang menjadi faktor mengapa orang yang menghabiskan banyak waktu untuk berlatih, tetapi membuat sebuah kemajuan yang sangat lambat.


3Umpan Balik yang Akurat

3 Strategi yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Perhatian Audiens Saat Sedang Presentasi

Ini artinya Anda akan mendapatkan umpan balik yang benar-benar mencerminkan kinerja Anda secara akurat.

Hal ini sangat penting dilakukan karena Anda akan mengandalkan umpan balik untuk memberi tahu apa saja yang perlu ditingkatkan.

Menggunakan umpan balik bisa Anda lakukan dalam proses belajar apapun, saat akan belajar di pendidikan formal atau non-formal.

Menerapkan teknik di atas akan membuat Anda mampu meningkatkan keterampilan belajar menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Hanya saja jangan sampai proses belajar yang dilakukan terkendala dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan keuangan keluarga.

Baca juga: Memiliki Mentor Penting untuk Kesuksesan, Ini Cara Mendapatkannya…

Anda bisa menggunakan pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk membantu Anda membayar biaya pendidikan tersebut.

Pinjaman tersebut sangatlah ringan karena suku bunga yang ditawarkan sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. 

Tidak hanya itu saja, setiap pinjaman yang telah diambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Tertarik memanfaatkan fasilitas KoinPintar demi mendapatkan hasil belajar yang maksimal!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.