5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji – Bukan sebuah gaya hidup yang baik, saat menemukan diri Anda terbiasa hidup mengandalkan gaji ke gaji yang selanjutnya.

Bahkan bisa saja timbul masalah yang lebih parah, di mana Anda menghabiskan gaji sebelum menerima pendapatan di bulan berikutnya sehingga harus meminjam dari teman dan kerabat, menggunakan kartu kredit, dan lain sebagainya.

Sebuah survei dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2015 lalu dan diketahui bahwa 61% pekerja hidup dari gaji ke gaji. Apakah Anda termasuk tipe orang yang demikian?

Jangan teruskan kebiasaan buruk tersebut. Berikut 5 langkah menghentikan kebiasaan buruk hidup dari gaji ke gaji.

5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji

1Mulailah Menerapkan Anggaran Setiap Bulannya

waspada-bisnis-online-manajemenkeuangan

Alasan pertama yang membuat Anda hanya mengandalkan hidup dari gaji ke gaji adalah tidak adanya anggaran pengeluaran, sehingga Anda mengeluarkan uang lebih besar dari penghasilan yang didapatkan setiap bulan.

Baca juga: Kaya Raya Sebelum 25 Tahun, 5 Pebisnis Ini Bocorkan Rahasia Sukses di Usia Muda

Mulai saat ini buatlah sebuah anggaran pengeluaran setiap bulan. Dengan adanya anggaran, maka bisa lebih membantu untuk merencanakan pengeluaran dan memanfaatkan sebagian besar pendapatan yang diterima dengan optimal.

Anggaran memungkinkan Anda mengetahui berapa budget untuk biaya hidup sehari-hari, jumlah untuk membayar utang, dan uang yang dimanfaatkan untuk berinvestasi. Hal yang paling penting adalah menjalankan anggaran yang sudah dibuat dengan konsisten dan disiplin.


2Tahu ke  Mana Pengeluaran Setiap Bulannya

cara-milenial-cepat-kaya-metode-50-20-30

Setelah membuat anggaran dengan baik, langkah selanjutnya adalah melacak setiap pengeluaran yang terjadi setiap bulan. Saat mengetahui kemana aliran uang keluar, maka Anda bisa lebih mudah mengevaluasi pengeluaran berlebihan yang dilakukan.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan catatan khusus di smartphone Anda atau bisa juga menggunakan aplikasi yang bisa di-download gratis.

Jadi, setiap Anda mengeluarkan uang untuk membayar sesuatu, segera catat pengeluaran yang dilakukan beserta dengan tanggalnya.

Selanjutnya, setiap akhir bulan Anda bisa mengevaluasi pengeluaran. Apa saja pengeluaran yang dilakukan secara berlebihan dan apa saja yang sebenarnya tidak perlu dikeluarkan.


3Pangkas Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

arus kas - keuangan bisnis - cashflow perusahaan

Pengeluaran yang berlebihan dan seringkali tidak disadari oleh banyak masyarakat adalah biaya-biaya kecil yang terlihat sepele, tetapi sering dilakukan.

Misalnya saja kebiasaan Anda minum kopi di cafe yang bisa menghabiskan uang Rp25.000 – Rp50.000 sekali minum. Padahal dengan membawa kopi dari rumah dan membuatnya sendiri, Anda bisa memangkas biaya tersebut berkali-kali lipat.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak!

Selanjutnya ada biaya berlangganan TV kabel yang tidak terlalu sering digunakan, dimana biaya berlangganan tersebut bisa mencapai angka Rp 100.000 ke atas setiap bulannya.

Jika Anda jarang menonton TV di rumah, maka sebaiknya tidak perlu memasang TV kabel yang menghabiskan banyak biaya.

Lebih baik dana yang dimiliki tersebut digunakan untuk berinvestasi ke instrumen investasi yang mampu menumbuhkan uang Anda di masa depan.

KoinWorks bisa menjadi salah satu pilihan instrumen investasi berbiaya rendah yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000 saja. Dengan modal yang minim, potensi imbal hasil yang Anda dapatkan mulai dari 18% dalam setahun.


4Tingkatkan Penghasilan Anda Setiap Bulan

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan - 5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Penghasilan yang meningkat diharapkan mampu membuat Anda menyimpan uang lebih besar daripada sebelumnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda, mulai dari menjalankan bisnis sampingan yang dilakukan sepulang kerja atau akhir pekan dan lain sebagainya.

Mulai dari apa yang disukai terlebih dahulu untuk menemukan bisnis sampingan yang akan menopang penghasilan utama Anda sebagai karyawan.


5Ubah Cara Pandang Anda tentang Uang

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-kuliah sambil kerja

Kemampuan Anda mengelola pendapatan dengan baik akan menentukan pola pengeluaran yang dilakukan. Anda harus paham dengan cara kerja uang, saat uang tersebut dibelanjakan untuk hal yang konsumtif, maka nilainya akan habis di kemudian hari.

Di sisi yang lain, jika Anda memprioritaskan investasi daripada pengeluaran konsumtif, maka nilai uang yang Anda miliki bisa bertumbuh di masa depan.

Selain itu mulailah melakukan pembelanjaan dengan bijaksana dan tidak berlebihan. Belilah sebuah barang atau layanan yang sesuai dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Jangan membeli barang di luar batas kemampuan Anda.

Baca juga: 4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran, Ayo Mulai Kurangi!

Pahami juga apa kebutuhan dan keinginan, sebab kedua hal ini sangat berbeda dan Anda harus bisa mengetahui perbedaannya. Beli sebuah barang karena fungsi yang ada di dalamnya dan jangan membeli barang hanya karena tergoda merek yang sudah terkenal.

Itulah dia 5 langkah menghentikan kebiasaan buruk hidup dari gaji ke gaji. Jangan memprioritaskan pengeluaran konsumtif yang bisa habis dipakai, prioritaskan investasi dan menabung karena kedua hal ini bisa menambah nilai kekayaan bersih yang dimiliki di masa depan.

Mulai dari sekarang untuk berinvestasi dengan dana yang minim, yaitu Rp100.000 setiap bulannya. KoinWorks bisa menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk memulai.

Tertarik untuk mendanai di KoinWorks? Coba di sini, yuk! Masukan kode promo KOIN50 dan dapatkan saldo awal investasi sebesar 50rb. Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.