9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros!

·
4 menit
5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’

9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros! – Berutang atau membeli barang dengan cara mencicil merupakan sebuah tanda nyata bahwa sebenarnya Anda belum mampu memiliki barang tersebut secara tunai.

Kartu kredit menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan pihak perbankan untuk berutang dan mencicil barang. Waspada saat Anda memiliki kartu kredit, jika tidak bijak menggunakannya bukan tidak mungkin Anda bisa terjerat dengan utang yang tak kunjung lunas.

Ada 9 cara bijak menggunakan kartu kredit. Berikut ini penjelasan yang sudah kami rangkum untuk Anda semua.

9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros!

Penting Untuk Memiliki Dana Darurat

tips mempersiapkan dana darurat

Banyak sekali masyarakat yang terpaksa membayar menggunakan kartu kredit, saat mereka mengeluarkan biaya yang tidak terduga seperti perbaikan mobil dan biaya kesehatan yang besar.

Baca juga: 5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit, Jangan Salah Melangkah!

Hal seperti ini dapat terjadi, karena mereka tidak memiliki tabungan atau dana darurat yang cukup untuk memenuhi berbagai pengeluaran yang tidak terduga.

Memiliki dana darurat bisa memenuhi kebutuhan uang tunai saat keadaan mendesak dan menghindari diri Anda untuk menggunakan kartu kredit.


Beli Kebutuhan atau Keperluan yang Mampu Anda Bayar

Kesalahan selanjutnya yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah membeli berbagai barang yang tidak mampu mereka beli.

Hindari utang kartu kredit yang membengkak dengan membeli berbagai barang yang mampu Anda bayar. Lebih baik lagi jika Anda mampu membayarnya dengan uang tunai dan tidak perlu menggunakan kartu kredit.


Jangan Melewatkan Pembayaran Kartu Kredit

kartu kredit

Membayar utang kartu kredit dan tidak melewatkan pembayarannya merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari tumpukan utang di masa depan.

Ketahuilah, saat Anda melewatkan pembayaran, maka pembayaran yang harus dibayarkan di bulan berikutnya akan jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan adanya sistem bunga berbunga dan beban keterlambatan yang harus dibayarkan.


Bayar Utang Kartu Kredit Secara Penuh Setiap Bulan

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang - 5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit

Cara bijak menggunakan kartu kredit selanjutnya adalah dengantidak menghindari tanggung jawab.

Anda bisa melakukan pembayaran kartu kredit secara penuh setiap bulan dengan tujuan menghindari bunga yang terus membengkak saat Anda menunda pembayaran.

Agar Anda mampu menerapkan cara ini, maka hal yang perlu dilakukan adalah gunakan kartu kredit untuk belanja sebesar apa yang mampu Anda bayarkan setiap bulannya.


Ketahui Saat Terjadi Sesuatu yang Tidak Berjalan Baik

Macam-Macam Modus Penipuan Kartu Kredit - Kapan dan Bagaimana Cara Bank Menyita Aset

Orang banyak terjebak dengan utang kartu kredit yang menumpuk karena ketidakmampuan mereka mengidentifikasi saat terjadi masalah pembayaran setiap bulannya.

Jika Anda mampu mengenali tanda-tanda masalah di dalam kartu kredit, maka Anda bisa terhindar dari utang kartu kredit yang menumpuk.

Baca juga: Cara Mengendalikan Pengeluaran Dengan 7 Langkah, Siapapun Bisa Mencobanya

Tanda yang sangat mudah dikenali adalah saat Anda tidak mampu membayar semua tagihan setiap bulannya.

Evaluasi pengeluaran yang selama ini dilakukan agar tidak terjebak ke masalah utang yang tidak kunjung selesai. Dengan demikian, Anda bisa menerapkan cara bijak menggunakan kartu kredit dengan lebih baik lagi.


Jangan Menarik Uang Menggunakan Kartu Kredit!

mengajukan pinjaman bisnis - kredit tanpa agunan - mesin ATM - stor tunai - ambil uang di atm

Jangan pernah sekali pun menarik uang tunai dengan menggunakan kartu kredit yang dimiliki, jika Anda tidak ingin menghadapi masalah di masa depan. Lebih baik tarik uang yang benar-benar dimiliki di dalam tabungan dan berada dalam rekening bank.

Kartu kredit merupakan alat yang memudahkan Anda berbelanja, bukan fasilitas untuk menarik uang yang tidak Anda miliki.


Jangan Meminjamkan Kartu Kredit Anda

Gestun (Gesek Tunai), Metode Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit - 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak

Saat Anda meminjamkan kartu kredit ke pihak lain, artinya Anda tidak lagi memiliki kendali atas kartu kredit tersebut.

Baca juga: 5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Anda juga tidak pernah tahu bagaimana pola pengeluaran yang akan mereka lakukan saat menggunakan kartu kredit yang dipinjamkan.

Hal yang paling buruk bisa saja terjadi, dimana Anda akhirnya harus bertanggung jawab atas tagihan kartu kredit yang mereka keluarkan.


Pahami Dengan Baik Persyaratan Kartu Kredit yang Dimiliki

metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Masing-masing kartu kredit memiliki fitur dan persyaratan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Dengan memahami berbagai persyaratan yang ada, maka hal ini bisa membantu Anda menghindari utang kartu kredit yang berlebihan.

Beberapa hal yang sangat penting untuk Anda pahami adalah tentang bagaimana bunga diterapkan dalam akun kartu kredit, kapan Anda akan dikenakan biaya tambahan, dan kapan suku bunga bisa meningkat.


Jangan Berlebihan Memiliki Kartu Kredit

5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa

Semakin banyak kartu kredit yang dimiliki, maka akan semakin besar juga kesempatan Anda untuk melakukan pengeluaran yang tidak terkontrol.

Memiliki satu kartu kredit yang bermanfaat untuk memudahkan Anda berbelanja bisa diterapkan untuk mengontrol pengeluaran yang tidak terkendali.

Daripada memperbanyak kartu kredit di dalam dompet, lebih baik menambah jumlah uang yang Anda sisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan.

Investasi merupakan salah satu cara bijak untuk menumbuhkan nilai uang yang dimiliki di masa depan. Sebab, jika Anda hanya menyimpan uang di dalam tabungan, nilainya akan semakin tergerus dengan tingkat inflasi yang meningkat.

KoinWorks merupakan salah satu instrumen investasi peer to peer lending yang menawarkan tingkat imbal hasil mulai dari 18% dalam setahun. Modal yang harus dikeluarkan untuk mulai mendanai juga sangat minim yaitu hanya sebesar Rp100.000 saja.

Nah, imbal hasil yang akan didapatkan dari investasi di KoinWorks bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai tujuan keuangan di masa depan. Misalnya saja untuk biaya pendidikan anak, atau biaya berlibur akhir tahun bersama dengan keluarga.

Ayo biasakan berinvestasi mulai saat ini!

Wahyu Utama
Freelance Content Writer

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih