Home Daily Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financial Hacks Berikut

Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financial Hacks Berikut

Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financial Hacks Berikut – Selama ini kamu sudah banyak menemukan beragam trik tentang teknologi atau travel, yang bisa memudahkan kehidupan kamu sehari-hari.

Nah sekarang, saatnya kamu mengetahui manajemen keuangan yang baik melalui financial hacks. 

Trik-trik finansial ini, bisa membantu kamu dalam menghadapi kebocoran keuangan yang kerap terjadi pada kehidupanmu selama ini.

Mungkin saja, kamu telah mengetahui trik-trik ini sebelumnya, tapi tak ada salahnya untuk menelaahnya kembali.

Bisa saja, financial hacks berikut menjadi lebih relevan dengan keadaan kamu sekarang.


Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financial Hacks Berikut

Kartu Kredit

penghasian-kartu-kredit-kartu kredi-dana tambahan-boros-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - bijak menggunakan kartu kredit - manajemen keuangan

#1

Jangan menggunakannya, ketika sedang tidak ada promosi atau keuntungan finansial lain yang bisa kamu dapatkan. Kartu kredit membuat pengeluaran uang menjadi lebih abstrak, dan secara psikologis bisa mendorong kamu melakukan pembelian implusif 56% lebih banyak.

#2

Buatlah pengingat setiap minggu untuk membayar tagihan kartu kredit. Hal ini bisa membantu manajemen keuangan dalam menghindari pengeluaran kumulatif sepanjang bulan. Selain itu, kamu juga jadi mengetahui berapa sisa saldo di rekeningmu dan membuatmu mengontrol pengeluaran.

#3

Gunakanlah kartu kredit yang memberikan cashback. Setiap menggunakan kartu kredit, kamu akan mendapatkan reward, namun biasanya hanya bisa digunakan untuk spesifik kategori tertentu. Tapi kamu bisa menyimpan cashback, untuk digunakan sesuai kemauan nantinya.

#4

Batasi kartu kredit yang kamu miliki. Mungkin kamu berpikir memiliki beberapa kartu sangatlah berguna karena bisa dipakai untuk keperluan berbeda-beda. Namun, akan sangat merepotkan untuk menggunakan kartu kredit secara bergantian, belum lagi biaya administrasi yang menanti.


Bayar Tagihan

nasihat keuangan - utang - bingung - tagihan - manajemen keuangan

#5

Ubahlah pembayaran kamu yang sebelumnya perbulan, menjadi setiap minggu. Hal ini bisa membantu manajamen keuangan kamu dengan mengurangi bunga dan jumlah utang keseluruhan.

#6

Berdasarkan Dave Ramsey, kalau kamu memiliki beragam utang, metode Debt Snowball sangat baik untuk diterapkan. Prioritaskan utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah utang tersebut lunas, baru fokus ke utang selanjutnya.

Apa yang lebih baik: Rp2 juta di rekening tabungan atau Rp1 juta di utang kartu kredit, atau Rp1 juta di tabungan tanpa adanya utang kartu kredit?

Sudah pasti, hal terakhirlah yang lebih baik.

 

#7

Utang dengan bunga tinggi, membuat bunga atau keuntungan yang kamu dapatkan dari tabungan bisa tergerus. Sisihkan dana yang kamu tabung untuk keperluan darurat, lalu gunakan selebihnya untuk melunasi utang.

#8

Kamu memiliki utang dengan bunga yang tinggi? Melunasi utang dengan utang yang lain sebenarnya strategi yang cukup umum untuk dilakukan, asalkan pinjaman baru tersebut memiliki bunga lebih rendah.


Belanja

Mengurangi Keinginan Belanja yang Konsumtif - manajemen keuangan

#9

Saat melakukan pembelian dalam jumlah besar di e-commerce, coba untuk menaruhnya di keranjang untuk beberapa hari atau minggu. Mungkin saja, kamu akan mendapatkan email penawaran diskon tentang item yang kamu inginkan.

#10

Belilah voucher diskon yang bisa digunakan untuk berbelanja. Hal ini bisa menjadi tabungan untukmu ke depannya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi berbelanja yang memungkinkan kamu mendapat cashback dari setiap pembelanjaan di e-commerce tertentu.

#11

Jangan meremehkan biaya pengiriman (ongkos kirim) atau lainnya. Pastikan kembali kepada penjual, apakah biaya tersebut bisa dikurangi atau bila perlu gunakanlah fitur gratis ongkir yang biasa disediakan e-commerce tertentu. Membeli barang bersama dengan teman juga bisa dijadikan solusi untuk menekan biaya ongkir.

#12

Jadwalkan waktu kamu berbelanja. Banyak barang yang akan didiskon pada waktu tertentu. Saat itulah tepat bagimu untuk melakukan pembelian. Manajemen keuangan yang baik, bukan?

#13

Bandingkan harga secara online. Cek harga barang yang kamu inginkan paling tidak dari 3 platform belanja online yang berbeda.

#14

Kalau kamu lemah terhadap godaan email penawaran dari berbagai e-commerce, berhentilah berlangganan email tersebut. Gunakan unroll.me untuk unsubscribe secara cepat dan mudah.

#15

Tidak mau berhenti berlangganan? Kamu bisa membuat email baru. Daftarkan dan kirim semua email promo penawaran ke email ini. Jangan lupa, kalau kamu hanya boleh membuka email ini jika ingin berencana melakukan pembelian, dan lihat apakah ada promosi yang menguntungkan.


Traveling

cara liburan hemat-Dana Pensiun-Menghitung Pengeluaran Untuk Boba Drink, Bisa Jadi Apa? - manajemen keuangan

#16

Gunakan Google Flights untuk membandingkan harga semua penerbangan yang ada. Jika waktu yang kamu miliki fleksibel, kamu juga bisa disarankan hari lain yang memiliki tiket lebih murah.

#17

Berdasarkan forum Reddit, mungkin kamu bisa mendapatkan harga lebih murah jika membeli tiket pulang dan pergi secara terpisah. Langsung terapkan hal ini untuk mendapatkan manajemen keuangan yang lebih baik.

#18

Pilih destinasi liburan berdasarkan dengan seberapa banyak kamu mampu mengeluarkan uang. Banyak website perjalana yang setiap tahunnya mengeluarkan panduan “destinasi liburan yang value for money (mengeluarkan uang sedikit namun mendapatkan liburan yang maksimum)

 

#19

Kalau bisa, kemas sedikit barang dan hindari check in bagasi. Hal ini bisa membuatmu berhemat karena terhindar dari kemungkinan menambah biaya bagasi dan mengurangi pembayaran lain. Contohnya, ada kemungkinan kamu akan menggunakan taksi jika membawa koper yang berat. Nah, dengan membawa tas ringan, kamu bisa menggunakan transportasi umum yang lebih murah, daripada taksi.

#20

Pilih fokus liburan. Apakah liburan yang ingin dilakukan adalah wisata kuliner? Sight-seeing trip atau lainnya?

Setelah itu, kamu bisa memprioritaskan anggaran pada pengalaman jalan-jalan yang ingin kamu nikmati, dan menghemat pengeluaran di hal kurang penting.


Gaya Hidup

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang! Mau Tampil Maksimal Tanpa Biaya Mahal? Ini Triknya! - belajar self-love - manajemen keuangan

#21

Setiap kali kamu ingin membeli sesuatu yang kemungkinan tidak terlalu penting selalu tanyakan kepada dirimu sendiri-sendiri berkali-kali. “Barang ini digunakan untuk apa? Bisa bertahan berapa lama? Kalau ini tidak ada, bisa diganti dengan apa?”

#22

Jika sewa rumah membebani pengeluaran kamu, jangan gengsi mencari teman untuk tinggal bersama atau pindah ke rumah orang tua.

 

#23

Jadilah lebih minimalis dengan membeli barang sesuai kebutuhan. Hal ini bisa menghindari barang menumpuk dan sekaligus menghemat biaya.

#24

Selain itu, jadilah minimalis dalam hal berpakaian. Daripada membeli banyak pakaian baru, cobalah terapkan capsule wardobe atau cara meminimalisir wardrobe dengan beberapa key item yang dapat dipadu-padankan.

#25

Masak makan sendiri. Sangat mudah untuk melakukan hal ini, apalagi dengan banyaknya konten-konten online saat ini. Kamu bisa mencari di youtube tentang tips mudah membuat makanan dalam satu menit berserta inspirasi makanannya.

#26

Sebisa mungkin, pilih barang yang multiguna. Contohnya, tentu lebih murah memiliki ponsel bagus dengan kamera yang juga bagus, daripada memiliki ponsel biasa dengan kamera bagus.


Investasi

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Berinvestasi- meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer - manajemen keuangan

#27

Pilihlah investasi yang tidak memerlukan modal banyak. Kamu bisa memilih mendanai di KoinP2P dan KoinRobo melalui KoinWorks, Super Financial App.

Hanya dengan Rp100,000 kamu bisa mulai mendapatkan imbal hasil efektif 18% per tahun.

Tenang saja, KoinWorks sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

#28

Setelah kamu memutuskan instrumen investasi yang tepat, buatlah dirimu secara konsisten untuk melakukannya setiap bulan, sehabis gajian.

Kalau mendanai di KoinP2P melalui KoinWorks, kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Purchase, yang membantu kamu mendistribusikan pendanaan ke pinjaman-pinjaman yang sebelumnya sudah kamu preferensikan.

#29

Kalau kamu masih bingung di mana atau bagaimana menginvestasikan uangmu, coba tanyalah kepada wanita. Biasanya, wanita cenderung akan membuat keputusan investasi yang lebih aman. Itulah yang membuat mereka lebih baik saat menjadi investor.


Asuransi

Mengurus Berbagai Asuransi Penting - manajemen keuangan

#30

Apa hal yang selalu harus kamu bayar, namun kamu berharap tidak pernah memakainya? Jawabannya adalah asuransi.

Memang, agak berat membayangkan kalau kamu harus membayar iurannya tiap bulan, tapi asuransi adalah hal penting.

Tapi kamu tidak harus menanggung semua tipe asuransi. Pilihlah asuransi-asuransi yang memang sesuai dengan hidupmu.


Itulah 30 trik finansial yang bisa memudahkan manajemen keuangan kamu. Mungkin masih banyak di luar sana trik finansial yang ada, namun hal-hal di atas, jika diterapkan dengan baik bisa membuat perubahan besar lebih baik di kehidupan finansialmu.

Dari financial hacks di atas, mana trik yang sudah kamu terapkan dan apa favoritmu?

Yuk, bagikan artikel ini kepada kerabat dan temanmu, supaya mereka juga ikutan memiliki manajemen keuangan yang baik sepertimu!

Referensi: Hongkiat

Artikel Lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.