Tips Rencana Finansial yang Bisa dilakukan

·
2 menit
catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan - jenis investasi jangka panjang

Apakah anda sudah menetapkan tujuan finansial anda? Liburan? Mempunyai mobil idaman? Rumah idaman? Hal tersebut bisa anda wujudkan jika anda sudah menetapkan tujuan finansial anda. Anda harus mempunyai tujuan finansial, agar dapat fokus untuk mengatur keuangan anda secara baik. Anda harus mempunyai rencana untuk mencapai tujuan finansial anda. Mulailah untuk menyusun rencana anda dari sekarang dengan membagi tujuan finansial anda ke dalam 3 bagian, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Masing-masing tujuan finansial mempunyai strategi berbeda-beda :

  • Tujuan jangka pendek biasanya direncanakan sekitar 1 tahun. Pada tujuan ini harus menyiapkan dana yang mudah diakses. Jadi, income yang didapat dapat dialokasikan ke tabungan atau tabungan mata uang asing. Uang tersebut dapat bertambah dan dapat mudah diakses ketika dibutuhkan.

  • Tujuan jangka menengah biasanya direncanakan sekitar 2 sampai 5 tahun. Gunakanlah tools budgeting untuk memantau semua biaya yang dikeluarkan oleh anda untuk dapat mengoptimalkan biaya. Untuk menambah pendapatan anda, dapat berinvestasi dengan membuka tabungan deposito dengan rate yang tinggi.
  • Tujuan jangka panjang biasanya direncanakan lebih dari 5 tahun. Pada jangka ini berinvestasi merupakan option yang cocok untuk mencapai tujuan anda. investasi mungkin mendapatkan hasil yang lebih besar tetapi risiko yang didapat juga besar. anda harus memperhitungkan antara hasil dengan risiko yang didapat.

Adapun untuk tips agar tujuan finansial anda dapat tercapai, adalah :

  • Buatlah tujuan anda se-rasional mungkin. jangan anda menetapkan tujuan yang mustahil. Hal ini akan berakibat frustasi dan kecewa ditengah jalan. Rencanakan tujuan kecil anda, ketika sudah mencapai tujuan tersebut naikan tujuan anda sedikit demi sedikit.
  • Buatlah milestone untuk memantau perkembangan keuangan anda. Rayakan kesuksesan rencana anda untuk menambah semangat dalam menjalankannya. Kelalu berfikir positif, milestone menunjukan perjuangan anda untuk tidak menyerah dan terus melakukan sesuai rencana anda.
  • Cari seseorang yang layak. Hal tersebut bisa dilakukan oleh pasangan anda untuk membantu mengatur keuangan anda dan terus memantau perkembangan keuangan anda. Mereka juga dapat mengingatkan anda untuk disiplin untuk terus berada pada rencana yang ditentukan.
  • Buang kebiasaan buruk anda. Jauhi kebiasaan buruk yang dapat menghabiskan uang dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Hal ini sulit diterapkan bagi orang yang terbiasa konsumtif. Paksa diri anda untuk melakukan rencana tersebut dalam satu hari, proses berikutnya jauh lebih mudah untuk beradaptasi.

Berikut sekilas mengenai strategi dan tips untuk membangun tujuan finansial anda. Jadi, selamat untuk menyusun rencana anda. Semoga tujuan finansial anda terwujud.

jonathan bryan
Head of Marketing for KoinWorks
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​