4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (25) - 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik! - 4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar - 7 Latihan yang Membantu Seseorang untuk Mengingat Lebih Mudah

4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar – Ketika semester akan berakhir dan ujian sudah di depan mata, banyak siswa yang mulai merasakan stres secara berlebihan.

Stres yang dialami pada gilirannya akan memicu peningkatan kecemasan dan depresi. Ada dampak fisik yang akan dirasakan saat seseorang merasa cemas dan depresi, seperti sakit kepala, mudah marah, pola tidur yang terganggu, dan perubahan tekanan darah.

Agar unggul dan mendapatkan prestasi dalam pendidikan, seorang siswa tidak boleh berlarut-larut dalam stres dan depresi.

Harus segera dicari sebuah cara untuk mengatasi hambatan dan masalah yang sedang dihadapi.

Berikut ini adalah 4 cara mengatasi stres dan kecemasan dalam proses belajar.

4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar

Mulai dengan Bermeditasi

Meditasi atau olahraga setiap pagi - menjadi lebih produktif

Meditasi yang dilakukan akan membantu Anda mengurangi dampak stres dan depresi yang sedang dialami.

Mulai meditasi dengan mencari posisi duduk yang nyaman dan fokuskan perhatian Anda pada pernafasan. Tarik nafas secara dalam dan hembuskan secara perlahan, lakukan hal ini secara bertahap.

Jangan pikirkan hal apapun saat sedang bermeditasi, fokuslah dan lakukan latihan seperti ini selama 15 menit.

Ketika Anda sudah terlatih dan terbiasa, maka waktu untuk bermeditasi bisa ditambah menjadi lebih lama.


Biasakan Diri Anda Berolahraga

berhemat saat kencan - olahraga

Cara terbaik selanjutnya untuk mengatasi kecemasan adalah dengan mengalihkan pikiran Anda dengan cara yang sehat yaitu dengan berolahraga.

Miliki komitmen untuk berolahraga secara rutin akan sangat membantu Anda meringankan stres dan depresi.

Lakukan olahraga yang menurut Anda paling menarik untuk dilakukan seperti bersepeda di hari minggu atau melakukan hiking ketika cuaca sedang cerah dan memungkinkan.


Ikuti Kursus yang Disukai

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis

Jangan pernah mengikuti bimbingan belajar atau kursus yang tidak diminati atau tidak disukai. Sebab, hal ini akan sangat membebankan diri Anda sebagai seorang pelajar dan akan semakin menambah tingkat stres.

Kami lebih menyarankan untuk mengikuti pendidikan atau pelatihan kursus yang memiliki metode belajar yang menyenangkan dan berisi guru yang berkualitas di dalamnya.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan. KoinWorks menawarkan produk pinjaman dana khusus pendidikan yang menawarkan suku bunga rendah dengan nama KoinPintar.

Suku bunga pinjaman dari KoinPintar mulai dari 0,75% per bulan saja, suku bunga yang sangat rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Selain itu, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Apakah KoinPintar hanya untuk pendidikan non-formal? Tentu saja tidak, Anda yang ingin mengikuti pendidikan formal seperti perguruan tinggi atau yang lainnya juga bisa menggunakan fasilitas pinjaman dana dari KoinPintar.

KoinPintar memberikan berbagai kemudahan di atas karena bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.


Berkonsultasi dengan Orang Terpercaya

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Langkah Mendapatkan Karier Lebih Cemerlang

Siswa sekolah rentan menghadapi perasaan depresi bukan hanya karena pelajaran dan ujian yang akan dihadapi, tetapi juga karena perilaku bullying yang bisa saja menimpa mereka.

Agar bisa mengatasi hal ini perlu melakukan konsultasi dengan keluarga dan teman dekat yang dipercaya untuk mendapatkan bimbingan dan bantuan.

Orang yang dekat dan dipercaya akan membuat siswa merasa lebih nyaman dan mengurangi stres dan kecemasan dalam proses belajar yang mereka alami.

Saat merasa stres dan depresi, bimbingan dan dukungan dari mereka yang dipercaya merupakan hal penting yang harus didapatkan.

Tanpa adanya bantuan dan bimbingan akan sangat sulit untuk keluar dari stres dan depresi yang menimpa.

Jika tidak memiliki sosok yang bisa dipercaya atau tidak ada orang terdekat yang bisa membantu, maka meminta bantuan dari psikolog untuk mendapatkan layanan konseling adalah hal yang bisa dilakukan.

Lakukanlah 4 cara mengatasi stres dan kecemasan dalam proses belajar, yuk!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.