5 Alasan Kartu Kredit Ditolak, Meski Anda Memiliki Skor Kredit Baik – Memiliki skor kredit yang bagus akan memberikan serangkaian manfaat untuk Anda, salah satunya adalah mendapatkan suku bunga rendah saat akan mengajukan pinjaman.

Baca juga: Bicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya

Hal yang menjadi permasalahan adalah meskipun telah memiliki skor kredit yang baik, tetapi pengajuan kartu kredit tetap ditolak dan tidak disetujui.

Apa yang terjadi di sini? Nah, 5 alasan di bawah ini mungkin menjadi penyebab mengapa kartu kredit ditolak meskipun memiliki skor kredit yang baik.

5 Alasan Kartu Kredit Ditolak, Meski Anda Memiliki Skor Kredit Baik

Anda Tidak Memiliki Penghasilan

utang - kredit - sedih - 4 Kerugian Bekerja Secara Berlebihan

Pihak penerbit kartu kredit perlu memverifikasi penghasilan dan kemampuan Anda untuk membayar kredit.

Oleh karena itulah, mereka yang tidak memiliki penghasilan akan sulit untuk mendapatkan kartu kredit.

Alasan penolakan tersebut bisa dimengerti karena pihak penerbit kartu ingin memastikan bahwa mereka akan dibayar kembali untuk setiap utang yang ada.


Memiliki Masalah dengan Kredit di Masa Lalu

Gunakan Cicilan Kartu Kredit 0% Tenor 3 Bulan, 6 Bulan Atau 12 Bulan.

Jika Anda pernah memiliki masalah keuangan dengan penerbit kartu kredit atau pemberi pinjaman di masa lalu, maka mungkin ini menjadi penyebab mengapa pengajuan kartu kredit ditolak.

Meskipun saat ini Anda telah memperbaiki kredit, riwayat kredit di masa lalu akan tetap terekam dan diketahui.


Rasio Pemanfaatan Kredit yang Terlalu Tinggi

utang - kredit - sedih - pinjaman

Rasio pemanfaatan kredit adalah salah satu faktor yang menentukan kesehatan kredit Anda. Idealnya adalah sebaiknya Anda memanfaatkan kredit sebesar 30% dari limit yang didapatkan.


Anda Bukan Pelanggan yang Memberikan Untung

kartu kredit

Pada akhirnya alasan penerbit kartu kredit tidak menerima pengajuan karena Anda dianggap tidak menguntungkan bagi mereka.

Baca juga: 5 Pencapaian Keuangan yang Perlu Dilakukan Anak Muda Sedini Mungkin

Mungkin karena Anda tidak memanfaatkan kartu kredit yang dimiliki sebelumnya atau lebih memilih untuk mengikuti program suku bunga rendah saat ada promosi saja. Ingatlah bahwa, bank penerbit kartu kredit mencari konsumen yang memungkinkan mereka menghasilkan pendapatan.


Memiliki Banyak Kartu Kredit

utang - pinjaman - kredit

Memiliki terlalu banyak kartu kredit bisa menjadi hal yang buruk karena itu artinya konsumen berusaha mendapatkan lebih banyak kredit dan kemungkinan besar sulit untuk membayar kembali.

Apa manfaat kartu kredit? Jika Anda tidak bisa mengendalikan pola pengeluaran saat menggunakan kartu kredit, sebaiknya tidak perlu mengajukan kartu kredit. Jika tetap memaksa, maka akibatnya akan berdampak pada kondisi finansial Anda sendiri.

Daripada membeli sesuatu dengan kartu kredit lebih baik Anda berinvestasi terlebih dahulu sampai uangnya cukup untuk membeli apa yang diinginkan.

KoinWorks bisa menjadi pilihan berinvestasi jangka pendek di bawah 2 tahun untuk Anda gunakan. Menariknya adalah mendanai di KoinWorks bisa dimulai dengan modal terbatas yaitu dengan Rp100.000 saja.  Modal yang terbatas tersebut berpotensi berkembang lebih dari 18% per tahun.

Saat investasi telah memberikan hasil yang optimal barulah Anda bisa memanfaatkan dana tersebut untuk membeli sesuatu yang diinginkan.

Apakah untuk berlibur, membeli rumah, DP mobil, dana pendidikan, atau membeli smartphone baru. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih bijak daripada Anda mengandalkan kartu kredit untuk mendapatkan sesuatu.

Baca juga: 5 Masalah Keuangan Keluarga yang Tidak Harus Selalu Diketahui Anak Anda

Kesimpulannya adalah kartu kredit bisa menjadi senjata makan tuan, jika tidak memanfaatkannya dengan bijak. Itulah 5 alasan yang menjadi penyebab mengapa pengajuan kartu kredit Anda tidak diterima.

Kami berharap apa yang telah disampaikan di atas lebih membuka pikiran Anda agar bisa mengelola kartu kredit dengan lebih bijak dan tidak sembarangan menggunakannya untuk pembelian yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat ya!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.