Bicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya – Orangtua Anda tidak selamanya mampu memiliki keamanan finansial yang sama seperti saat mereka masih muda.

Di masa tua bisa jadi mereka perlu bantuan dari Anda sebagai anak untuk membimbing mereka menerapkan cara pengelolaan uang yang baik dan benar.

Baca juga: Diskusikan 5 Hal Bersama Pasangan Sebelum Memasuki Masa Pensiun

Meskipun hal di atas penting dilakukan, berbagi nasihat keuangan dengan orangtua bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan cukup sulit dilakukan.

Saat harus bicara tentang keuangan dengan orangtua, maka silahkan menerapkan 5 langkah di bawah ini untuk melakukannya.

Bicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya

1Mulai Mengatur Pertemuan

Meneruskan Bisnis Keluarga - Anggota Keluarga Tidak Pandai Mengelola Keuangan? Ini 5 Solusinya - 5 Masalah Keuangan Keluarga yang Tidak Harus Selalu Diketahui Anak Anda

Ini dia hal pertama yang bisa dilakukan jika ingin bicara tentang keuangan dengan orangtua.

Anda bisa mengajak kedua orangtua berdiskusi saat sedang sarapan atau sedang minum kopi di sore hari. Berdiskusi masalah keuangan tidak bisa dilakukan saat semua keluarga sedang berkumpul bersama dan butuh suasana yang tenang.


2Jangan Pernah Menyalahkan Orangtua Anda

Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Meskipun ada kesalahan yang dilakukan oleh orangtua Anda tentang keuangan mereka bukan berarti harus menyalahkan mereka.

Baca juga: 6 Kesalahpahaman Soal Keuangan yang Membuat Anda Sulit Kaya

Jika tetap melakukannya, maka bicara tentang keuangan dengan orangtua tidak akan pernah berjalan dengan baik dan mereka pasti akan berusaha membatasi diri untuk bercerita dengan Anda.

Dekati mereka dengan baik dan tanyakan alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Biarkan mereka menjelaskan semua cerita sampai tuntas dan jadilah pendengar yang baik.


3Tawarkan Bantuan

pasangan - pensiun - invetasi

Sudah seharusnya Anda menawarkan bantuan kepada orangtua yang sedang ditimpa permasalahan keuangan, sebab ini adalah bentuk bakti yang Anda berikan kepada mereka.

Jika perlu Anda bisa mengajarkan mereka tentang cara pengelolaan keuangan dasar yang bisa diterapkan dan ajak mereka membiasakan diri untuk berhemat.


4Mulai Membuat Rencana Masa Depan

5 Artikel Soal Pernikahan

Tidak perlu menyesali permasalahan yang telah terjadi. Hal yang lebih penting adalah membuat rencana perbaikan untuk masa depan.

Jika kedua orangtua Anda belum berinvestasi, maka tidak ada salahnya untuk mengajak mereka melakukannya hari ini juga. Pilihlah produk investasi yang relatif aman dan bisa dimulai dengan modal yang sangat minim.

Baca juga: 5 Aturan Penting Saat Membangun Aset, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda!

Ajaklah mereka berinvestasi di KoinWorks karena disana mereka bisa berinvestasi dengan uang Rp100.000 saja.

Mengenai risikonya, orangtua Anda juga tidak perlu khawatir karena KoinWorks telah menyediakan fasilitas dana proteksi yang nilainya mencapai 100%.

Hasil investasi di KoinWorks akan sangat bermanfaat untuk mendukung kehidupan orangtua Anda di masa tua mereka.


5Sabar dan Libatkan Keluarga

hemat-irit-atur-uang-budget

Hal yang perlu diingat selanjutnya adalah permasalahan keuangan tidak bisa diselesaikan hanya dalam waktu sesaat saja. Hal ini sangat bergantung pada tingkat kerumitan masalah yang mereka hadapi dan jalan keluar yang akan diambil.

Oleh karena itu, Anda perlu bersabar membantu kedua orangtua untuk lepas dari permasalahan keuangan.

Anda juga bisa melibatkan saudara dan keluarga yang lain untuk mendukung masalah orangtua. Ajak mereka untuk membantu permasalahan orangtua dan tekankan kepada keluarga untuk tidak menambah permasalahan lain untuk orangtua.

Baca juga: 5 Masalah Keuangan yang Perlu Diwaspadai Pengantin Baru

Ingatlah bahwa bicara tentang keuangan dengan orangtua tidak selalu nyaman untuk dilakukan. Meskipun demikian, Anda tetap harus melakukannya untuk membantu mengatasi permasalahan keuangan keluarga.

Kami berharap pembahasan di atas bisa membantu Anda yang sedang menghadapi orangtua dengan masalah keuangan yang rumit.

Tidak perlu terlalu memikirkan permasalahan keuangan, Anda hanya perlu mencari jalan keluar dan mengajak orangtua keluar dari permasalahan tersebut.

Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.