4 Alasan Anda Perlu Menjadikan Penghematan Sebagai Gaya Hidup

Rasakan 8 Manfaat Bersepeda Ini untuk Anda yang Ingin Berhemat - 4 Alasan Anda Perlu Menjadikan Penghematan Sebagai Gaya Hidup - 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat!

4 Alasan Anda Perlu Menjadikan Penghematan Sebagai Gaya Hidup – Ada banyak sekali kebiasaan berhemat yang bisa dilakukan, seperti tidak lagi berlangganan TV kabel, berhenti langganan majalah, atau berhenti membership di gym yang bisa menghemat ratusan ribu setiap bulannya.

Baca juga: 4 Cara Menabung Mudah yang Unik dan Efektif, Yuk Dicoba!

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan memiliki lebih banyak uang untuk disimpan untuk hari tua.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan saat Anda menjadikan penghematan sebagai gaya hidup.

4 Alasan Anda Perlu Menjadikan Penghematan Sebagai Gaya Hidup

Lebih Sedikit Waktu Bekerja

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - 5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan

Menghemat uang artinya Anda bisa bekerja lebih sedikit dan tidak harus bekerja lembur untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Baca juga: 7 Pertimbangan Saat Sebelum Membuat Kartu Kredit

Banyak sekali orang yang rela bekerja lembur sampai malam hanya untuk mendapatkan tambahan gaji dari perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya keinginan yang ingin dipenuhi atau banyaknya pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulan.

Hal yang tidak disadari adalah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja akan menguras kesehatan dan mental Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak lagi memiliki kehidupan lain untuk dilakukan dan hanya berfokus pada uang saja.


Ada Cara Alternatif untuk Mendapatkan Sesuatu

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang - 4 Diskusi tentang Keuangan yang Wajib Dilakukan Setiap Pasangan

Memiliki banyak uang memungkinkan Anda bisa melakukan sesuatu yang diinginkan dengan mudah. Meskipun demikian, tidak semua hal harus Anda dapatkan dengan mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

Misalnya saja dalam hal makanan, daripada Anda menghabiskan uang hanya untuk makan di restoran lebih baik membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri di rumah.

Cara seperti ini akan jauh lebih murah dan rasanya tidak kalah dengan restoran, apalagi jika Anda memiliki keterampilan memasak yang baik.


Berhemat Memungkinkan Anda Bisa Mempersiapkan Masa Depan dengan Lebih Baik

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3

Penghematan  yang Anda lakukan memungkinkan akan tersedia lebih banyak uang untuk disimpan dan diinvestasikan di masa depan. Misalnya saja untuk biaya pernikahan, biaya membeli mobil, dana pendidikan tinggi, dana persiapan pensiun, dana liburan, dan lain sebagainya. Beberapa hal di atas tidak akan bisa tercapai jika Anda tidak memiliki sisa uang untuk disisihkan pada tabungan dan investasi.

Baca Juga: Mempersiapkan Bridal Shower yang Berkesan dan Efisien

Mulailah dari sekarang membiasakan diri Anda menghemat uang makan siang dengan membawa makanan dari rumah, membawa kopi dari rumah, dan menghindari pembelian impusif.

Jika Anda telah membiasakan diri untuk berhemat, maka mulailah menyisihkan uang dari penghematan tersebut untuk disimpan di dalam tabungan dan investasi. Dengan berinvestasi, nilai uang Anda akan bertambah dari masa ke masa.

Baca juga: Ternyata, Minat Generasi Millennial akan Investasi SBR005 Sangat Tinggi, Lho!

Lantas, instrumen investasi apa sih yang tepat untuk Anda? Sebenarnya, apapun instrumen investasi yang Anda pilih, Anda harus paham lebih dulu sebelum memulainya.

Namun, sebagai permulaan, Anda bisa mulai mendanai di platfom P2P Lending KoinWorks, yang mana Anda bisa mulai mendanai mulai dari Rp100.000. Keuntungan yang didapat mulai dari 21,32% per tahun. Lumayan kan, bisa jadi sumber pendapatan tambahan?

Selengkapnya mengenai instrumen investasi lainnya dapat Anda baca di sini.


Berhemat Memungkinkan Anda Mempersiapkan Dana Darurat

mempersiapkan dana darurat - emergency fund - 5 Cara Sederhana Menyimpan Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Anda tidak pernah tahu kejadian di masa depan yang bisa menghabiskan banyak uang, misalnya Anda diberhentikan dari tempat bekerja, ada keluarga yang sakit dan membutuhkan biaya yang mahal, atau Anda mengalami kecelakaan dan harus masuk ke rumah sakit.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Memanfaatkan Uang Nganggur

Dikarenakan alasan di atas, Anda perlu berhemat untuk mengumpulkan dana darurat di dalam tabungan. Jika Anda menghabiskan semua penghasilan setiap bulan, maka dana darurat tersebut tidak akan bisa terkumpul.

Nah, 4 alasan di atas yang menjadikan gaya hidup hemat perlu dilakukan oleh semua orang. Dengan berhemat, Anda bisa mempersiapkan masa depan dengan lebih baik, memiliki dana darurat, dan manfaat yang lainnya.

Meskipun Anda memiliki penghasilan yang besar saat ini, jika semua uang yang dimiliki dihabiskan hanya untuk pengeluaran, maka Anda tidak akan pernah mengumpulkan kekayaan sepanjang hidup.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.