5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit – Masalah keuangan dan kebutuhan biaya di masa depan tidak pernah bisa diperkirakan dengan tepat.

Bisa saja Anda sudah mempersiapkan dana darurat dan tabungan dengan baik, namun kebutuhan dana masih saja tidak tercukupi dengan baik.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Saat hal ini terjadi, mengajukan pinjaman atau kredit menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Namun, jangan salah melangkah saat akan mengambil pinjaman agar Anda tidak terjebak masalah yang semakin runyam di masa depan. Berikut ini 5 hal pertimbangan sebelum Anda mengajukan sebuah kredit.

5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit

1Sebutkan Alasan Anda Membutuhkan Uang Tersebut

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Ini dia pertimbangan sebelum mengambil pinjaman kredit yang pertama. Mengambil pinjaman merupakan keputusan finansial yang akan sangat membantu atau malah bisa memperburuk kondisi keuangan Anda.

Pinjaman yang Anda ambil bisa menolong kondisi keuangan, saat Anda mampu mengelolanya dengan baik dan benar. Dengan demikian, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa alasan Anda melakukan pinjaman.

Baca juga: Kecewa dengan Kondisi Finansial Anda? Ini Tips Untuk Memperbaikinya

Misalnya saja, Anda akan mengambil pinjaman kredit untuk membiayai kredit rumah. Agar kredit yang dibayarkan setiap bulannya terasa ringan, Anda bisa membayar uang muka yang lebih besar.

Pinjaman dengan tipe seperti ini termasuk dalam kredit yang baik, karena Anda akan mendapatkan aset berupa rumah di masa depan yang nilainya akan terus meningkat.

Namun, ada juga peminjam yang mengambil kredit untuk menutupi keadaan darurat seperti membayar tagihan kesehatan, membiayai perbaikan mobil yang kecelakaan, dan keadaan yang lainya.

Baca juga: Tips Keuangan Untuk Anak Millennial: Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Sebenarnya pinjaman dengan tipe ini bisa dicegah dengan cara mulai mempersiapkan dana darurat yang nilainya minimal 6 kali dari pengeluaran bulanan Anda.

Jika Anda tidak memiliki dana darurat untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak seperti di atas. Mengambil pinjaman bisa menjadi solusi sementara untuk mengatasi masalah keuangan yang sedang Anda hadapi.


2Perhatikan Kemampuan Anda Membayar Utang

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil - 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji - 5 Jenis Pengeluaran yang Menjadi Silent Killers Anggaran Keuangan Anda - Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Jika Anda sudah menentukan dan mengetahui alasan mengapa mengambil pinjaman, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan berapa banyak dana yang bisa Anda bayarkan atas utang tersebut.

Baca juga: 8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Jangan pernah mengambil sebuah pinjaman yang Anda sendiri tidak bisa membayarnya kembali.

Kami sangat menganjurkan Anda untuk tidak berhutang lebih dari 30% dari penghasilan bulanan Anda. Dengan demikian, jika Anda memiliki penghasilan Rp3 juta dalam sebulan, maka jangan mengambil cicilan utang yang lebih dari Rp1 juta setiap bulannya.


3Perhatikan Tingkat Bunga

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Tingkat bunga menjadi pertimbangan sebelum mengambil pinjaman kredit yang perlu Anda pikirkan. Jika Anda mengambil pinjaman kredit melalui perbankan atau lembaga keuangan, maka pembayaran beban bunga harus menjadi pertimbangan saat akan mengambil kredit.

Biasanya beban bunga untuk kredit rumah lebih rendah dari pinjaman pribadi yang Anda ambil tanpa adanya agunan apapun.

Baca Juga: Agar Pengelolaan Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Hal di atas dapat terjadi karena saat mengambil kredit rumah, Anda memiliki agunan berupa rumah itu sendiri.

Jadi, saat terjadi kredit macet Anda harus bersedia melepaskan rumah tersebut dan hal ini tentu menjadi masalah yang sangat berat.

Hal tersebut tidak akan terjadi pada pinjaman pribadi seperti KTA yang biasanya tidak memiliki syarat agunan dalam pengajuan kreditnya.

Baca Juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Jadi wajar saja jika Anda harus membayar beban bunga yang lebih besar untuk pinjaman pribadi.


4Pertimbangkan Beberapa Alternatif Tempat Meminjam

bunga-investasi-hitung-untung

Di zaman yang serba digital seperti saat ini ada banyak sekali tempat yang menyediakan solusi untuk mendapatkan pinjaman.

Jika Anda merupakan pemilik usaha kecil yang membutuhkan pinjaman kredit untuk menambah jumlah persediaan atau mengembangkan usaha, maka Koinworks bisa menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Baca juga: Panduan KoinWorks #11: Tutorial Pembayaran Cicilan Bagi Peminjam di KoinWorks

Dengan persyaratan yang lebih sederhana dan tidak rumit, Anda bisa mengambil pinjaman dengan masa kredit maksimal 2 tahun.

Di sini, Anda akan dipertemukan dengan para investor yang bersedia membantu Anda mendapatkan pinjaman kredit usaha.

Tidak hanya peminjam saja yang diuntungkan dengan kemudahan kredit! Anda yang berniat menjadi investor dan turut membantu mengembangkan UMKM juga bisa turut bergabung di KoinWorks.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Cukup sisihkan modal minimal Rp100.000 saja, maka Anda sudah bisa mendapatkan tingkat imbal hasil yang sangat kompetitif, mulai dari 18% dalam setahun.


5Tidak Ada Salahnya Meminta Bantuan Keluarga Atau Teman

7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga - membangun bisnis keluarga

Meminjam uang dari keluarga atau teman memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu repot membayarkan beban bunga dan hanya perlu membayar pokok utang yang dipinjam.

Baca juga: 5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa

Sementara itu, kelemahannya adalah hubungan personal antara keluarga dan teman beresiko hancur, saat Anda tidak mampu membayar kembali jumlah utang yang dipinjam.

Oleh karena itu, pertimbangkanlah dengan baik sebelum Anda akan meminta bantuan finansial dari keluarga atau teman terdekat.

Melakukan 5 pertimbangan sebelum mengambil pinjaman kredit di atas sangat bermanfaat agar Anda bisa mengambil keputusan keuangan dengan bijak. Artinya utang atau kredit yang Anda ambil benar-benar mampu menolong masalah keuangan dan tidak memperparah kondisi finansial keluarga.

Baca juga: 6 Strategi Menghemat Uang Saat Makan di Restoran, Makan Enak Tidak Perlu Boros!

Sebagian besar kasus utang banyak sekali terjadi pada orang-orang yang tidak mempersiapkan keuangannya dengan baik.

Mereka tidak memiliki anggaran bulanan, tidak memiliki dana darurat, bahkan tidak memiliki investasi untuk masa depan.  

Padahal ketiga komponen tersebut sangat membantu orang-orang dalam mengelola keuangan dengan baik dan bisa terhindar dari jeratan utang.

Semoga informasi di atas bisa mencerahkan Anda semua!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.