7 Teknik Boros yang Ternyata Lebih Ampuh Menghemat Uang, Kok Bisa? – Saat seseorang berencana untuk membatasi pengeluarannya, maka hal yang paling umum untuk dilakukan adalah berhemat.

Terdengar masuk akal dan bisa diterima secara rasional, sebab dengan berhemat artinya lebih banyak uang yang bisa disimpan atau diinvestasikan.

Hal yang jarang disadari oleh banyak orang adalah ada masanya saat mengeluarkan uang lebih banyak terbukti lebih ampuh menghemat lebih banyak uang di masa depan.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit, Jangan Salah Melangkah!

Sebaliknya, menghemat pengeluaran bisa saja membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak di masa depan.

Masih bingung dengan penjelasan di atas?

Berikut ini 7 teknik boros yang ternyata lebih ampuh menghemat lebih banyak uang di masa depan.

7 Teknik Boros yang Ternyata Lebih Ampuh Menghemat Uang

1Memilih Rumah Sewa atau Kos yang Dekat Dengan Pusat Kota

homestay - rumah - ruangan - penginapan - hotel - Tips Mencari Homestay Saat Traveling - 5 Biaya Kepemilikan Rumah yang Jarang Disadari Masyarakat, Anggarkan dari Sekarang!

Anda yang bekerja di luar kota mau tidak mau perlu menyewa rumah tinggal untuk mengakomodasi kebutuhan.

Baca Juga: 12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai

Pilihan yang sering dijatuhkan oleh para penyewa biasanya memilih kos yang berjarak lebih jauh dari pusat kota karena harganya yang jauh lebih murah.

Alih-alih mengemat pengeluaran, lokasi yang jauh dari tempat bekerja dan berbagai sarana umum membuat Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk transportasi.

Belum lagi jika Anda bekerja di ibukota yang seringkali mengalami macet dan pastinya akan memboroskan biaya bahan bakar dan waktu.

Solusinya, Anda tidak perlu memilih rumah kos atau sewa yang berharga sangat mahal dengan berbagai fasilitas mewah didalamnya.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru

Cukup ambil rumah kos yang berlokasi strategis dengan fasilitas yang cukup memadai dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.


2Beli Produk yang Berkualitas Untuk Masa Pakai yang Lebih Panjang

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga barang yang lebih murah pasti mudah membuat banyak orang tergoda untuk membelinya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak

Hal yang tidak Anda sadari adalah biasanya harga barang yang murah berbanding dengan kualitasnya yang juga tidak terlalu baik.

Dengan demikian barang yang dibeli tidak akan bertahan lama saat dipakai dan akhirnya mudah rusak yang selanjutnya membuat Anda harus membeli barang baru.

Lebih baik membeli barang yang sedikit lebih mahal, namun terbukti memiliki kualitas yang lebih baik dan tahan lama saat digunakan.


3Beli Makanan Sehat

bekal makanan

Makanan instan dan kalengan memang lebih murah harganya dibandingkan produk-produk yang segar. Anda tidak menyadari bahwa makanan instan dan kalengan tersebut sangat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Belilah makanan segar yang lebih sehat, dibandingkan membeli makanan serba instan yang membuat Anda harus menangung resiko penyakit di masa depan.


4Prioritaskan Membeli Rumah Daripada Harus Menyewa

Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas jika Uang Terbatas?

Membeli rumah memang lebih mahal dibandingkan menyewa, sebab ada uang muka yang perlu dipersiapkan dan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Namun, jika Anda melihat di masa depan, rumah yang Anda cicil saat ini bisa meningkatkan nilai kekayaan bersih di masa depan. Hal tersebut tentu saja tidak bisa Anda dapatkan saat menyewa rumah setiap bulan.


5Lindungi Diri Anda Dengan Asuransi

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Saat Anda dalam kondisi yang sehat dan masih muda, asuransi kesehatan bisa terlihat sebagai beban yang tidak memiliki manfaat sama sekali.

Baca Juga: 9 Tips Bulan Madu Hemat Dengan Dana Terbatas, Honeymoon Tidak Selamanya Mahal

Pikiran yang demikian akan langsung berubah, saat Anda dalam kondisi darurat dan harus masuk ke rumah sakit untuk perawatan.

Sebab, biaya pengobatan yang harus Anda bayarkan tanpa adanya asuransi akan sangat tinggi dan bisa menghabiskan banyak uang.

Jangan hanya berpikir saat ini saja!


6Miliki Alat Olahraga Sendiri

dapatkan secara gratis - fitness diet gym

Jika Anda termasuk orang yang senang berolahraga dan menjalani hidup sehat, maka biaya keanggotaan gym bisa menjadi pengeluaran yang harus ada setiap bulan.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Investasi Properti, Jangan Lagi Dipercaya

Biaya yang harus dibayarkan biasanya sangat bervariasi mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 500.000 per bulannya tergantung dimana tempat Anda berlatih.

Coba Anda beli peralatan olahraga sendiri yang bisa Anda gunakan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya keanggotaan di pusat kebugaran.

Tidak harus lengkap dan memiliki semua jenis peralatan latihan, Anda bisa memilih alat-alat yang paling sering digunakan seperti dumbell dan treadmill.

Nah, biaya keanggotaan yang sebelumnya dibayarkan bisa dialokasikan ke instrumen investasi yang bisa menumbuhkan uang Anda di masa depan.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks: Investasi Online P2P Lending

Cukup sisihkan uang minimal Rp 100.000 di KoinWorks, maka potensi imbal hasil yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai 35% bunga efektif dalam setahun.

Lebih bermanfaat daripada dihabiskan untuk biaya keanggotaan gym, bukan?


7Miliki Anggaran Untuk Bersenang-Senang

7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik - pekerjaan untuk penggemar traveling

Semua orang butuh hiburan untuk menyegarkan pikiran dari berbagai rutinitas keseharian yang sangat padat.

Baca Juga: 7 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan, Lakukan Evaluasi Segera

Mulailah dari sekarang untuk memiliki anggaran yang akan digunakan untuk bersenang-senang seperti menonton bioskop, membeli pakaian baru, atau nongkrong di cafe bersama teman.

Mengapa Anda perlu membuat anggaran ini?

Tujuannya adalah untuk mencegah Anda tergoda membelanjakan penghasilan lebih besar dari yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil, Pahami Dengan Baik

Anggaran bersenang-senang bisa dijadikan pedoman tentang seberapa besar uang yang bisa Anda habiskan untuk menikmati hidup.

Mengeluarkan uang lebih banyak atau boros tidak selamanya buruk!

Nah, 7 teknik boros yang sudah kami sampaikan di atas sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran Anda di masa depan.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.