Saat Pernikahan, Lebih Untung Masak Sendiri atau Katering?

5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas

Saat Pernikahan, Lebih Untung Masak Sendiri atau Katering? – Saat Anda akan mengadakan pesta pernikahan, persiapan yang tidak boleh terlewat adalah soal hidangan makanan bagi para tamu.

Pada saat persiapan tersebut, pasti Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, memasak sendiri atau menggunakan jasa katering? Kedua pilihan ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Katering agar Pernikahan Makin Murah

Sebelum memutuskannya, lebih baik simak dulu yuk penjabarannya di bawah!


Saat Pernikahan, Lebih Untung Masak Sendiri atau Katering?

Masak Sendiri

makan-masak-dapur-makanan-masakan

Pilihan ini pada dasarnya susah-susah gampang, karena saat Anda memutuskan masak sendiri, tandanya Anda harus mencari tenaga memasak yang dan bahan makanan sendiri untuk menyajikan santapan yang cukup untuk tamu Anda.

Jika Anda memilih masak sendiri, Anda harus mempunyai waktu yang cukup luang. Sebab, Anda perlu memerhatikan semua aspeknya, mulai dari pilihan menu, bahan makanan yang akan dibeli, dan mencicipi semuanya.

Kegiatan di atas tentu sangat menguras pikiran dan tenaga, jadi pastikan bahwa Anda memang memiliki banyak waktu luang.

Baca Juga: Bingung Mau Menikah di Gedung atau Rumah? Cek Ini Dulu, Yuk!

Selain itu, Anda juga tidak bisa meminta pertanggung jawaban ketika makanan yang nantinya dihidangkan tidak sesuai ekspektasi. Jadi, Anda harus siap memikul tanggung jawab penuh jika terjadi sesuatu pada makanan Anda.

Begitu pula dengan biayanya, memang untuk pembelian bahan makanan bisa jadi lebih murah dari pada membeli jadi di katering, tapi Anda harus menyiapkan biaya penunjang lainnya seperti biaya peralatan masak, biaya perlengkapan, dan sebagainya.

Dan yang terakhir, Anda harus mempertimbangkan juga jumlah bahan makanan atau makanan jadi yang harus Anda berikan kepada saudara atau tetangga yang sudah membantu Anda memasak sebagai ucapan terima kasih karena sudah membantu, dan ini dapat membuat bengkak anggaran Anda.


Pakai Jasa Katering

katering-gubukan-makanan-undangan-tamu-pernikahan
Sumber: https://tigadaracatering.id

Siapa sih yang tidak tahu katering? Semua orang tentu pernah mendengar dan mengerti bagaimana suatu servis dari jasa katering. Dari segi efisiensi, katering adalah pilihan nomor satu.

Karena kita tidak perlu lagi pusing memikirkan urusan A sampai Z tentang apa dan bagaimana bentuk serta jenis sajian makanan Anda nantinya. Anda hanya perlu memilih katering dan melakukan test food sebelum sepakat.

Baca Juga: Menikah Dengan Budget Seminim Mungkin? Bisa Kok!

Tidak seperti masak sendiri, Anda tidak perlu bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi pada makanan Anda jika makanan tersebut tidak sesuai ekspektasi atau ada masalah.

Lalu, hal yang paling penting adalah hidangan yang disajikan oleh pihak katering punya kemungkinan memiliki rasa yang lebih bisa diterima oleh banyak orang karena katering memiliki pengalaman dalam menyediakan berbagai masakan dalam acara-acara yang sudah ditangani sebelumnya.

Berbeda dengan memasak sendiri, Anda  tidak perlu memikirkan untuk membalas jasa karena sifatnya adalah berbisnis, bukan asas kekeluargaan dengan bantuan relasi atau tetangga.


Kesimpulannya Adalah…

Jika Anda adalah seorang pribadi yang sibuk dan memiliki dana yang cukup banyak, maka memakai jasa katering adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Sebaliknya, jika Anda ingin berhemat dan memiliki banyak waktu luang, memakai jasa katering jauh lebih cocok untuk Anda.

Tapi, apapun pilihannya, jangan sampai dana yang Anda miliki dihabiskan semuanya hanya demi menyajikan makanan terbaik. Anda harus bijaksana juga dalam memutuskan segala sesuatunya, apalagi jika urusannya berujung pada budget.

Baca Juga: 7 Tips Kelola Keuangan untuk Pasangan yang Akan Menikah

Jadi, lebih baik alokasikan dana Anda kepada hal-hal yang lebih bermanfaat, misalnya dengan berinvestasi di berbagai instrumen atau mendanai di alternatif investasi seperti P2P Lending dari KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Untuk keuntungannya, KoinWorks menawarkan imbal hasil hingga 21,32%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Mendanai? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Lo Kheng Hong memang hanya fokus pada satu instrumen investasi saja, tepatnya pada saham. Tapi, apapun instrumen yang Anda pilih kuncinya adalah disiplin, sabar, dan fokus. Karena memperoleh keberhasilan dalam berinvestasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini membutuhkan proses yang sangat panjang agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ferry Irawan

Ferry Irawan

I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.