Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! – Beberapa hari yang lalu, media sosial sempat diramaikan oleh isu diadakannya tryout tes CPNS 2019 senasional.

Uji coba tes online gratis yang diadakan sekaligus disebarkan oleh akun instagram @cpnsindonesia.id ini kabarnya adalah sebuah taktik penipuan yang digunakan untuk mendapatkan data-data pribadi para pendaftar melalui google docs.

Baca juga: 4 Alasan Bekerja Untuk Orang Lain Tidak Akan Membuat Anda Kaya

Berita ini lantas memancing komentar dari netizen, ada sebagian yang menganggap bahwa ini adalah penipuan karena kode yang diterima oleh semua pendaftar sama. Sementara sebagian lagi menganggap bahwa tes ini benar akan dilakukan mengingat saat kabar ini viral, hari penyelenggaran tes tersebut memang belum tiba.

cpns-penipuan-tipu-hoax-Ini Dia 5 Cara Mudah Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!
Sumber: https://www.instagram.com/cpnsindonesia.id/

Pada akhirnya, admin akun @cpnsindonesia.id pun buka suara, ia menyebutkan pengisian data-data pribadi tersebut bertujuan untuk me-ranking hasil tes peserta tryout. Hingga pada sabtu lalu (29/06) tryout ini benar-benar diadakan secara online.

Namun begitu, akun resmi BKN tetap menghimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dan memberikan data pribadinya begitu saja kepada pihak yang tidak jelas seperti yang dituliskan pada pengumumang berikut.

cpns-tipu-penipuan-bkn-pengumuman-Ini Dia 5 Cara Mudah Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!
Sumber: https://twitter.com/BKNgoid

Tahap uji coba tes CPNS saja sudah bisa membuat heboh, apalagi kalau nanti benar-benar ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengadakan tes CPNS, bisa dibayangkan bukan akan seperti apa kerugian kita?

Maka dari itu, yuk ikuti 5 cara mudah di bawah untuk menghindari penipuan yang berkedok tes CPNS 2019!


Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!

1Selalu Pantau Situs Resmi Pemerintah

cpns-tipu-penipuan-cek-situs-website-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!

Jangan mudah percaya terhadap situs-situs yang tidak jelas pengelolanya. Begitu juga di media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook, jangan hanya melihat dari followers atau following-nya saja karena hal itu tidak bisa menjamin validitas akun tersebut.

Baca juga: Jawab 5 Pertanyaan Berikut Sebelum Memilih Karier yang Tepat

Selalu pantau dan baca seluruh informasi yang disajikan di situs resmi pemerintah seperti www.bkn.go.id, www.kemendagri.go.id, dan situs lainnya yang berakhiran ‘go.id’. Selain itu, Anda juga bisa mempercayai akun sosial media yang sudah bercentang biru (official verified account) seperti @bkngoidofficial pada instagram dan @bkngoid pada twitter.


2Pendaftaran Resmi dan Sah hanya pada Situs BKN

cpns-tipu-penipuan-daftar asli-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!

Jika Anda sudah mengetahui pengumuman resmi dan informasi penting lainnya, Anda boleh melakukan registrasi di situs resmi BKN. Perlu diingat ya bahwa pendaftaran ini hanya bisa dilakukan di situs resmi BKN, bukan di situs abal-abal yang tidak jelas.


3Seleksi Tanpa Biaya!

cpns-tipu-penipuan-bahaya-fraud-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS

Ini dia yang paling sering dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka biasanya selalu meminta pendaftar untuk mengeluarkan sejumlah uang jika ingin mengikuti tesnya.

Padahal, pemerintah tidak pernah meminta peserta untuk membayarkan sejumlah biaya. Semuanya benar-benar gratis!

Baca juga: 7 Aturan Keuangan Untuk Usia 30 Tahun, Jangan Sampai Bangkrut

Jika masih ada pihak yang meminta-minta uang tersebut pada Anda sebagai tanda jaminan mengikuti tes CPNS, bisa dipastikan bahwa itu adalah penipuan.

Jangan sampai Anda kehilangan uang dalam jumlah besar hanya karena ingin cara yang mudah untuk meraih impian Anda menjadi CPNS.

Daripada mengeluarkan uang ke hal-hal yang tidak jelas seperti itu, lebih baik Anda mengalokasikannya untuk mendanai di Peer-to-Peer Lending seperti KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sistem berkonsep marketplace online ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Sebagai salah satu platform Peer-to-Peer LendingKoinWorks menawarkan imbal hasil mulai dari 18%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja.


4Tolak Penawaran dari Oknum Nakal

cpns-tipu-penipuan-waspada-bahaya-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - kesalahan investasi properti - kesalahan beli rumah

Menjadi CPNS masih jadi cita-cita favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ini menyebabkan ada beberapa orang yang rela melakukan apa saja agar bisa meraih status sebagai CPNS.

Akibatnya, oknum nakal pun banyak bermunculan untuk menawarkan kemudahan menjadi CPNS. Modusnya beragam, ada yang mengaku orang dalam lembaga pemerintah, ada yang mengaku saudaranya bekerja di lembaga pemerintah, dan masih banyak modus-modus lainnya.

Baca juga: 8 Alasan Bekerja Setelah Pensiun Merupakan Pilihan Tepat

Jangan pernah tergiur oleh penawaran tersebut dan tolak secara tegas. Sekarang sistem yang digunakan oleh pemerintah sudah cukup jelas, transparan dan tentu saja legal. Jadi, jangan sampai Anda jadi korban penipuan dari modus seperti ini.


5Re-check Semua Informasi

cpns-tipu-penipuan-tips-cek-ricek-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - Investasi untuk PNS - jenis investasi jangka panjang

Jangan menelan mentah-mentah semua informasi, perhatikan hal-hal detil yang disajikan setiap membaca info terbaru. Maraknya situs bodong yang benar-benar mirip situs asli milik pemerintah terkadang bisa mengecoh kita jika tidak teliti.

Melakukan cek berkali-kali adalah solusi untuk masalah yang satu ini. Lalu, bagaimana caranya? Anda bisa membuka portal berita online terpercaya terkait informasi yang sudah Anda baca. Karena tidak mungkin tes sekelas CPNS tidak diberitakan oleh media nasional.

Begitulah 5 cara mudah yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari penipuan berkedok tes CPNS.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.