3 Keputusan Emosional tentang Keuangan yang Harus Dihindari – Konsep pengelolaan keuangan sebenarnya sangat sederhana dan mudah diterapkan. Sayangnya, tidak semua orang benar-benar ingin menerapkannya.

Nah, dalam pengelolaan keuangan, mungkin saja ada hal yang menjadi masalah, misalnya Anda melibatkan emosi dalam mengambil keputusan keuangan.

Sebenarnya, ada 3 keputusan emosional tentang keuangan yang harus Anda hindari, lho! Apa saja, sih?

3 Keputusan Emosional tentang Keuangan yang Harus Dihindari

 

1Tinggal di Rumah yang Lebih Besar daripada yang Dibutuhkan

rumah-desain-model-tipe

Rumah dengan luas yang lebih besar memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada rumah yang berukuran kecil.

Jika Anda belum memiliki banyak anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah, maka mempertimbangkan untuk membeli atau menyewa rumah yang berukuran kecil jauh lebih bijak dilakukan.

Seiring dengan bertambahnya anggota keluarga, maka barulah Anda mulai mempertimbangkan untuk menambah luas ruangan atau menyewa rumah yang lebih luas.


2Berteman dengan Mereka yang Boros dan Suka Menghamburkan Uang

kumpul-bersama-teman-arisan-ramai-menabung

Teman adalah orang yang bisa dengan mudah mempengaruhi cara Anda menghabiskan uang dan membelanjakannya.

Jika berteman dengan orang-orang yang suka berbelanja, maka kebiasaan mereka akan secara perlahan Anda ikuti. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan berusaha untuk memiliki barang yang dibeli oleh teman meskipun Anda tidak membutuhkannya.

Mengetahui kapasitas dan kemampuan Anda dalam mengendalikan diri sangat diperlukan disini. Namun, jika Anda belum bisa menguasainya, maka menghindari berteman dengan orang-orang yang boros bisa menjadi pilihan yang bisa dilakukan.


3Membeli Saham Saat Tinggi dan Menjual Saat Melihatnya Turun

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis investasi jangka panjang

Sebagian investor sering melibatkan emosi mereka saat berinvestasi di pasar saham. Hal yang paling sering terjadi adalah mereka merasa cemas dan khawatir saat harga saham mulai menurun.

Hal yang tidak disadari adalah pasar saham adalah pasar yang bergejolak dan pasti akan mengalami fluktuasi dalam jangka pendek. Namun, dalam jangka panjang di atas 10 tahun, pasar saham bisa memberikan tingkat imbal hasil yang sangat menguntungkan.

Jika Anda mudah khawatir dengan pasar saham yang bergejolak dan berfluktuasi. Sebaiknya Anda memilih instrumen investasi yang memiliki risiko lebih rendah dari saham.

Salah satu pilihan yang bisa diambil adalah berinvestasi di KoinWorks yang merupakan platform investasi peer to peer lending terpercaya, yang sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Anda hanya perlu mempersiapkan dana investasi mulai dari Rp100.000 saja. Dengan berinvestasi di KoinWorks, Anda bisa mendapatkan imbal hasil mulai dari 21,23% per tahun.

Instrumen investasi jenis ini pun banyak dijadikan pilihan oleh anak muda karena dapat dilakukan secara online sehingga kegiatan investasi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Nah, itulah dia 3 keputusan emosional yang mesti Anda hindari. Semoga pengelolaan keuangan Anda dapat terlaksana dengan baik dan Anda pun bisa segera memenuhi segala tujuan keuangan Anda.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.