Lakukan 6 Hal Ini Agar Uang Tidak Terbuang Percuma – Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini mulai banyak barang-barang baru yang bermunculan.

Mulai dari teknologi terbaru hingga model pakaian terbaru yang rasanya sangat sukar untuk dilewatkan. Membeli barang-barang tersebut tentunya akan membuat Anda merasa puas karena Anda akan merasa sangat up-to-date.

Namun, biasanya perasaan tersebut hanya akan bersifat sementara, karena hal yang baru akan secara terus menerus muncul dan menggantikan yang lama.

Baca Juga:

–Ā Kebiasaan Buang Duit yang Sering Tak Disadari
–Ā 
Apa Saja Kebiasaan Buang Duit yang Tak Disadari (2)

Biasanya setelah yang baru mulai bermunculan kembali, Anda akan merasa bosan dengan yang lama dan kembali ingin membeli yang baru. Anda mungkin juga menyesal setelah membelinya, karena Anda telah menghabiskan banyak uang untuk hal itu.

Dibandingkan menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang pada akhirnya akan menjadi usang, cobalah menghabiskannya untuk sesuatu yang akan terus bermanfaat di kemudian hari.

Tidak hanya uang yang diinvestasikan, uang yang Anda habiskan juga dapat menjadi aset tersendiri jika Anda mampu dengan bijak memilih pengeluaran yang memang tepat dan dapat bermanfaat.

Berikut adalah 6 tips mengelola keuangan yang dapat dilakukan untuk membuat uang Anda tidak akan terbuang dengan percuma:

Lakukan 6 Hal Ini Agar Uang Tidak Terbuang Percuma

1. Pendidikan

pendidikan

Kemampuan berbahasa asing tentunya menjadi suatu aset yang sangat berharga. Disamping maraknya perusahaan-perusahaan asing yang datang ke Indonesia saat ini, tentunya juga akan mempermudah Anda dalam banyak hal khususnya dalam ranah berkomunikasi.

Baca Juga:Ā Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Walaupun beberapa kelas bahasa terasa sangat mahal, namun sangat sebanding dengan apa yang didapat. Mengambil kelas untuk belajar suatu budaya yang berbeda, agama dan profesi yang berbeda akan membuka pola pikir Anda ke dunia yang berbeda.

Itu tidak berarti Anda perlu mengubah agama Anda atau pekerjaan Anda. Semua yang dipelajari tentunya akan menjadi bekal pengetahuan yang tidak ternilai. Anda mungkin tidak pernah tahu kapan hal itu bisa berguna.

2. Wisata

tips traveling setiap tahun

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan agar uang tidak terbuang percuma adalah menikmati waktu untuk berwisata. Untuk berwisata, biasanya Anda akan merogoh kocek yang cukup besar. Akan tetapi dengan wisata, Anda telah menciptakan kenangan yang akan terus bertahan seumur hidup.

Baca Juga:Ā Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Setiap kenangan yang tidak ternilai secara materi, seperti menghabiskan waktu romantis berdua dengan pasangan Anda di bawah menara Eiffel, atau pun sekedar menikmati waktu di Disneyland bersama keluarga Anda. Semua kebahagiaan yang tidak dapat dihitung nilainya. Seperti kata pepatah yang mengatakan ā€œtravel is the only thing you can buy to make you richer.ā€

3. Musik

belajar bermain gitar

Belajar memainkan alat musik akan menjadi sesuatu yang selalu menyenangkan untuk dapat dilakukan. Anda mungkin tidak akan menjadi seorang pemain musik terkenal dengan hanya dapat bermain alat musik.

Baca Juga:Ā Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Profesional Muda dan Solusi untuk Mengatasinya

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa akan ada banyak manfaat yang didapatkan ketika Anda mampu memainkannya? Contoh, meningkatkan kemampuan otak, meredakan stres, melatih disiplin dan kesabaran, dan masih banyak manfaat lainnya.

4. Buku

Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor

Buku selalu dikatakan sebagai jendela kehidupan. Melalui buku, Anda dapat melihat sudut pandang penulis akan suatu hal, dimana kebanyakan penulis biasanya adalah orang-orang hebat yang telah menunjukkan prestasinya.

Dengan kata lain, Anda dapat belajar dari para orang hebat akan pola pikirnya. Anda dapat menghemat uang untuk mengikuti seminar agar dapat belajar dari orang-orang hebat tersebut. Dengan membaca buku, biasanya semua yang menjadi inti dari cara pikirnya akan Anda dapat mengerti dengan mudah.

Baca Juga:Ā 3 Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor

Semakin banyak Anda membaca buku, maka semakin banyak pula pengetahuan yang akan didapatkan. Semua pengetahuan yang didapat kemudian dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, yang tentunya akan membuat diri Anda semakin berkembang menjadi lebih baik.

5. Bersosialisasi

anak muda harus mulai berinvestasi

Banyak orang berpendapat bahwa koneksi adalah suatu aset berharga yang tak ternilai harganya. Memiliki banyak koneksi akan mempermudah Anda dalam melakukan banyak hal tak terduga di masa depan, baik untuk urusan bisnis maupun urusan pribadi.

Oleh karena itu, mengeluarkan uang untuk bersosialisasi dan membangun koneksi bagi diri Anda tentunya akan menjadi salah satu hal yang berguna. Namun, pastikan Anda bersosialisasi dengan banyak orang, sehingga Anda mendapatkan sesuatu yang maksimal dalam hal ini.

Baca Juga:Ā Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Sesekali, Anda juga dapat mentraktir teman Anda. Seperti yang dikatakan oleh Li Ka-Shing sebagai pemilik dari Cheung Kong Holdings Ā bahwa Anda harus memiliki budget untuk bersosialisasi, termasuk untuk mentraktir teman Anda.Ā Bersosialisasi dengan mentraktir teman Anda juga merupakan salah satu hal yang harus dilakukanĀ agar uang tidak terbuang percuma.

Menurutnya, Anda harus mentraktir orang-orang yang lebih berpengetahuan dari Anda, lebih kaya dari Anda atau orang-orang yang telah membantu Anda dalam karir.

Baca Juga:Ā Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Pastikan untuk dapat melakukannya setiap bulan. Setelah secara terus menerus dilakukan, tanpa disadari Anda telah membentuk suatu reputasi yang baik di mata orang-orang. Sehingga setelah melakukan ini, Anda seharusnya mendapatkan feedback yang luar biasa dari rekan Anda.

6. Investasi

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 9

Di samping hal-hal yang telah disebutkan di atas, tentunya salah satu hal wajib yang juga harus dilakukan adalah berinvestasi. Mengeluarkan uang untuk berinvestasi akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih di kemudian hari.

Baca Juga:Ā Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Contohnya saja, jika Anda berinvestasi melaluiĀ peer to peerĀ lending, dengan menginvestasikanĀ uang sebesar Rp 100 ribu saja setiap harinyaĀ di KoinWorks, misalnya, Anda akan mampu mendapatkan keuntungan bunga efektif mulai dari 18% per tahunnya.

Selain itu, semakin dini Anda berinvestasi maka semakin besar pengaruh efek compounding yang akan Anda dapatkan sehingga investasi Anda pun semakin maksimal.

Nah, itulah 6 tips mengelola yang dapat membuat pengeluaran Anda lebih bermanfaat. Mari bersikap lebih bijak dalam memilih pengeluaran yang tepat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.