Menambah penghasilan bisa dilakukan dengan cara memulai usaha sendiri tanpa meninggalkan pekerjaan yang sudah ada. Tidak mudah memang menjadi seorang pegawai yang sekaligus merangkap menjalankan usaha sambil bekerja sehari hari. Jika seseorang baru saja terjun dan melibatkan diri dalam dunia bisnis maka harus bisa mengatur waktu dengan baik. Jika hal itu tidak dilakukan maka semua pekerjaan sampingan akan dapat mengganggu pekerjaan kantor yang akan mengancam kredibilitas di kantor atau perusahaan. Diperlukan tips atau trik bagaimana cara untuk bisa mengelola waktu sedemikian rupa sehingga keduanya bisa berjalan beriringan dan bisa memberikan keuntungan yang maksimal dari masing masing aktifitas yang dijalani.

Supaya bisa bersinergi dengan baik maka lakukan lah tips yang diberikan oleh para pebisnis yang sudah lebih dulu melakukan hal yang sama. Pertama, buatlah rencana harian dengan menuliskan beberapa agenda dan jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan. Awalnya bisa dilakukan dengan mengatur waktu yang tepat mengenai pekerjaan dan bagaimana caranya untuk menjalani usaha sampingan. Misalnya di pagi hari dialokasikan untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Kemudian setelahnya baru mengerjakan pekerjaan sampingan. Namun jangan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat juga karena melakukan forsir waktu bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Makan siang, beribadah, dan kegiatan lainnya jangan dilupakan untuk dilakukan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik.

Kedua, mendisiplinkan diri supaya kredibilitas, kualitas dan kemampuan diri tetap terjaga dengan baik. Semuanya harus selalu bisa digunakan dalam rangka mengembangkan diri untuk masa yang akan datang yang lebih baik. Disiplin akan menjadikan semua hal tertata dan terselesaikan dengan baik. Seseorang yang mempunyai tingkat disiplin yang tinggi akan mewujudkan impian dengan mudah karena mereka tegas dan keras terhadap diri sendiri. Mereka akan melakukan perjuangan yang lebih banyak juga melakukan tindakan yang lebih baik dibandingka mereka yang tidak memiliki sikap disiplin. Sikap ini amatlah penting dan menunjang pekerjaan dengan baik.

Ketiga, tentang prioritas dan penting serta urgensi mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Jangan menunda pekerjaan kantor atau bisnis sampingan karena hal itu hanya akan menambah masalah di kemudian hari dimana pekerjaan menjadi semakin menumpuk dan menjadikan kacau semuanya.  Buatlah target setiap hari dan jika sanggup untuk menyelesaikannya yang banyak maka bisa menambah kembali pekerjaan yang lain. Namun jika tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang banyak bisa mengurangi pekerjaan sampingan dan memprioritaskan pekerjaan yang utama karena itu mempengaruhi bagaimana tingkat kemampuan dan gengsi di kantor dan perusahaan. Karena disebut sebagai pekerjaan sampingan maka bisa dikerjakan setelah pekerjaan utama selesai.

Keempat, pandai dalam mengelola keuangan dengan manajemen yang baik. Pisahkan penghasilan dari pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan. ini akan berguna untuk mengukur berapa estimasi biaya yang sudah dikerjakan sejauh ini apakah sebanding dengan apa yang sudah dikerjakan atau tidak. Bekerja dan melakukan bisnis harus secara profesional sehingga pengelolaan akan membuat pembagian waktu jelas sekali mana waktu yang produktif, mana waktu yang menjadi jatah istirahat dan lain sebagainya. ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa dilakukan dan dijalankan bersamaan dengan profesi karyawan yang dimiliki asalkan semua bisa dilakukan dengan kesesuaian dan tepat dalam hal guna, benefit dan sasaran.

Dengan menjalankan semua tips yang ada maka dipastikan semua akan berjalan dengan baik baik saja. Ada baiknya untuk melihat bagaimana hasil kedua pekerjaan yang dilakukan bersama sama dalam jangka waktu tertentu. Jika masih bisa dihandle sendiri maka bisa terus dilanjutkan dan dikembangkan. Jika nanti sudah bisa dilepas maka tidak ada salahnya untuk merekrut karyawan yang akan membantu dalam mengelola bisnis sampingan supaya bisa semakin besar dan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak.

Masih bingung dengan contoh pekerjaan dan bisnis sampingan yang ingin dijalankan maka bisa dimulai dengan membuka usaha bengkel, laundry,  jasa penulisan, dan jasa lainnya yang berguna dalam kehidupan sehari hari  Bisa juga membuka katering atau bisnis makanan yang bisa dijajakan di warung warung atau dititipkan di tempat jualan lainnya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.