Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil – Bagi Anda pekerja kantoran, saat pertengahan bulan menjelang minggu terakhir mungkin kepala Anda dipenuhi pertanyaan yang sama, “Kapan gajian? Kapan gajian?”.

Memang, menanti tanggal gajian terkadang menyebalkan. Anda harus berusaha ekstra untuk berhemat supaya gaji Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: 3 Hal Penting Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

Namun, apa pernah gaji Anda sudah habis duluan sebelum tanggal gajian datang? Jika pernah, sepertinya ada yang keliru dengan cara Anda mengatur keuangan.

Tentu saja, Anda ingin hidup bekecukupan tanpa mengenal tanggal muda maupun tanggal tua, ‘kan? Maka dari itu, supaya keuangan tetap stabil, ini dia hal-hal yang bisa Anda lakukan sembari menunggu tanggal gajian menjemput Anda.

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

1. Identifikasi pemasukan dan pengeluaran Anda

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Buatlah sebuah tabel sederhana yang terdiri dari kolom pemasukan dan pengeluaran. Catat secara lengkap apa saja pemasukan dan pengeluaran Anda. Apabila jumlah pengeluaran 50% lebih besar dari pemasukan, itu artinya Anda wajib berhemat.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini, Maka Uang Anda Tidak Akan Terbuang Dengan Percuma

Dengan mengidentifikasi hal ini, Anda bisa mengetahui diri Anda paling boros di pos pengeluaran apa. Transportasi, sewa tempat tinggal, makanan, atau yang lain? Dengan demikian, Anda bisa mengerem kebiasaan Anda untuk menghambur-hamburkan uang.


2. Memangkas pengeluaran untuk gaya hidup

menonton film - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Saat menunggu tanggal gajian tiba, Anda juga perlu memangkas biaya-biaya berlebihan yang biasanya Anda keluarkan untuk gaya hidup atau kehidupan sosial Anda.

Misalnya, dalam seminggu, Anda bisa sampai tiga kali nongkrong di kedai kopi yang harga segelas minumannya Rp50 ribu.

Baca juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Dalam seminggu, setidaknya Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp150 ribu. Dalam sebulan, Rp600 ribu terbuang begitu saja hanya untuk kopi.

Bayangkan, jika Anda mengubah gaya hidup Anda agar tidak terlalu konsumtif, Anda sangat bisa untuk mengumpulkan uang.

Baca juga: Rumah Jauh dari Kantor? Ini 5 Manfaat Ngekos Ketimbang Pergi-Pulang

Jadi, Anda hanya pergi ke kedai kopi satu kali dalam seminggu sehingga dalam dalam sebulan, Anda mampu menghemat Rp400 ribu. Lumayan, bukan?


3. Menghindarkan diri dari utang

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 6 - tantangan yang dihadapi womanpreneur

Agar keuangan tetap stabil, jangan menjebak diri Anda ke dalam lingkaran utang. Pahami kondisi keuangan Anda sekarang ini.

Apabila Anda merasa ingin membeli sesuatu, tetapi kondisi finansial Anda kurang mendukung, sebaiknya tidak dipaksakan. Khususnya bagi Anda yang sering menunda-nunda pembayaran.

Baca juga: Wajib Dihindari! Ini 5 Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Semakin banyak utang yang dimiliki, akan semakin banyak beban finansial yang memberatkan pundak Anda. Akan semakin pusing juga Anda untuk memikirkan bagaimana caranya membayar utang tersebut.

Apabila gaji sudah ditransfer ke rekening Anda, tahu-tahu habis begitu saja untuk membayar utang.

Baca juga: Mau Jalan-jalan Gratis? Coba 5 Pekerjaan untuk Penggemar Traveling Ini

Hmm… bagaimana Anda ingin mencapai tujuan keuangan Anda jika uang yang masuk ke rekening mengucur begitu saja? Yuk, ubah kebiasaan memiliki utang dengan menghindari perilaku boros!


4. Carilah sumber pendapatan lain

menulis blog - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Jangan hanya mengandalkan gaji bulanan saja karena itu tidaklah cukup. Carilah sumber pendapatan lain, misalnya menjadi freelancer dengan memanfaatkan kemampuan Anda.

Atau, Anda juga bisa membangun passive income melalui blog. Isilah blog Anda dengan konten menarik yang mampu membuat banyak orang berkunjung.

Baca juga: 5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Apabila blog Anda menunjukkan performa yang baik, sangat mungkin perusahaan menaruh iklan di blog Anda, bahkan mengajak kerja sama guna mempromosikan suatu produk atau jasa.

Sedikit demi sedikit, uang Anda pun lama-kelamaan menjadi bukit.


Gaji Aman, Keuangan Stabil, Selanjutnya Apa?

Empat cara di atas rupanya berhasil membuat rencana keuangan Anda tetap pada track-nya. Anda pun sudah tidak terlalu memusingkan bila tanggal gajian belum datang karena kondisi finansial Anda berada dalam batas aman.

Baca juga: 5 Pengeluaran Tambahan Saat Bulan Puasa yang Harus Anda Waspadai

Namun, agar kondisi finansial Anda makin sehat, ada satu hal lain yang bisa dilakukan guna menambah nilai uan Anda secara efektif, yakni dengan berinvestasi. Untuk mulai berinvestasi, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Hanya dengan nominal minimal Rp100 ribu saja, Anda bisa mendapatkan bunga efektif hingga 18% per tahun.

Baca juga: Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending

Di KoinWorks, ada salah satu fitur inovatif yang memungkinkan Anda untuk menjalankan seluruh kegiatan investasi secara otomatis, yaitu Auto Purchase.

Dengan fitur ini, Anda bisa memilih jenis produk investasi, bunga, tenor, juga risiko yang sebelumnya sudah Anda tetapkan.

Yuk, simak video mengenai Auto Purchase di bawah ini:




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?