7 Kerja Sampingan untuk Introvert, Mana yang Paling Sesuai dengan Anda? – Guna memenuhi kebutuhan hidup, terkadang mengandalkan satu pekerjaan saja tidaklah cukup.

Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang menjalani kerja sampingan demi menambah pundi-pundi uang setiap bulannya.

Baca juga: 3 Hal Yang Membuat Millenial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

Namun, khusus Anda yang memiliki kepribadian introvert, mungkin merupakan tantangan sendiri ketika harus mencari pekerjaan.

Apalagi, para introvert terkadang lebih suka menyendiri ketika bekerja atau makan siang, ingin menyelesaikan tanggung jawab tepat waktu, atau sulit bergaul dengan orang-orang di lingkungan baru.

Jangan khawatir, yuk cari tahu 7 kerja sampingan yang cocok bagi para introvert.

7 Kerja Sampingan untuk Introvert, Mana yang Paling Sesuai dengan Anda?

1Penulis atau editor lepas

karier yang cocok untuk ambivert

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang suka menyendiri dan tenggelam dalam pemikiran sendiri. Ketika menjadi penulis atau editor lepas, Anda tidak perlu banyak berdiskusi.

Baca Juga:Β 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Paling, diskusi dilakukan saat di awal, ketika pertama bertemu klien, dan di akhir jika ada revisi lanjutan dari klien. Semuanya itu juga dapat dilakukan tanpa bertemu dengan klien, sehingga ini merupakan salah satu kerja sampingan online.

Profesi ini ada beragam. Ada yang menulis konten untuk situs tertentu, ada yang harus memahami soal SEO, ada yang menjadi editor buku supaya hasil tulisan menjadi lebih independen, dan seterusnya.


2Programmer

kemampuan it - programming - coding - koinworks

Anda lulusan Teknik Informatika? Yuk, coba jadi freelance programmer. Seperti yang diketahui, di Indonesia kini banyak menjamur perusahaan startup.

Tidak sedikit dari perusaaan-perusahaan tersebut yang membutuhkan jasa programmer.

Dengan menjalani pekerjaan ini, Anda tidak perlu bertemu dengan banyak orang. Sebaliknya, Anda malahan akan betah duduk berjam-jam lamanya di depan monitor, kerja sampingan di rumah.


3Penerjemah

Selain menjadi penulis dan editor lepas, Anda juga bisa mencoba menjadi penerjemah. Sebagai contoh, ada perusahaan yang ingin menerjemahkan company profile mereka dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan mereka membutuhkan jasa Anda.

Atau, misalkan ada buku soal bisnis yang laku di pasaran Amerika dan ingin dijual di Indonesia dengan bahasa lokal, penerbit bisa mencari Anda sebagai penerjemah buku tersebut.

Baca Juga:Β 5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan dengan Lebih Efisien

Untuk diketahui, menerjemahkan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anda juga perlu menyelaraskan bahasa supaya tulisan tersebut menjadi lebih enak dibaca.


4Penjual foto di situs digital

foto-produk-pemotretan-produk

Joker dalam film Batman: The Dark Knight pernah berkata, β€œif you’re good at something never do it for free”. Jika Anda menyukai dunia fotografi, mengapa tidak menjual foto-foto jepretan Anda di berbagai situs digital?

Sebagai contoh, ada iStockphoto, Etsy, Freepik, Fotolia, Stockfresh, dan masih banyak lagi. Pelajari bagaimana mekanisme penjualan tiap website dan pastikan Anda bisa memperoleh keuntungan dari setiap karya yang dijual, ya.


5Desainer grafis atau ilustrator

membangun brand bisnis - blue ocean

Pekerjaan ini sering sekali dijadikan sampingan untuk menambah uang jajan. Pekerjaan ini pun juga cocok digeluti oleh orang-orang berkepribadian introvert seperti Anda.

Dalam mengerjakan desain grafis atau membuat ilustrasi, biasanya membutuhkan suasana yang tenang sehingga Anda akan lebih terfokus pada alat gambar, juga komputer atau laptop.

Umumnya, interaksi terbanyak dengan orang lain ialah jika ada revisi.


6Akuntan

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan - jenis investasi jangka panjang

Jika tertarik menjadi akuntan, Anda akan menganalisis dan membuat laporan finansial. Anda akan membutuhkan banyak konsentrasi karena bekerja dengan data-data keuangan yang bejubel adalah tanggung jawab Anda.


7Sopir

pekerjaan-untuk-introvert-sopir

Biasanya, sopir memang bekerja sendiri. Mereka akan merasa lebih nyaman jika tidak diganggu ketika bekerja, sebab menyetir tentu membutuhkan konsentrasi tinggi. Anda yang introvert tertarik menjalani kerja sampingan ini?

Baca Juga:Β 8 Hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an Untuk Menjadi Jutawan Pada Usia 30-an

Ya, itu dia 7 kerja sampingan yang cocok untuk introvert. Nah, dengan tambahan uang yang didapatkan dari kerja sampingan ini, Anda bisa mengalokasikannya untuk diinvestasikan di KoinWorks, lho!

Dengan menggunakan sistem peer to peer lending, Anda bisa mendapatkan bunga efektif hingga 18% per tahun dengan risiko yang terjangkau.

Untuk memulai investasi, Anda hanya perlu menyisihkan uang mulai dari Rp100 ribu.

Yuk segera mulai investasi peer to peer lending dari KoinWorks yang sudah terdaftar di OJK juga!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

  1. wah bagus banget artikelnya.. bisa memberi inspirasi bagi generasi muda. khususnya yang belum dapat kerja. bisa juga buat mahasiswa buat sampingan.
    makasih koinworks.. semoga berkah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.