Home » Blog » Gaya Hidup » Mengenal Paypal, Platform Pembayaran Online

Mengenal Paypal, Platform Pembayaran Online

·
3 menit
metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Berbelanja online kini seolah telah menjadi tradisi bagi semua orang karena jauh lebih praktis sekaligus lebih mudah.

Bahkan banyak situs belanja online yang kini memiliki berbagai macam kerja sama dengan bank-bank nasional sehingga memudahkan pembayaran.

Namun bagaimana jika barang yang kamu beli adalah barang yang berasal dari luar negeri?

Tentunya hal ini menjadi sulit bagi kamu untuk melakukan pembayaran menggunakan bank lokal.

Kamu perlu mengenal paypal, platform pembayaran online yang akan membuat kamu lebih mudah melakukan transaksi ataupun belanja online melalui situs yang berasal dari luar negeri.

Seringkali belanja online luar negeri meminta kartu kredit sebagai pembayaran utamanya namun perlu diketahui jika tak semua orang-orang Indonesia memiliki kartu kredit sehingga paypal menjadi salah satu alternatif alat pembayaran yang bisa berperan sebagai kartu kredit.

Sebenarnya paypal itu adalah akun rekening secara online dimana kamu bisa menggunakan akun paypal tersebut seperti halnya sedang menjalankan transaksi menggunakan jasa bank.

Namun dapat dikatakan jika paypal itu adalah bank virtual yang tidak nampak namun benar-benar ada di dunia maya.

Kamu sangat bebas untuk mengatur adanya pembayaran baik ketika melakukan pembelian maupun juga menerima pembayaran.

Hanya saja paypal tak menerima sembarangan pembayaran namun hanya menerima saldo yang dibentuk dalam paypal dan mata uang yang digunakan adalah US dollar.

Oleh sebab itu, kamu harus mengonversi atau mengubah uang rupiah menjadi uang dollar yang nantinya akan langsung dimasukkan menuju rekening paypal milik kamu.

Guna memperoleh tabungan yang disebut saldo ini, maka kamu dapat membelinya pada agen penjual saldo khusus paypal yang juga tersebar di lapak online atau dunia maya tanpa kesulitan karena kini semakin banyak orang yang melakukan bisnis penukaran.

Terdapat banyak sekali manfaat bagi orang lain sebagai pembeli maupun penjual online yang memiliki akun paypal sebagai berikut:


Alat pembayaran yang jelas diterima secara internasional

Sudah banyak sekali ditemukan berbagai macam platform situs internasional yang menggunakan paypal sebagai penerima pembayaran sebagai contohnya adalah amazon, alibaba, ebay dan jvzoo.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, jika kamu hendak bepergian menggunakan pesawat pun, kini pemesanan tiketnya atau memesan akomodasi untuk trip dapat dilakukan dengan menggunakan pembayaran paypal.

Pembayaran berbagai macam advertisement atau iklan yang terdapat pada twitter dan facebook juga telah menggunakan paypal sehingga lebih memudahkan siapa saja untuk dapat bertransaksi dengan mudah.

Apalagi kini toko online yang terdapat di Indonesia pun juga memiliki akun paypal sehingga mereka bisa melayani pembeli dari berbagai negara dengan mudah.


Sebagai pengganti kartu kredit

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya jika pembayaran internasional seringkali menggunakan kartu kredit sebagai prosedur pembayaran utamanya.

Padahal bagi masyarakat di Indonesia, tidaklah mudah untuk memperoleh kartu kredit karena banyaknya syarat yang perlu dipenuhi.

Apalagi, kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang memiliki sistem riba sehingga banyak sekali masyarakat Indonesia yang beragama muslim menghindari memiliki kartu kredit.

Alasan lainnya adalah, mereka cenderung malas untuk membayar hutang ketika tagihan datang karena takut pengeluaran mereka tak terkontrol hingga akhirnya hutang menumpuk.

Oleh karena itu, paypal mampu menggantikan posisi kartu kredit dan jauh lebih mudah tanpa perlu berhutang sebab kamu telah memiliki saldo tabungan dollar sebagai alat pembayaran.


Paypal adalah alat pembayaran instan

Dalam setiap sistem paypal sudah tersusun dengan rapi, detail dan memiliki struktur yang terorganisir dengan baik dimana dengan menggunakan pembayaran melalui paypal, maka kamu tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran kepada penjual online untuk mengecek pembayaran apakah telah masuk atau belum.

Dalam paypal, semua pemasukan dan pembayaran apapun akan langsung masuk dan juga diselesaikan pada saat yang bersamaan sehingga semua dana sudah tercatat dengan rapi sehingga tak perlu lagi ada konfirmasi apapun.

Hal ini disebabkan karena paypal memiliki detail history yang sangat detail serta rapi sehingga data transaksi apapun akan langsung tercatat pada akun paypal pemilik sehingga lebih memudahkan kamu untuk menyusun adanya laporan keuangan.

Setelah kamu mengenal paypal, platform pembayaran online dengan jelas, maka kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk membuatnya demi kebutuhan berbelanja online secara internasional atau global.

Pahami cara membuat dan menggunakan Paypal secara lengkap di sini.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat