Saat ini, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk Anda. Bahkan, tidak hanya produk Anda saja yang terkenal karena Anda juga bisa terkenal jika Anda menggunakan media YouTube untuk promosikan produk. Anda tidak membutuhkan kredit mikro untuk membuat video di YouTube jika Anda mau tampil murni dengan kemampuan Anda sendiri. Namun, bisa saja Anda membutuhkan modal besar jika video yang Anda akan buat melibatkan banyak orang seperti pembuat script, cameramen dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Cobalah tips berikut ini;

Buat konsep

Konsep disini bisa berupa alur cerita atau plot yang bisa dibuat dalam bentuk apapun dari mulai cerita pendek, cerita bersambung, cerita sedih, gembira dan lain sebagainya. Konsep disini juga bisa saja tanpa cerita namun ada alur tentang aktivitas apa yang akan dilakukan aktor di video agar membuat video serta produk terlihat begitu menarik.

Persiapkan peralatan

Sebenarnya, tidak ada yang berbeda dengan iklan di TV dan di YouTube. Tentunya, Anda akan membutuhkan beberapa peralatan utamanya adalah kamera yang akan merekam aktor dalam video. Kamera harus memiliki resolusi yang tinggi sehingga menghasilkan gambar yang jernih dan bening. Saat ini bukan lagi zaman video kesemutan, VGA atau kualitas rendah lainnya. Peralatan yang ada termasuk juga ruangan yang akan digunakan untuk merekam video dan lain-lain.

Pelajari teknik pengambilan gambar

Tidak dipungkiri jika teknik pengambilan gambar, bagaimana dan dimana saja kamera akan mengambil gambar, bisa menjadi hal yang sangat krusial untuk promosi produk Anda. Di satu adegan, bisa saja Anda hanya mengambil gambar dari jauh. Namun, saat Anda akan mengambil logo atau nama produk, tentunya kamera harus fokus dan teknik zooming atau pembesaran gambar juga harus dilakukan secara cepat.

Promosikan video

Sampai di poin no. 3, Anda tentunya sudah memiliki gambaran bagaimana video Anda akan dibuat. Kemasan yang menarik menjadi kuncinya. Setelah video jadi, maka bukan saja Anda akan menguploadnya di YouTube melainkan harus mempromosikan video tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan atau menyebarkan video Anda. Cobalah beberapa cara berikut;

  • Promosikan Video lewat jejaring sosial

Video yang menarik akan mudah mendapatkan perhatian, apalagi jika ceritanya begitu menyentuh emosi entah tentang perasaan sedih atau gembira sehingga pemirsa video Anda akan merasa terhibur. Jejaring sosial adalah cara ampuh untuk mempromosikan video Anda karena jika pemirsa tertarik, mereka akan berkomentar atau menyebarkannya. Ketika video tersebar, artinya akan banyak orang yang melihat.

  • Iklankan video di jejaring sosial

Selain hanya mengupload video di akun pribadi atau fanspage jejaring sosial, Anda juga bisa beriklan di jejaring sosial tersebut. Misal, Anda bisa beriklan di Facebook untuk menyebarkan video ke pemirsa yang lebih jauh lagi. Maka, sudah seharusnya Anda tahu target yang dituju tentunya penggunaan bahasa serta ekspresi aktor di video juga akan membuat pemirsa lain bisa menikmati dan memahami pesan dari video promosi Anda.

  • Buat blog dengan fitur YouTube di pilihan menu

Langkah untuk mempromosikan video selanjutnya adalah dengan memasang fitur menu YouTube di blog atau situs yang Anda miliki. Buatlah situs blogspot atau wordpress misalnya. Dengan begitu, pengunjung situs Anda juga akan tertarik dengan koleksi video dari YouTube. Cara ini akan sangat ampuh jika Anda memiliki situs yang ramai akan pengunjung. Jika tidak, maka memang masih dipandang kurang efektif. Maka Anda bisa juga menghidupkan blog Anda.

Masih ada cara promosi lain seperti membuat kaos dengan alamat akun YouTube Anda, membuat playlist yang berisi kumpulan video Anda dan lain-lain. Beberapa cara diatas tentunya akan sangat bermanfaat ketika Anda akan memulai membuat iklan produk Anda melalui YouTube. Apakah Anda membutuhkan kredit mikro atau tidak untuk membuat video, hal ini terserah Anda. Ingat, ada beberapa poin penting yang tidak boleh dilewatkan yakni konten dan visualisasi. Konten atau isi video harus menarik begitu juga tayangan visual seperti sudah dijelaskan sebelumnya.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

  1. Ya sangat setuju, promosi pakai video itu lebih menarik dan lebih keren. Coba saja upload video anda ke media sosial facebook, twiter, istagram, youtube bisa menarik calon pembeli 90% lebih tepat sasaran!. Ga usah pusing mikir cara bikinnya bro, pakai aja template powerpoint, anda cuman edit text, foto, export ke format mp4 semua jadi beres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.