Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Cara Memanfaatkan Snapchat Untuk Promosi Bisnis

Cara Memanfaatkan Snapchat Untuk Promosi Bisnis

·
3 menit

Saat ini jaman telah berganti menuju era digital dimana seluruh kegiatan dilakukan dengan menggunakan teknologi atau secara online. Hal itupun berlaku untuk bisnis. Sekarang ini bisnis telah menjelma sebagai strategi investasi paling menarik dan menguntungkan. Jika dahulu Anda melihat bentu prpmosi bisnis menggunakan pamflet, koran, radio atau spanduk, namun kini bisnis dapat dilihat melalui sistem online menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial ini merupakan bentuk promosi yang paling mudah, tepat, praktis, efisien namun sangat menguntungkan. Setiap tahunnya atau bahkan kurang dari setahun, berbagai macam jenis media sosial muncul dengan fitur unggulannya masing-masing mulai seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram dan sebagainya. Seluruh media sosial ini bukan hanya digunakan untuk pribadi melainkan juga untuk berbisnis. Bahkan yang terbaru, banyak orang menggunakan aplikasi media sosial bernama Snapchat. Banyak anak muda di Indonesia mengakses aplikasi ini dan semakin terkenal.

Keberadaannya bahkan mulai menggeser berbagai macam media sosial lainnya. Tak hanya masyarakat saja yang menggunakannya bahkan selebriti maupun orang-orang dengan profesi khusus pun memakai Snapchat. Kebanyakan video yang digunakan untuk membuat Snapchat demi mempromsikan bisnis mereka. Namun tak sedikit pebisnis yang kebingungan tentang bagaimana caranya mereka akan membuat video marketing maupun bentuk iklan promosi yang menguntungkan? Cobalah untuk mengakses menggunakan live event. Snapchat dapat memberikan akses langsung untuk beberapa live event dan digunakan sebagai sosial media marketing real time. Sebagai contoh Anda dapat menggunakannya untuk launching produk baru yang Anda ciptakan, trade show, perayaan ketika Anda telah memperoleh 100 atau 1000 pelanggan setia pada online shop Anda bahkan acara lainnya dengan skala yang lebih kecil. Maka gunakan Snapchat dengan membuat video pendek agar Anda mampu menjaring minat para konsumen lain bergabung dengan aplikasi milik Anda.

Selain itu, bentuk promosi lainnya yang dapat Anda gunakan dengan konten Snapchat adalah menyebarkan konten-konten yang sifatnya lebih privat atau pribadi pada pengguna situs Snapchat milik Anda. Sebarkan konten yang sifatnya unik dan mampu memberikan sebuah efek kejutan. Konten ini sangat efektif untuk menjaring minat konsumen lebih banyak dimana mereka bisa langsung melihat promo apa yang Anda buat seperti menampilkan beberapa video mengenai cara pemakaian produk maupun demosntrasi lainnya. Buatlah sebuah mini tutorial dalam Snapchat sehingga mampu dijadikan sebagai bentuk iklan singkat namun padat. Semua orang telah mengetahuinya jika Snapchat itu menampilkan video dalam durasi yang sangat singkat. Karena itulah, bentuk promosi harus dibuat dengan singkat namun mengena. Apabila Anda ingin masyarakat lebih mengetahui dan memahami produk yang Anda jual, maka cobalah untuk membuat video tutorial mini ketika hendak memasarkan produk dagangannya itu. Sebagai contoh Anda menjual produk-produk kecantikan atau perawatan tubuh, maka sebaiknya buatlah video mengenai hal itu.

Bisa cara menggunakan krim-krim kecantikan tertentu, cara membersihkan wajah yang benar dan sebagainya. Tentu saja Anda harus memotong durasinya atau hanya memperlihatkan bagian pentingnya. Sebagai contoh cara membersihkan wajah menggunakan produk perawatan yang dipilih. Maka Anda tidak perlu menunjukkan video mulai dari model memperagakan bagaimana dia mengikat rambut, mulai membersihkan dengan kapas hingga membasahinya. Anda cukup langsung memperlihatkan video mengenai model sedang menggunakan produk itu dan cara membersihkannya yang benar. Dengan demikian, para konsumen akan langsung memahami sekaligus menyadari inti dari produk yang Anda jual termasuk cara menggunakannya dengan tepat untuk hasil terbaik. Langkah berikutnya untuk dapat mempromosikan produk maupun jasa Anda adalah dengan menggunakan fitur sneak peak. Fitur ini merupakan cuplikan dari koleksi produk-produk terbaru. Caranya adalah Anda hanya perlu membagikan sebuah gambar maupun video dengan sedikit tulisan dan diberikan sedikit filter supaya tampilan menarik.

Dengan demikian, konsumen pun akan semakin tertarik untuk mencoba dan mendalami aplikasi Anda untuk mencari produk serupa. Anda juga bisa membuat video yang menunjukkan cara kerja atau cara pembuatan produk atau yang disebut dengan behind the scene. Sebagai contoh Anda memproduksi produk kecantikan menggunakan bahan-bahan alami tanpa kimia, maka sebaiknya Anda buat sedikit cuplikan video mengenai pembuatan produk itu yang benar-benar menggunakan bahan alami. Dengan menerapkan cara itu, maka hal yang tepat bila memilih bisnis sebagai strategi invetasi masa depan yang menguntungkan sekaligus mampu dijadikan sebagai tabungan masa depan.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat