Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Apa Itu Mutasi Rekening dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Apa Itu Mutasi Rekening dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

·
4 menit
cara mendapatkan data mutasi rekening bank

Untuk kamu yang baru saja mencoba menabung di bank bisa jadi masih bingung dengan beberapa istilah di perbankan.

Kamu mungkin berpikir menabung di bank ya tinggal menabung dan ambil uang saja. Padahal setiap bank yang ada di Indonesia setidaknya memberikan pelayanan yang banyak.

Salah satu istilah di dalam perbankan yang sangat sering digunakan oleh nasabahnya adalah mutasi rekening bank.

Mutasi rekening bank merupakan salah satu catatan, riwayat, history dari transaksi yang terjadi di sebuah rekening, bisa berupa aliran dana yang masuk ke rekening atau dana yang keluar dari rekening.

Jadi pada saat kamu melakukan transaksi pengambilan uang tabungan maka otomatis mutasi debet rekening saldo tabungan akan tercatat dan tabungan berkurang.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, ketika kamu menabung atau kamu mendapatkan transferan yang masuk ke rekening maka akan terjadi mutasi kredit yang artinya saldo di dalam tabungan kamu akan bertambah.

Kegunaan Mutasi Rekening Bank

Secara umum ada beberapa kegunaan dari mutasi rekening bank diantaranya:

  • Untuk pemilik rekening pribadi, mutasi rekening digunakan sebagai salah satu alat untuk mengontrol semua transaksi yang sudah dilakukan selama masa periode tertentu untuk dana yang masuk atau dana yang sudah keluar.
    Semua aktivitas ini bisa didapatkan dengan melihat mutasi rekening bank dengan bentuk laporan digital ataupun cetak.
  • Untuk pemilik bisnis, mutasi rekening bank menjadi salah satu fasilitas yang sangat membantu untuk kelancaran bisnis karena kamu bisa melihat mutasi pembayaran yang dilakukan menggunakan transfer bank.
    Selain itu, melihat mutasi rekening bank ini juga sebenarnya menjadi salah satu alat keamanan untuk kamu bisa mengetahui transaksi yang mungkin dilakukan oleh pihak lain yang tidak kamu ketahui.

Cara Mendapatkan Mutasi Rekening Bank

Dengan melihat kegunaan dari mutasi rekening bank yang cukup banyak juga, mungkin kamu mulai berpikir untuk mulai mencoba mengetahui aktivitas apa saja yang pernah kamu lakukan di rekening dalam beberapa waktu terakhir.

Nah jika kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan mutasi rekening bank kamu maka sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Mendatangi Teller Bank

Untuk kamu yang ingin melakukan proses cek mutasi rekening bank, salah satu cara untuk mendapatkannya kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang bank terdekat dari rekening milik kamu.

Salah satu syaratnya adalah kamu harus membawa buku tabungan rekening dan juga kartu identitas.

Setelah kamu mengantre ke teller bank, maka kamu bisa menyampaikan keinginan untuk melakukan proses cetak buku tabungan atau untuk cetak mutasi rekening bank kamu.

Selanjutnya kamu tinggal menunggu hingga prosesnya selesai. Maka selanjutnya semua transaksi sesuai periode tertentu bisa kamu dapatkan di buku tabungan. Tinggal kamu melakukan pengecekan. Maka Prosesnya sudah selesai.

Melakukan Pengecekan di Mesin ATM

Cara untuk mendapatkan mutasi rekening bank yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan melalui mesin ATM.

Cara ini sangat mudah untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu pergi ke ATM terdekat sesuai rekening bank kamu, jangan lupa untuk membawa kartu ATM dan masukkan ATM seperti biasanya.

Selanjutnya kamu bisa masuk ke menu mutasi rekening dan kamu bisa menunggu prosesnya. Selanjutnya struk yang berisikan transaksi terakhir kamu akan keluar.

Di dalam struk ini nantinya akan ada terlihat beberapa kode, untuk kode D(Debit) atau uang yang masuk.

Sedangkan untuk kode K(Kredit) atau untuk uang yang keluar. Setelah selesai maka kamu bisa keluar dari sistem dan jangan lupa untuk mengambil ATM kamu.

Hanya saja yang harus kamu ingin, untuk pengecekan mutasi rekening bank dengan menggunakan ATM biasanya hanya bisa dilakukan setidaknya untuk mengecek 5 transaksi terakhir kamu saja.

Sehingga jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak data bisa ke langsung ke kantor cabang bank terdekat.

Melalui SMS Banking

Cara lain yang kamu bisa lakukan untuk mendapatkan mutasi rekening bank adalah dengan menggunakan fasilitas SMS banking.

Cara dan akses kode dari setiap rekening bank masing – masing akan berbeda. Namun cara ini bisa kamu lakukan untuk melakukan proses pengecekan mutasi rekening bank dimanapun dan kapanpun.

Walaupun cara ini sangat sederhana namun proses pengecekan mutasi rekening bank dengan menggunakan SMS banking juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah ada beberapa bank yang hanya membatasi 4 transaksi terakhir saja.

Selain itu, setiap transaksi pengecekan mutasi rekening bank kamu juga akan dikenakan biaya pulsa yang akan dikenakan berbeda dari setiap bank.

Memanfaatkan Aplikasi Mobile Banking

Cara lain yang dianggap lebih mudah dibandingkan dengan SMS Banking adalah dengan menggunakan aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh bank dari rekening kamu.

Kamu bisa mendownload aplikasi bank kamu di Playstore untuk yang menggunakan android atau bisa Download di App Store untuk kamu pengguna iPhone.

Cara yang bisa kamu lakukan juga sangat mudah, kamu tinggal login ke aplikasi mobile banking dan bisa memilih menu di aplikasi mutasi rekening bank untuk melihat informasi mutasi bank.

Kemudahan menggunakan aplikasi ini adalah kamu bisa melihatnya kapanpun dan dimanapun hanya dengan menggunakan ponsel selama memiliki jaringan internet.

Hanya saja ada beberapa bank yang mengenakan biaya potongan pulsa untuk pengguna yang menggunakan layanan ini.

Karena informasi untuk mutasi biasanya masih masuk melalui SMS. Namun semuanya tetap saja tergantung dengan peraturan dari masing – masing bank.

Dengan Internet Banking

Untuk cara mendapatkan mutasi rekening bank dengan menggunakan internet banking sebenarnya hampir sama dengan mobile banking.

Kamu bisa masuk ke aplikasi yang kamu dapatkan di Playstore atau di App Store. Selanjutnya kamu bisa login dan pilih menu mutasi rekening.

Agak berbeda dengan mobile banking, ketika kamu ingin mendapatkan mutasi rekening dari internet banking maka kamu hanya memerlukan internet saja dan tidak akan memotong pulsa.

Untuk internet banking ini sendiri kamu bisa menggunakannya di smartphone yang sudah terinstal mobile banking, atau ada beberapa juga yang bisa diakses dengan menggunakan browser di ponsel atau PC kamu.

Untuk pengecekan mutasi mobile banking dan juga internet banking biasanya bisa diproses dengan data yang diambil kisaran 3 bulan hingga 6 bulan terakhir tentu saja ini tergantung dengan kebijakan dari bank.

Namun dari semuanya, Internet banking menjadi banyak pilihan beberapa nasabah saat ini karena cara mendapatkan rekening bank dengan cara ini dianggap sangat mudah dan efisien. Karena kamu bisa melakukan proses pengecekan dimanapun dan kapanpun kamu inginkan.

Kamu tidak perlu ke Bank untuk cetak rekening atau mutasi rekening bank, tidak perlu ke ATM untuk melihat mutasi dan tak perlu mengeluarkan dana pulsa menggunakan SMS banking untuk melihat mutasi.

Dengan layanan internet dari Smartphone, kamu sudah bisa melihat mutasi rekening dan transaksi yang terjadi dengan lebih mudah.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​