Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Cara Transfer Melalui Virtual Account Beda Bank Via ATM Maupun Via Mobile Banking

Cara Transfer Melalui Virtual Account Beda Bank Via ATM Maupun Via Mobile Banking

·
4 menit
Cara Transfer Melalui Virtual Account Beda Bank

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini turut memberikan pengaruh dalam segala aspek kehidupan, termasuk cara transfer melalui virtual account bank berbeda.

Salah satu aspeknya di bidang perdagangan. Saat melakukan transaksi pembelian, kamu dapat dengan mudah melakukannya melalui online.

Hal tersebut didukung dengan munculnya beragam e-commerce yang siap memanjakan kamu dalam kegiatan berbelanja dengan menggunakan aplikasi pada smartphone mu.

Kamu bisa mencari dan memilih produk yang diinginkan hanya dengan duduk bersantai tanpa perlu keluar rumah. Begitu juga dengan pembayarannya.

Dalam e-commerce, kamu akan menjumpai beberapa pilihan sistem pembayaran. Mulai dari transfer manual menggunakan uang cash hingga aplikasi pembayaran.

Transfer manual dengan uang cash mungkin terdengar kurang praktis. Atau kamu dapat memilih fitur transfer ATM, e-banking atau m-banking.

Kamu juga dapat menggunakan layanan aplikasi yang kini sudah banyak tersedia dan sudah sering kamu temui di pusat-pusat perbelanjaan tentunya.

Tidak sedikit yang memilih menggunakan aplikasi pembayaran karena lebih mudah dan praktis. Mungkin kamu juga termasuk yang menggunakan virtual account.

Tentunya istilah virtual account sudah familiar untuk kamu yang gemar berbelanja online. Bagaimana tidak? Kamu tidak perlu bingung saat membayar.

Cara transfer melalui virtual account beda bank memudahkan kamu melakukan pembayaran baik melalui mesin ATM, internet banking maupun mobile banking.

Namun, perlu kamu perhatikan karena pembayaran lewat virtual account ini membutuhkan nomor khusus. Jadi apa sebenarnya virtual account?

Penjelasan Singkat Virtual Account

Mungkin ada sebagian dari Kamu yang belum mengerti tentang virtual account. Seperti namanya, virtual, termasuk rekening yang tidak nyata.

Bagaimana maksudnya? Ya, virtual account merupakan sebuah akun sementara digunakan untuk melakukan transaksi atas nama akun fisik yang nyata.

Jadi, setiap bisnis dapat menerima pembayaran lewat transfer bank tanpa perlu mempunyai atau membuka rekening khusus di tiap bank.

Satu rekening bank yang kamu miliki dapat dibagi menjadi beberapa jumlah akun virtual, dimana Bank akan membuat nomer ID pelanggan.

Di dalam akun virtual terdapat fitur nomor, saldo akun virtual dan juga laporan transaksi.

Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Manual

Ada perbedaan antara cara transfer melalui virtual account ke bank berbeda dengan transfer manual. Perbedaan yang jelas terlihat adalah pada konfirmasinya.

Jika kamu sudah berhasil melakukan transfer manual maka bukti transfer harus kamu kirim ke pihak yang bersangkutan.

Bukti transfer bisa berupa kertas struk dari ATM dimana kamu melakukan pembayaran atau bisa juga menggunakan screen capture e-banking.

Tetapi jika melakukan transaksi pembayaran lewat virtual account, kamu hanya perlu melakukan pembayaran sesuai nominal invoice yang telah ditagihkan.

Setiap konsumen nantinya akan mendapatkan nomor virtual account yang berbeda-beda dalam setiap proses transaksi. Pembayaran jadi efisien, bukan?

Jadi, kamu tidak perlu repot mengirimkan konfirmasi bukti pembayaran. Karena setiap transaksi yang masuk ke VA (Virtual Account) otomatis dibukukan sistem bank.

Jenis Virtual Account

Mungkin kamu mengira jika virtual account hanya terdiri dari satu jenis. Ada dua jenis virtual account yang perlu kamu ketahui.

Fixed Virtual Account

Jenis-jenis virtual account terdiri dari fixed virtual account dan non-fixed virtual account. Lantas, apa beda dari keduanya?

Yang pertama adalah fixed virtual account. Uniknya, nomor akun virtual jenis ini bisa ditentukan sendiri oleh pelanggan.

Bagi kamu pengguna e-wallet mungkin sudah tahu tentang fixed virtual account ini. Kamu akan menggunakan nomor ponsel sebagai akun virtual.

Kelebihan dari fixed virtual account ini adalah kamu bisa melakukan transfer ke akun e-wallet lain di atas jumlah minimum.

Non-Fixed Virtual Account

Yang kedua adalah non-fixed virtual account. Untuk nomor akun virtual jenis ini diperoleh secara acak. Penggunaannya hanya berlaku satu kali.

Saat akan melakukan transaksi pembayaran, kamu akan memilih pilihan akun virtual bank khusus. Selanjutnya akan diberi nomor VA untuk transfer.

Cara Kerja Virtual Account

Keunggulan yang ada dari virtual account memang dapat dengan mudah mengidentifikasi pembayaran. Seperti contohnya saat akan melakukan tiga pembayaran.

Pembayaran tersebut sebesar Rp 100.000. Kamu akan diberi nomor rekening unik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran.

Karena satu akun virtual dari pihak merchant dapat digunakan secara instan untuk transaksi. Tiap nomor VA akan disambungkan ke invoice.

Setelah kamu sukses membayar lewat VA maka merchant akan menerima konfirmasi dan mengidentifikasi transaksi yang telah berlangsung.

Pembayaran Virtual Account Menggunakan ATM

Menggunakan metode pembayaran virtual account adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, kamu turut memanfaatkan perkembangan dunia digital.

Membayar menggunakan virtual account juga lebih terjamin keamanannya karena sifatnya yang personal. Bagaimana cara transfer melalui virtual account beda bank?

Untuk melakukan pembayaran melalui virtual account, kamu bisa memanfaatkan layanan fasilitas ATM, e-banking dan m-banking.

Jika kamu ingin membayar lewat fasilitas ATM, caranya cukup mudah:

  • Masukkan kartu dan 6 digit pin ATM.
  • Selanjutnya pilih Transaksi Lainnya dan pilih Transfer kemudian Antar Bank Online.
  • Masukkan Kode Bank dan Nomor VA Tujuan.
  • Pastikan nominal yang dimasukkan sudah Benar dan pilih OK atau YES.

Dan transaksi pembayaran sudah berhasil. Mudah, bukan?

Pembayaran Virtual Account Menggunakan Mobile Banking

Selanjutnya cara transfer melalui virtual account beda bank menggunakan mobile banking. Sebenarnya cara pembayarannya pun tidak jauh berbeda dengan ATM.

Untuk melakukan pembayaran menggunakan m-banking bisa saja berbeda tergantung dengan jenis m-banking tiap bank.

Contohnya menggunakan aplikasi Mandiri Online:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Mandiri Online yang ada di smartphone. Lanjut masukkan nama, kata sandi dan login.
  • Pada bagian menu utama pilih Transfer dan pilih Bank Lain Dalam Negeri. Selanjutnya masukkan Kode Bank dan Nomor Virtual Account.
  • Masukkan jumlah nominal yang akan kamu kirim. Pastikan kembali nominal yang kamu masukkan sudah sesuai tidak kurang tidak lebih.
  • Jika sudah yakin, pilih Kirim dan masukkan MPIN. Dan transaksi cara transfer melalui virtual account beda bank telah berhasil.

Tentunya pilihan menu dari setiap mobile banking masing-masing berbeda. Kamu cukup menyesuaikan dengan aplikasi m-banking dari bank kamu sendiri.

Kurang lebih langkah-langkahnya sama hanya sama nama menu yang mungkin sedikit berbeda.

Manfaat Virtual Account Dalam Proses Pembayaran

Ada manfaat yang bisa kamu dapatkan membayar menggunakan virtual account. Tidak hanya praktis dan efisien tapi ada manfaat lainnya.

Dengan virtual account, dana yang telah ditransfer bisa langsung masuk ke rekening bisnis. Tentunya ini cocok bagi pemilik bisnis.

Kamu tidak perlu lagi mengecek secara manual transaksi yang sudah masuk. Karena kamu tinggal mengunduh riwayat transaksinya saja.

Selain itu, virtual account terbilang aman. Kamu tidak perlu meminta orang untuk mengirimkan bukti transfer karena sudah ada verifikasi otomatis.

Yang pasti kamu bisa lebih menghemat waktu jika menggunakan cara transfer melalui virtual account beda bank.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat