Menjadi orang tua merupakan anugerah yang paling besar untuk kita karena anak merupakan investasi bagi orang tua. Karena itu jangan sampai kesempatan itu hilang begitu saja. Menjadi orang tua berarti kita wajib untuk membesarkan dan mendidik anak-anak yang dipercayakan oleh Tuhan kepada kita sampai mereka tumbuh dewasa dan bisa mandiri. Dalam hal ini biasanya sampai anak-anak menikah lalu baru orang tua akan melepas kewajiban tersebut. Salah satu kewajiban sebagai orang tua adalah menyekolahkan anak-anaknya sampai ke jenjang yang tertinggi. Dan ini adalah mutlak untuk kita lakukan. Dengan menyekolahkan buah hati maka kita secara tidak langsung akan mendukungnya untuk mendapatkan masa depan yang baik untuk bekal hidupnya kelak. Apalagi di jaman yang seperti ini, pendidikan adalah nomer satu.

Setiap jenjang pendidikan tentu saja membutuhkan biaya dan semuanya tidaklah sedikit. Semakin berkualitas sebuah sekolah atau tempat pendidikan maka biaya masuknya akan semakin besar. Sampai pada jenjang yang paling tinggi yaitu Perguruan Tinggi atau Universitas dimana menjadi jenjang pendidikan terakhir sebelum akhirnya nanti buah hati kita akan melanjutkan pada tahapan kehidupan yang sebenarnya yaitu bekerja. Untuk Anda yang ingin meringankan beban saat pembayaran biaya kuliah nanti yang pastinya akan semakin besar, maka diperlukan persiapan jangka panjang sedini mungkin bahkan kalau bisa sejak si kecil belum lahir semua sudah Anda siapkan.

Tidak ada cara lain untuk mempersiapkan biaya sekolah dan kuliah anak-anak selain dengan cara menabung dan investasi sedini mungkin. Hal ini terkadang mengecoh para orang tua yang menganggap masa kuliah masih cukup lama, padahal waktu berjalan dengan sangat cepat dan biaya sekolah mengalami kenaikan minimal 10% setiap tahunnya. Untuk itu perhitungan dan perencanaan keuangan yang matang sangat diperlukan. Jangan sampai kita sebagai orang tua harus membebankan biaya sekolah kepada anak-anak yang saat itu seharusnya mereka memiliki kewajiban untuk belajar.

Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin melakukan persiapan untuk biaya kuliah buah hati:

  • Lihat kondisi keuangan Anda, apakah Anda sudah mempunyai banyak asset yang cukup untuk membuat Anda menabung bisa ditunda? Jika belum maka sekaranglah saatnya, jangan Anda mundur lagi.
  • Hitung berapa besaran biaya pendidikan buah hati Anda. Hitung biaya mulai dari saat ini dan sesuaikan berapa usia  buah hati Anda sekarang. Biaya pendidikan di Indonesia mencakup banyak hal seperti biaya buku, biaya seragam, biaya SPP bulanan, biaya ekstra kulikuler, biaya les tambahan, biaya uang gedung, biaya pendaftaran. Dll yang semuanya mengalami peningkatan 10% per tahun dan inflasi rata-rata 15% per tahun.
  • Pilih cerdas dalam investasi yang akan Anda ambil, Rata-rata banyak orang tua yang panik lalu kemudian buru-buru dalam membeli polis asuransi pendidikan untuk buah hati mereka padahal tidak semua asuransi menguntungkan dan berkembang pesat. Beberapa jenis investasi yang sudah pasti menguntungkan adalah property seperti tanah dan bangunan dan juga emas karena harganya setiap tahun selalu mengalami kenaikan pesat.
  • Jika Anda ingin memanfaatkan tabungan pendidikan maka pilihlah di bank yang aman yang sudah jelas track recordnya seperti bank pemerintah atau bank swasta yang memiliki group yang besar sehingga jika terjadi sesuatu pada bank tersebut dana yang sudah Anda simpan disana akan tetap aman.
  • Hindari menabung dalam bentuk uang cash karena selain nilai uang yang terus turun juga karena sifat dasar manusia yang sering dan mudah tergoda untuk membelanjakan uang tersebut. Kalaupun Anda ingin menabung dengan bentuk uang cash, simpanlah uang di dalam rekening yang tidak ada ATM nya atau Anda bisa membuat ATM dan selalu menyimpannya di rumah di tempat yang aman sehingga Anda tidak mudah tergoda untuk menggunakan uang tersebut.

Beberapa cara diatas adalah bagaimana cara kita mengumpulkan dana untuk mempersiapkan biaya kuliah bagi buah hati tercinta. Jika mereka bisa sekolah dan kuliah dengan tenang maka semoga masa depannya juga bisa lebih baik. Namun, sebagai orang tua kita tidak hanya wajib membiayai semua keperluan sekolahnya melainkan berkewajiban untuk memberikan pendampingan emosional setiap saat mereka membutuhkan kita orang tuanya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.