Trik Pemasaran Yang Membuat Calon Pembeli Tidak Berpikir 2 Kali

Trik Pemasaran

Trik pemasaran dan menjadikan barang yang akan dibeli seolah-olah langka menimbulkan rasa kekurangan dan membuat kita lupa untuk berpikir rasional.

Inilah yang disadari oleh pemasar saat ini dan mereka memanfaatkan kelemahan tersebut untuk menjual lebih banyak barang.

Trik pemasaran yang membuat barang seolah-olah langka membuat kamu takut akan kehilangan sesuatu yang diinginkan.

Terlebih bagi mereka yang memiliki sifat FOMO (Fear Of Missing Out) atau yang dikenal dengan sifat tidak ingin ketinggalan sesuatu yang sedang tren.


5 Trik Pemasaran yang Dilakukan

Persediaan Sangat Terbatas

Kamu pasti pernah melihat iklan yang memerikan catatan “penawaran terbatas”, kan?

Hal ini merupakans strategi pemasaran yang bertujuan untuk meyakinkan calon pembeli agar membeli produk tanpa harus banyak berpikir.

Kata terbatas yang yang ditampilkan membuat calon pembeli merasa resah dan takut kehilangan kesempatan membeli produk tersebut.

Baca Juga: 3 Fase Pembelian

Masa Penawaran yang Terbatas

Tidak hanya persediaan saja yang dibuat terbatas, tetapi juga masa penawaran barang akan memiliki rentang waktu tertentu untuk didapatkan.

Jika kamu tidak memanfaatkannya dengan baik, maka kamu tidak akan bisa mendapatkan barang tersebut.

Trik pemasaran seperti ini sering digunakan oleh pengusaha properti dan beberapa kalimat promosi andalannya adalah:

  • “Pesan Sekarang, Bulan Depan Harga Naik!”
  • “Jumlah Unit Terbatas”
  • “Buruan Pesan, Tersisa Hanya 3 Unit!”

Kalimat promosi yang terkesan “mendesak” tersebut mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi mereka yang memang tidak minat untuk membeli, namun kalimat-kalimat tersebut sangat ampuh untuk mereka yang sedang dilanda kebimbangan antara beli atau tidak.

Selain bisnis properti, strategi seperti ini juga sudah sering dilakukan di toko online dan biasanya dikenal dengan istilah flash sale.

Baca Juga: 15+ Strategi Promosi Ampuh untuk Bisnismu

Hanya Untuk Anggota

Strategi selanjutnya adalah penjualan barang yang dikhususkan untuk anggota toko atau produk tersebut.

Selain membuat calon pembeli berbondong-bondong mendaftar menjadi anggota tapi juga membuat para calon pembeli merasa diistimewakan.

Mereka akan beranggapan bahwa mereka merupakan segelintir orang yang paling beruntung yang memiliki kesempatan untuk membeli produk tersebut.

Dikhususkan Untuk Metode Pembayaran Tertentu

Strategi pemasaran yang satu ini seringkali digunakan oleh para promotor konser.

Biasanaya mereka akan bekerjasama dengan salah satu Bank dan kemudian memberikan keistimewaan terhadap nasabah Bank tersebut.

Sebagai contoh, promotor akan memberikan 2 tanggal pembelian yang berbeda.

Tanggal pertama merupakan tanggal pembelian Pre-Sales yang ditujukan untuk nasabah Bank Partner, artinya bagi mereka yang ingin mengikuti pembelian di periode ini maka mereka harus mendaftar untuk menjadi nasabah Bank tersebut terlebih dahulu.

Tanggal kedua merupakan tanggal pembelian General Sales atau penjualan yang dibuka untuk umum.

Di periode ini semua orang bisa membeli tiket dengan beragam metode pembayaran yang disediakan.

Memberikan Bonus Untuk Periode Tertentu

Trik pemasaran terakhir yang bisa dicoba adalah memberikan bonus atau hadiah kepada pembeli yang melakukan pembelian di periode tertentu.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan hadiah untuk mereka yang melakukan pembelian di 3 hari pertama produk tersebut diluncurkan.

Hal ini tentunya akan membuat para calon pembeli merasa harus membeli barang tersebut secepat mungkin atau mereka akan merasa dirugikan karena tidak akan mendapatkan bonus jika telah melewati masa promosi.

Terlebih lagi, hadiah yang ditawarkan merupakan hadiah yang dibuat khusus sehingga kesempatan untuk memiliki hadiah langka ini juga menjadi sangat terbatas.


Itulah 5 trik pemasaran yang bisa membuat para calon pembeli tidak berpikir 2 kali dalam memutuskan untuk membeli produk.

Di dalam dunia bisnis tentunya strategi-strategi seperti ini sangat penting untuk dicoba, karena nantinya kamu bisa melihat strategi mana yang paling tepat untuk bisnis kamu.

Apabila kamu ingin mengembangkan bisnis namun terkendala modal usaha, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dari KoinWorks, Lho!

Prosesnya cepat dan mudah hanya melalui aplikasi.

Yuk, download KoinWorks sekarang dan kembangkan bisnis bersama KoinWorks!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.