Apa Itu Opportunity Cost, Cara Hitung dan Contohnya Dalam Bisnis

opportunity cost - biaya peluang

Opportunity Cost adalah biaya yang timbul akibat hilangnya kesempatan dari pemenuhan suatu kebutuhan lain atau biasa disebut biaya peluang.

Secara konsep ekonomi, pelaku akan merelakan satu kesempatan untuk mengambil kesempatan lain, dengan menggunakan biaya tertentu.

Biasanya biaya ini muncul karena adanya sumber-sumber daya ekonomi yang terbatas, sehingga memaksa manusia untuk memilih hal sesuai kebutuhannya.

Biaya di sini, tidak hanya berhubungan dengan uang atau materi yang riil.

Sebagai contoh, kamu hanya memiliki uang Rp25,000, namun kamu dihadapi oleh pilihan membeli boba drink atau nasi ayam bakar. Uang yang kamu miliki terbatas, sehingga kamu harus memilih salah satu.

Akhirnya, kamu memilih untuk membeli nasi ayam bakar, dan kehilangan kesempatan untuk meminum boba drink.

Itulah contoh Opportunity Cost atau biaya peluang yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, bagaimana jika biaya ini diterapkan dalam berbisnis?


Contoh Opportunity Cost Dalam Bisnis

opportunity cost adalah - biaya peluang

Sebelumnya kamu perlu mengetahui dulu apa itu struktur modal.

Dalam dunia bisnis, struktur modal bisa diartikan sebagai perbandingan antara modal yang didapatkan dari utang jangka panjang maupun pendek, dengan modal sendiri seperti laba ditahan serta saham kepemilikan perusahaan.

Struktur modal melibatkan adanya pertukaran antara risiko dan pengembalian.

Adanya risiko lebih tinggi tinggi (dari utang) bisa menyebabkan saham perusahaan turun, tetapi ekspektasi adanya tingkat pengembalian lebih tinggi (modal bertambah) juga menaikkannya.

Hal ini menjadi penting, karena berkaitan langsung dengan finansial perusahaan.

Jadi, pastikan struktur modal optimal, dengan adanya keseimbangan antara risiko dan pengembalian.

Apa Hubungannya dengan Opportunity Cost?

Di sinilah Opportunity Cost memainkan peran peran krusial dalam menentukan sebuah struktur modal bisnis.

Sebagai contoh, ketika kamu mau memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis dari meminjam dana hingga 2 miliar dengan bunga rendah mulai 0,75% di KoinBisnis dari KoinWorks, atau mendapatkan suntikan ekuitas dari investor.

Kamu bisa gunakan analisa biaya peluang untuk mengetahui keputusan pertambahan modal yang tepat.

Ketika meminjam suatu modal usaha, tentu kamu harus melakukan pembayaran pinjaman yang mana di satu sisi, dana pembayaran tersebut bisa saja digunakan untuk investasi dan mendapatkan imbal hasil.

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memutuskan apakah ekspansi yang berasal dari  pinjaman ini akan menghasilkan keuntungan lebih besar daripada yang dapat dihasilkan melalui investasi.

Memang, opportunity cost atau biaya peluang adalah perhitungan yang berpandangan ke depan, aktual tingkat pengembalian hanya bisa diasumsikan.

Katakanlah mengambil poin kedua sebagai contoh, di mana perusahaan kehilangan kesempatan untuk memiliki peralatan produksi baru dan berinvestasi.

Jika perusahaan tersebut, melakukan investasi di pasar saham, lalu instrumen yang dipilih menurun nilainya, maka perusahaan bisa berakhir kehilangan uang daripada menikmati pengembalian yang diharapkan.

Maka dari itu, penting juga untuk membandingkan opsi-opsi investasi yang sekiranya risikonya sesuai dengan keadaan kamu.


Bagaimana Cara Menghitungnya?

Cara untuk menghitung biaya peluang atau opportunity cost hanyalah selisih antara pengembalian yang kamu harapkan dari setiap opsi.

dengan mengetahui cara menghitung opportunity cost bisnis bisa terhidar dari risiko dan meningkatkan keuntungan

Katakanlah, kamu memiliki opsi A, untuk mendanai di KoinP2P melalui KoinWorks, Super Financial App, dengan harapan dapat menghasilkan hasil imbal.

Opsi B adalah menginvestasikan kembali uang milikmu ke dalam bisnis, untuk membeli peralatan baru dengan harapan bahwa alat tersebut akan meningkatkan efisiensi produk, yang mengarah pada biaya operasional lebih rendah serta keuntungan lebih tinggi.

Asumsikan, imbal hasil yang kamu harapkan dari KoinP2P adalah 18% per tahun. Sedangkan, dengan alat produksi baru kamu mengharapkan bisnismu menghasilkan pengembalian sebesar 12% pada periode yang sama.

Biaya peluang ketika kamu memilih untuk membeli peralatan baru daripada mendanai adalah (18% – 12%), yang sama dengan 6%.

Dengan kata lain, jika kamu memilih untuk menginvestasikan kembali uang di bisnis ini, kamu harus merelakan peluang untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi.


Opportunity Cost vs. Sunk Cost
(Biaya Peluang vs Biaya Tertanam)

Sekarang, kamu bertemu dengan istilah lainnya yaitu Sunk Cost.

Sunk Cost yang dalam bahasa Indonesia berarti Biaya Tertanam adalah, biaya yang sudah dikeluarkan di masa lalu, atau biaya-biaya yang sudah dikeluarkan tetapi tidak mempengaruhi dasar pengambilan keputusan, karena biaya ini tak akan kembali.

Contoh Studi Kasus Sunk Cost

Sebagai contoh, kamu membeli alat produksi baru sebagai investasi dalam berbisnis, ternyata setalah digunakan selama 2 tahun, alat tersebut rusak, padahal ekspektasinya bisa digunakan hingga 4 tahun.

Biaya yang dikeluarkan saat membeli alat tersebut dulu adalah sunk cost, tidak bisa kembali dan kamu harus memperbaiki atau membeli alat baru.

Kalau digabungkan dengan biaya peluang, perbedaan dari keduanya adalah uang yang sudah dipakai dan potensi pengembalian yang diperoleh.

Katakanlah, jika kamu membeli alat produksi baru, namun ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasi, kesulitan keuangan bisa saja terjadi.

Maka dari itu, opportunity cost diperlukan agar keputusan yang kamu ambil tidak membawamu pada kerugian atau hangusnya modal yang sudah dileluarkan. Dalam hal ini, meminimalisir adanya sunk cost berlebih.

Itulah hal-hal yang bisa kamu ketahui tentang opportunity cost dan bagaimana kegunaannya dalam dunia bisnis.

Semoga dengan informasi ini, kamu sebagai pebisnis bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan, dan akhirnya mampu mencapai tujuan keuangan seperti yang diinginkan.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Referensi: 
Opportunity Cost
Biaya Peluang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.