Home » Blog » Daily » Ini 3 Alasan Asuransi Tetap Penting bagi Generasi Investasi

Ini 3 Alasan Asuransi Tetap Penting bagi Generasi Investasi

·
2 menit
Asuransi atau Investasi

Salah satu keunikan perilaku dan mindset keuangan anak muda generasi Z dan milenial adalah kegemaran mereka untuk berinvestasi sejak dini.

Sebuah riset global yang dilaksanakan Schroders terhadap lebih dari 25.000 investor di 32 negara mengungkap, mereka yang berusia antara 18 s/d 37 tahun (generasi Z dan milenial) menabung dan menginvestasikan hampir 16% dari pendapatan tahunan mereka.

Itu berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya yang cenderung memandang investasi sebagai strategi “sampingan” karena risikonya yang dinilai besar dan tidak aman, sehingga mereka lebih memilih untuk menabung dalam bentuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan sebagainya.

Riset yang sama mengungkap, mereka yang berusia 38 s/d 70 tahun (generasi X dan baby boomer) hanya menyisihkan sekitar 14-15% dari pendapatan mereka untuk menabung dan investasi.

Jadi, mana yang lebih penting, asuransi atau investasi?

Jawabannya, keduanya sama-sama penting karena berdampak positif terhadap pengaturan keuangan dan membentuk sistem manajemen risiko yang baik di kemudian hari.

Inilah 3 alasan mengapa anak muda penting memiliki asuransi sejak dini.


1. Memberi Perlindungan dan Ketenangan di Masa Depan

Asuransi, apapun jenisnya, bertujuan memberikan kita perlindungan dan meminimalisir risiko bangkrut/harus mengeluarkan banyak uang sekaligus ketika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan memiliki asuransi, ibaratnya, kamu menabung untuk mempersiapkan segala kemungkinan kecelakaan/sakit di kemudian hari. 

Katakanlah, pada umur 30 tahun, kamu mengalami sakit keras yang membuat kamu harus dioperasi atau diberikan perawatan medis yang cukup besar atau serius. Kamu perlu membayar setidaknya Rp50 juta untuk menyelesaikan segala proses tersebut.

Bila kamu tidak mempunyai asuransi kesehatan, maka, pada saat itu juga, kamu harus mengeluarkan uang Rp50 juta.

Tapi, bila kamu sudah memiliki asuransi, perusahaan asuransimu-lah yang akan menanggung biaya pengobatan itu. Itu juga belum termasuk dengan keuntungan-keuntungan lain yang bsia kamu dapatkan dari perusahaan asuransi. 

Kebutuhan darurat ini tak semuanya bisa dipenuhi dengan return investasi saja.

Salah satu kelemahan investasi adalah, jika kamu ingin mencairkan uang/modal pokokmu, dibutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa langsung masuk ke rekening atau ke kantongmu.

Sehingga, bila kebutuhanmu teramat mendesak, mengandalkan investasi sebagai satu-satunya pegangan bukanlah hal yang bijak.

2. Mengurangi Kemungkinan Berhutang 

Nah, ketika kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar di satu waktu, tetapi jumlah tabungan atau uang tunaimu tak mencukupi, otomatis, kamu berpotensi mengambil pinjaman atau berhutang.

Kemungkinan berhutang akan diminimalisir karena biaya tak terduga itu akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi dari premi yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Pencairan asuransi juga umumnya cepat bila kamu telah mengikuti prosedur. 

3. Premi Lebih Murah

Ketika kamu mendaftarkan dirimu di perusahaan asuransi, ada sejumlah uang yang harus kamu bayarkan setiap bulannya, atau disebut dengan premi.

Besar-kecil premi yang harus dibayarkan setiap orang ini berbeda, tergantung dengan kebijakan perusahaan yang memperhatikan keadaan-keadaanmu, seperti usia, pekerjaan, penyakit yang dimiliki, dan sebagainya.

Nah, bila kamu memiliki asuransi sejak muda, premi yang harus kamu bayarkan itu masih kecil ketimbang ketika kamu mendaftar saat sudah berumur. Itu karena anak muda dinilai memiliki risiko mengalami kematian atau sakit yang lebih rendah ketimbang orang yang lebih tua. 

Setelah paham pentingnya asuransi, tunggu apa lagi?

Yuk, segera daftarkan diri kamu dan beli asuransi di perusahaan pilihanmu. Enggak usah bingung beli di mana.

Ada Qoala, marketplace asuransi digital yang menyediakan berbagai layanan asuransi yang mudah dan terjangkau untuk semua orang.

Dari mulai asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, sampai smartphone, semuanya bisa kamu dapatkan dengan satu klik di smartphone-mu!  

Pakai layanan Qoala, belinya di KoinWorks Business Marketplace aja! Bisa lebih hemat jutaan rupiah, plus berhadiah menarik setiap transaksinya. 

Klik di sini dan dapatkan asuransi pilihanmu dengan harga lebih murah!

Selma Kirana
Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​