Mari Mengenal Saham Blue Chip di Bursa Efek Indonesia – Saham terdiri dari beberapa jenis. Jika dilihat dari nilai kapitalnya, maka akan terdapat saham yang dinamakan dengan Blue Chip.

Menurut New York Stock Exchange, definisi Blue Chip sendiri adalah saham dari perusahaan yang memiliki reputasi nasional dari sisi kualitas, kemampuan dan kehandalan untuk beroperasi yang menguntungkan dalam berbagai situasi ekonomi baik dengan keadaan baik maupun buruk.

Baca Juga: Tips Bermain Saham Untuk Jangka Panjang

Tentunya, keuntungan saham ini bisa lebih baik dari bunga deposito yang ditawarkan oleh bank. Deposito juga merupakan bentuk investasi yang sudah lazim dikenal.

Asal Mula Nama Saham Blue Chip

Kata Blue Chip sebarnya berasal dari game atau permainan poker. Di dalam permainan itu terdapat kepingan-kepingan dengan warna berbeda seperti biru, merah, putih. Pada umumnya, warna biru merupakan kepingan yang memiliki nilai paling besar.

Dari sinilah, Oliver Gingold di tahun 1923 atau 1924 memperkenalkan istiliah ini saat ia berada di bursa saham dan menyaksikan perdagangan saham saat itu.

Dari pergerakan perdagangan saham yang ia lihat, ia merasa tertarik dengan transaksi saham yang harganya cukup fantastis dengan nilai $200 – $250 untuk tiap lembarnya.

Baca Juga: Mengenal Saham-Saham Blue Chip Di BEI

Setelah itu, ia kembali ke kantor kemudian berkata kepada temannya untuk menuliskan blue chip stocks atau saham-saham kepingan biru. Dari situlah, istilah blue chips hingga saat ini terkenal dan digunakan oleh mereka yang bermain saham.

Saham Blue Chip di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Istilah saham Blue Chip ini bisa mengarah pada saham yang terpercaya karena nilai kapitalisasi yang besar. Menurut para ahli di bidang ini, saham Blue Chip dikatakan lebih aman untuk berinvestasi jika dibandingkan dengan jenis saham lain.

Selain dengan nama Blue Chip, jenis saham ini juga dikenal dengan istilah Big Caps atau juga dengan kata Saham Unggulan. Di BEI sendiri, saham ini merupakan saham dari perusahaan-perusahaan yang bisa menggerakkan IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan.

Baca Juga: Dari 5 Jenis Investasi Populer yang Ada di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

Saham Blue Chips dari perusahaan tersebut memiliki nilai fundamental yang sangat kuat dari segi finansial dan manajemen sehingga secara teratur perusahaan tersebut akan membagikan dividen dengan nilai yang cukup memuaskan. Ada beberapa contoh dari perusahaan yang kemudian terkategori memiliki saham Blue Chips di BEI yakni;

  • PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI)
  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF)\
  • PT Astra International,Tbk. (ASII)
  • PT Unilever, Tbk. (UNVR)

Total, ada 45 perusahaan yang bisa dikatakan memiliki saham Blue Chips yang ada di BEI yang selanjutnya dikenal dengan istilah index LQ45 dimana perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut akan dievaluasi secara berkala tiap enam bulan sekali. Setelah itu, perusahaan tersebut akan diberi peringkat atau benchmark.

Bagi mereka yang tertarik dengan saham yang memiliki nilai tinggi yang kemudian akan memberikan dividen secara teratur dengan nilai yang cukup besar, memang saham Blue Chip ini sangat menarik perhatian mereka dengan berbagai kelebihannya seperti tingkat resiko yang lebih kecil dikarenakan perusahaan yang terkategori memiliki saham Blue Chip memang perusahaan yang dijalankan dengan sistem manajemen yang professional sehingga para pemegang saham tidak akan khawatir dengan berbagai resiko investasi saham.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Hampir sama dengan investasi pada jenis bunga deposito dimana investor tidak akan khawatir dengan perubahan nilai ekonomi negara atau hal lainnya. Hal ini karena perusahaan yang memiliki saham Blue Chip sudah memiliki berbagai strategi yang teruji untuk menghadapi berbagai resiko.

Dari sini, banyak kemudian investor yang menilai bahwa saham Blue Chip walau harganya mahal nilai atau keuntungan yang didapat oleh investor sebanding dan secara teratur diberikan.

Tentunya, memang perusahaan dengan saham Blue Chip juga sudah memiliki investor yang secara rutin diberikan dividen. Saham Blue Chip bisa saja dibuka untuk dijual tapi juga tidak mengingat peminatnya memang cukup banyak walau harga yang ditawarkan cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lain.

Maksudnya, bisa dikatakan bahwa saham Blue Chip ini untuk investor yang memiliki dana yang sangat besar karena nilai atau harga saham tersebut juga besar. Mereka yang memiliki modal besar yang bisa bermain di saham Blue Chip ini.

Coba juga untuk berinvestasi peer to peer lending KoinWorks dengan EAR 19% dan bisa dimulai dari Rp 100.000. Investasikan uang Anda sekarang di KoinWorks.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.