Dari sekian banyak strategi investasi yang dilakukan oleh para investor, mungkin investasi jenis karya atau barang seni belum terlalu banyak diminati. Tapi, bukan berarti investasi barang seni tidak memberikan keuntungan. Pasalnya, investasi jenis ini sekarang sedang mendapat perhatian seiring banyaknya orang yang sadar dan ‘melek’ tentang keindahan dan nilai barang seni. Selain itu, nilai barang seni tidak hanya bisa dinikmati oleh para kolektor bahkan pebisnis menengah juga sudah mulai melirik investasi ini.

Tentu, ketika hendak memilih barang seni yang akan dijadikan instrumen investasi, Anda harus benar-benar memperhatikan beberapa hal berikut ini sehingga Anda bisa memilih barang seni yang tepat.

Tentukan barang seninya

Benar ada banyak barang seni yang bisa diambil dan dijadikan sebagai instrumen investasi. Anda harus menentukan barang seni apa saja yang kira-kira cocok untuk investasi. Tentu, pada poin ini Anda belum bisa mengambil satu atau dua jenis barang seni sebelum melihat poin yang lain di bawah. Tapi, paling tidak, dari poin ini Anda bisa melihat ketertarikannya pada barang seni mana. Pada umumnya, barang seni yang dijadikan instrumen investasi adalah sebagai berikut;

  • Lukisan
  • Guci
  • Mobil antik
  • Jam Kuno
  • Barang seni lainnya

Lihat budget

Alasan kenapa barang seni bisa menjadi nilai atau aset investasi yang cukup menggiurkan adalah karena harganya yang bisa mencapai angka fantastis. Oleh sebab itu, dibutuhkan cukup banyak modal untuk jenis atau barang seni tertentu yang akan dijadikan nilai investasi. Jika Anda benar-benar memahami hasil karya seni, maka tentunya Anda sadar benar harga barang seni yang ada di pameran. Maka, tentukan budget Anda terlebih dahulu sebelum memilih barang seni tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan budget.

Biaya perawatan

Hal berikutnya yang harus Anda pahami ketika akan memilih barang seni sebagai instrumen investasi adalah biaya perawatannya. Barang seni yang memiliki angka nominal sangat tinggi, harus dirawat secara benar. Bahkan, tidak jarang perawatannya harus dilakukan oleh orang-orang khusus serta menggunakan peralatan khusus sehingga keaslian, detail serta guratan pada setiap barang seni tetap terjaga keasliannya. Membersihkan dan merawat barang seni tidak semudah yang Anda bayangkan.

Biaya perawatan ini tidak hanya untuk satu kali perawatan melainkan untuk beberapa bahkan puluhan hingga ratusan kali. Jika satu kali perawatan bisa memakan budget yang besar, tentu tinggal dikalikan saja untuk menemukan total biaya perawatannya. Maka, jika Anda tidak memiliki cukup banyak budget, pilihlah barang seni yang mudah perawatannya seperti jam kuno atau guci. Mobil antik dan lukisan tentu dibutuhkan tenaga ahlinya.

Pilihlah barang seni sesuai dengan passion Anda

Tidak dipungkiri, Anda bisa menikmasi karya atau barang seni tertentu juga mau merawatnya secara telaten dikarenakan barang seni tersebut merupakan passion Anda. Berbeda ketika Anda hanya mengikuti trend untuk memilih barang seni atau hanya fokus pada hasil investasinya, maka Anda tidak bisa menikmati kebahagaiaan dan kepuasan tersendiri yang bisa ditemukan dari barang seni tersebut. Tentu sangat merugi jika memilih barang seni tidak yang tidak sesuai dengan passion Anda.

Pilih berdasarkan pembuatnya

Jenis investasi barang seni seperti lukisan, guci, jam kuno serta mobil antik tentunya akan memiliki nilai tersendiri sesuai dengan merek atau nama pembuatnya. Jika nama pembuatnya atau pelukisnya jika itu lukisan, merupakan nama yang terkenal, tentunya memiliki nilai tersendiri. Setiap nama atau merek memiliki sejarah serta kelebihan tersendiri oleh sebab itu perhatikanlah.

Pilih berdasarkan tahun

Tidak dipungkiri jika nilai barang seni yang sudah tua akan semakin tinggi. Dikatakan, semakin tua semakin berisi dan berarti, itulah barang seni. Oleh sebab itu, barang seni yang dibuat puluhan tahun yang lalu akan memiliki nilai seni serta investasi yang tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika Anda memilih barang seni baru, maka nilainya semakin tinggi di masa depan.

Dengan beberapa tips di atas, tentunya Anda sekarang jadi lebih tahu tentang strategi investasi barang seni. Selain beberapa point di atas, Anda juga bisa memilih barang seni dari nilai sejarahnya. Semakin suatu barang memiliki nilai sejarah, maka nilainya akan semakin tinggi. Jangan lupa untuk menghitung potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari strategi investasi lewat barang seni ini agar Anda lebih yakin ketika melakukannya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.