Pasti Sukses! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - membangun bisnis keluarga - cara ekspansi bisnis ke luar negeri

Pasti Bisa! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri – Jika kamu sampai pada artikel ini, kemungkinan kamu adalah seorang pengusaha yang ingin mengekspansi bisnisnya hingga luar negeri.

Kalau begitu, kamu tidak sendirian karena ada juga Anggun, yang sudah memulai usaha tas etnik selama 3 tahun.

Walaupun usianya masih muda, wanita ini tak pernah ragu untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang baru hingga produk buatannya tersebar luas di seluruh nusantara hingga menjelajah luar negeri.

Itulah, kemerdekaan finansial yang ingin ia capai di masa depan.

https://www.instagram.com/p/B1GhN-jAmg-/

Sebenarnya, mengekspansi bisnis hingga luar negeri bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, lho.

Banyak peluang yang bisa kamu gunakan, apalagi dengan mudahnya akses internet saat ini.

Memanfaatkan perkembangan teknologi, bisa menjadi cara ekspansi bisnis ke luar negeri.

Apalagi dengan adanya media sosial, kamu bisa mempromosikan produk kamu dan dilihat oleh setiap orang di seluruh dunia.

Memang, ekspansi bisnis menjadi salah satu tolak ukur akan kesuksesan sebuah bisnis.

Dengan bisa mengembangkan bisnisnya hingga international, berarti produknya fleksibel, punya kemampuan adaptasi yang tinggi dan tangkas bersaing dengan produk lainnya.

Lalu, apa saja cara ekspansi bisnis ke luar negeri yang bisa kamu terapkan? Berikut penjabarannya!


Pasti Bisa! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Memperoleh Pengetahuan Tentang Pasar

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Langkah Mendapatkan Karier Lebih Cemerlang - 5 Langkah Mengembangkan Karier agar Tidak Stagnan - cara ekspansi bisnis ke luar negeri

Jika kamu ingin berhasil dalam geografi baru,  kamu tentunya harus memiliki banyak pengetahuan dari tempat yang mau kamu tuju tersebut.

Inilah cara ekspansi bisnis ke luar negeri yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal.

Baca Juga: 3 Tahapan yang Harus kamu Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Hal yang bisa kamu lakukan antara lain, memahami nuansa bahasa lokal, persyaratan dan preferensi pelanggan, perbedaan budaya, dan peraturan yang berlaku di sana.

Dengan melakukan cara ini, kamu akan mampu jalankan operasi industri, lalu menyusun strategi terbaik agar bisnis bisa tumbuh serta berhasil di pasar baru.


Lakukan Pendekatan Pasar

Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis - 1- digital marketing

Setelah kamu sudah berhasil mengumpulkan semua informasi atau pengetahuan tentang pasar yang dipilih dan dituju, cara ekspansi bisnis ke luar negeri selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pendekatan pasar antara lain, menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya dan menganalisis kompetitor.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu akan mampu mengukur berapa banyak sumber daya yang harus diinvestasikan agar hasilnya optimal.

Baca Juga: Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia!

kamu juga perlu untuk mengidentifikasi dan memisahkan tantangan pasar. Setelah itu, pikirkan juga bagaimana mengubahnya jadi peluang.

Analisis mendalam seperti itu akan memungkinkan kamu untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan demografi dan target konsumen, sehingga pendapatan juga bisa maksimal nantinya.


Pilih Mitra yang Tepat

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Cara Mempelajari Keterampilan Baru Tanpa Menghabiskan Banyak Uang - Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas dan Kekuatan Mental? - 9 Cara Mempertajam Keterampilan Sosial, Terapkan Segera!

Jika ingin melakukan ekspansi ke luar negeri, kamu mungkin saja harus banyak mencari aliansi atau kemitraan lokal yang ada di tempat pasar tujuan kamu.

Cara ekspansi bisnis ke luar negeri ini akan meminimalkan risiko yang ada, selain itu juga sangat membantu untuk mendapatkan akses ke berbagai relasi lokal seperti, jaringan bisnis, produsen, hingga badan hukum.

Maka dari itu, cara ini jadi salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis di pasar baru nanti.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Ekspansi Bisnis Khusus untuk Para Womanpreneur

Mencari sebuah mitra yang cocok, memang memakan waktu yang tidak singkat.

Nah, setelah mendapatkan mitra, kamu harus pertimbangkan untuk membuat suatu tim terpisah yang bertugas mengelola regional dalam hal distribusi, logistik, perpajakan, keuangan dan hal pengelolaan bisnis lainnya.


Bangun Strategi GTM (Go-to-Market) yang Kuat

4 Cara Menghadapi Orang yang Ingin Menghentikan Ambisi kamu - Strategi Mempertahankan Bisnis

Strategi GTM ini dibuat agar bisnis kamu bisa lebih fokus pada pengiriman produk kepada pelanggan akhir.

Jika kamu ingin membuat strategi GTM yang unggul, kamu harus menetapkan target pasar terlebih dahulu, setelahnya lakukan penelitian tentang ukuran pasar, potensi perubahan dan dinamika internal.

Baca Juga: 3 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan oleh Pebisnis

Setelah hal-hal di atas kamu lakukan, mulailah untuk menganalisis pelanggan-pelanggan potensian serta strategi pelayanan yang baik bagi mereka.

Dengan begitu, kamu bisa membuat strategi tepat yang fokus dengan USP atau Unique Selling Point bisnis kamu dan membangun brand kepada target market.


Teliti dengan Peraturan Hukum 

Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan

Cara ekspansi bisnis ke luar negeri selanjutnya, kamu harus teliti dan memeriksa bagaimana peraturan dan hukum bisnis yang ada di negara tujuan.

Bukan tidak mungkin, nantinya kamu akan menghadapi tantangan dari peraturan hukum yang unik saat berekspansi ke negara lain.

Tentu saja, hal ini tak mungkin untuk diabaikan karena bisnis kamu harus mengikuti aturan kerja dari peraturan hukum di negara tujuan.

Baca Juga: Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan

kamu harus benar-benar menangani aspek-aspek penting, seperti undang-undang ketenagakerjaan yang berlalu, prosedur bisnis, praktik organisasi, sengketa, merek dagang, bea cukai dan lainnya.

Hal ini mungkin sangat kompleks dilakukan, dan biasanya akan ada banyak ahli-ahli yang bisa membantu kamu untuk melakukannya.

Carilah panduan ahli hukum yang berpengalaman dalam melakukan bidang bisnis di industri asing yang bertindak sebagai penghalang bisnis kamu.


Dari berbagai cara ekspansi bisnis ke luar negeri di atas, kamu sudah melakukan sampai dengan langkah yang mana?

Melakukan ekspansi bisnis selain memerlukan tenaga ekstra karena banyak prosedur yang harus kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga harus memiliki modal yang cukup banyak, karena untuk melakukan prosedur tersebut tentu saja perlu biaya seperti jasa ahli atau pengurusan hukum.

Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa stok produk aman, agar proses pendistribusiannya berjalan lancar.

Nah, tetapi jangan jadikan hal itu sebagai halangan, karena kalau kamu niat untuk melakukannya, semua pasti ada jalan.

Perihal prosedur yang harus dilakukan, kamu bisa menyewa jasa ahli untuk membantu kamu, sedangkan perihal modal, KoinBisnis dari KoinWorks bisa menjadi solusinya.

kamu bisa mendapatkan tambahan pinjaman modal usaha mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Yuk tonton video pengalaman seorang pebisnis yang berhasil melakukan ekspansi ke luar negeri dengan menjadi Peminjam dana di KoinWorks.

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.