Pasti Bisa! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri – Jika Anda sampai pada artikel ini, kemungkinan Anda adalah seorang pengusaha yang ingin mengekspansi bisnisnya hingga luar negeri.

Kalau begitu, Anda tidak sendirian karena ada juga Anggun, yang sudah memulai usaha tas etnik selama 3 tahun.

Walaupun usianya masih muda, wanita ini tak pernah ragu untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang baru hingga produk buatannya tersebar luas di seluruh nusantara hingga menjelajah luar negeri.

Itulah, kemerdekaan finansial yang ingin ia capai di masa depan.

Sebenarnya, mengekspansi bisnis hingga luar negeri bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, lho.

Banyak peluang yang bisa Anda gunakan, apalagi dengan mudahnya akses internet saat ini.

Memanfaatkan perkembangan teknologi, bisa menjadi cara ekspansi bisnis ke luar negeri.

Apalagi dengan adanya media sosial, Anda bisa mempromosikan produk Anda dan dilihat oleh setiap orang di seluruh dunia.

Memang, ekspansi bisnis menjadi salah satu tolak ukur akan kesuksesan sebuah bisnis.

Dengan bisa mengembangkan bisnisnya hingga international, berarti produknya fleksibel, punya kemampuan adaptasi yang tinggi dan tangkas bersaing dengan produk lainnya.

Lalu, apa saja cara ekspansi bisnis ke luar negeri yang bisa Anda terapkan? Berikut penjabarannya!


Pasti Bisa! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

1Memperoleh Pengetahuan Tentang Pasar

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Langkah Mendapatkan Karier Lebih Cemerlang - 5 Langkah Mengembangkan Karier agar Tidak Stagnan - cara ekspansi bisnis ke luar negeri

Jika Anda ingin berhasil dalam geografi baru,Ā  Anda tentunya harus memiliki banyak pengetahuan dari tempat yang mau Anda tuju tersebut.

Inilah cara ekspansi bisnis ke luar negeri yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal.

Baca Juga: 3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Hal yang bisa Anda lakukan antara lain, memahami nuansa bahasa lokal, persyaratan dan preferensi pelanggan, perbedaan budaya, dan peraturan yang berlaku di sana.

Dengan melakukan cara ini, Anda akan mampu jalankan operasi industri, lalu menyusun strategi terbaik agar bisnis bisa tumbuh serta berhasil di pasar baru.


2Lakukan Pendekatan Pasar

Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis - 1- digital marketing

Setelah Anda sudah berhasil mengumpulkan semua informasi atau pengetahuan tentang pasar yang dipilih dan dituju, cara ekspansi bisnis ke luar negeri selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pendekatan pasar antara lain, menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya dan menganalisis kompetitor.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan mampu mengukur berapa banyak sumber daya yang harus diinvestasikan agar hasilnya optimal.

Baca Juga: Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia!

Anda juga perlu untuk mengidentifikasi dan memisahkan tantangan pasar. Setelah itu, pikirkan juga bagaimana mengubahnya jadi peluang.

Analisis mendalam seperti itu akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan demografi dan target konsumen, sehingga pendapatan juga bisa maksimal nantinya.


3Pilih Mitra yang Tepat

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Cara Mempelajari Keterampilan Baru Tanpa Menghabiskan Banyak Uang - Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas dan Kekuatan Mental? - 9 Cara Mempertajam Keterampilan Sosial, Terapkan Segera!

Jika ingin melakukan ekspansi ke luar negeri, Anda mungkin saja harus banyak mencari aliansi atau kemitraan lokal yang ada di tempat pasar tujuan Anda.

Cara ekspansi bisnis ke luar negeri ini akan meminimalkan risiko yang ada, selain itu juga sangat membantu untuk mendapatkan akses ke berbagai relasi lokal seperti, jaringan bisnis, produsen, hingga badan hukum.

Maka dari itu, cara ini jadi salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis di pasar baru nanti.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Ekspansi Bisnis Khusus untuk Para Womanpreneur

Mencari sebuah mitra yang cocok, memang memakan waktu yang tidak singkat.

Nah, setelah mendapatkan mitra, Anda harus pertimbangkan untuk membuat suatu tim terpisah yang bertugas mengelola regional dalam hal distribusi, logistik, perpajakan, keuangan dan hal pengelolaan bisnis lainnya.


4Bangun Strategi GTM (Go-to-Market) yang Kuat

4 Cara Menghadapi Orang yang Ingin Menghentikan Ambisi Anda - Strategi Mempertahankan Bisnis

Strategi GTM ini dibuat agar bisnis Anda bisa lebih fokus pada pengiriman produk kepada pelanggan akhir.

Jika Anda ingin membuat strategi GTM yang unggul, Anda harus menetapkan target pasar terlebih dahulu, setelahnya lakukan penelitian tentang ukuran pasar, potensi perubahan dan dinamika internal.

Baca Juga: 3 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan oleh Pebisnis

Setelah hal-hal di atas Anda lakukan, mulailah untuk menganalisis pelanggan-pelanggan potensian serta strategi pelayanan yang baik bagi mereka.

Dengan begitu, Anda bisa membuat strategi tepat yang fokus dengan USP atau Unique Selling Point bisnis Anda dan membangun brand kepada target market.


5Teliti dengan Peraturan HukumĀ 

Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan

Cara ekspansi bisnis ke luar negeri selanjutnya, Anda harus teliti dan memeriksa bagaimana peraturan dan hukum bisnis yang ada di negara tujuan.

Bukan tidak mungkin, nantinya Anda akan menghadapi tantangan dari peraturan hukum yang unik saat berekspansi ke negara lain.

Tentu saja, hal ini tak mungkin untuk diabaikan karena bisnis Anda harus mengikuti aturan kerja dari peraturan hukum di negara tujuan.

Baca Juga: Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan

Anda harus benar-benar menangani aspek-aspek penting, seperti undang-undang ketenagakerjaan yang berlalu, prosedur bisnis, praktik organisasi, sengketa, merek dagang, bea cukai dan lainnya.

Hal ini mungkin sangat kompleks dilakukan, dan biasanya akan ada banyak ahli-ahli yang bisa membantu Anda untuk melakukannya.

Carilah panduan ahli hukum yang berpengalaman dalam melakukan bidang bisnis di industri asing yang bertindak sebagai penghalang bisnis Anda.


Dari berbagai cara ekspansi bisnis ke luar negeri di atas, Anda sudah melakukan sampai dengan langkah yang mana?

Melakukan ekspansi bisnis selain memerlukan tenaga ekstra karena banyak prosedur yang harus Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga harus memiliki modal yang cukup banyak, karena untuk melakukan prosedur tersebut tentu saja perlu biaya seperti jasa ahli atau pengurusan hukum.

Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa stok produk aman, agar proses pendistribusiannya berjalan lancar.

Nah, tetapi jangan jadikan hal itu sebagai halangan, karena kalau Anda niat untuk melakukannya, semua pasti ada jalan.

Perihal prosedur yang harus dilakukan, Anda bisa menyewa jasa ahli untuk membantu Anda, sedangkan perihal modal, KoinBisnis dari KoinWorks bisa menjadi solusinya.

Anda bisa mendapatkan tambahan pinjaman modal usaha mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Yuk tonton video pengalaman seorang pebisnis yang berhasil melakukan ekspansi ke luar negeri dengan menjadi Peminjam dana di KoinWorks.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.