Berapa Dana Pensiun Ideal yang Harus Dipersiapkan? Cari Tahu, Yuk!

dana pensiun ideal

Rencana pensiun, mulai dari waktu hingga jumlah dana pensiun harus dipersiapkan sedini mungkin. Lantas, berapa dana pensiun ideal yang harus dipersiapkan? Cari tahu, yuk!

Akan ada saatnya di mana kamu mulai menua dan tidak lagi produktif. Akan tetapi, kebutuhan hidup tetap harus dipenuhi, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga biaya kesehatan

Itulah mengapa kamu perlu mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin supaya masa pensiun menjadi lebih tenang dan nyaman.

Tapi, kira-kira berapa ya, dana pensiun ideal yang harus kamu persiapkan? 


Dana Pensiun Ideal yang Harus Dipersiapkan

Semakin banyak dana pensiun yang bisa kamu kumpulkan, maka akan semakin baik.

Pertanyaannya, seberapa banyak yang harus dikumpulkan?

Hal tersebut tergantung dari seperti apa gaya pensiun yang kamu dambakan. Apakah yang penting cukup hanya kebutuhan sehari-hari? Atau tidak?

Makanya, porsi ideal dana pensiun setiap orang berbeda-beda sesuai dengan biaya hidup dalam sebulan yang dibutuhkan selama masa pensiun. 

Tapi, supaya kamu lebih kebayang bagaimana cara menghitung dana pensiun yang kamu butuhkan, KoinWorks telah membuat simulasinya khusus buat kamu.

Berikut rinciannya.


Simulasi Perhitungan Dana Pensiun Ideal

Misalnya, terdapat tiga orang Sobat KoinWorks, sebut saja A, B, dan C.

Meskipun usia ketiganya tidak sama, mereka sama-sama akan pensiun di usia 60 tahun. Supaya lebih mudah memahami profil, pengeluaran bulanan, serta investasi mereka, simak tabel di bawah ini.

Usia saat ini Usia saat pensiun Pengeluaran wajib per bulan (saat ini) Investasi setiap bulan Target total dana pensiun
25 60 5.000.000 600.000 2.248.357.138
35 60 15.000.000 2.200.000 4.140.888.737
45 60 25.000.000 5.500.000 5.407.491.130

Perhitungan dana pensiun di atas dibuat dengan perkiraan usia hidup mereka 70 tahun, asumsi inflasi 5% untuk biaya pensiun, asumsi target investasi 12% per tahun, serta asumsi tidak ada tabungan pensiun untuk saat ini. 

Duh, ternyata total target dana pensiun yang harus kamu kumpulkan bisa sampai miliaran!

Akan tetapi, kamu jangan khawatir! Ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk mengumpulkan dana pensiun ideal yang kamu dambakan.

Berikut informasinya.


Tips Mengumpulkan Dana Pensiun

1. Kontrol Pengeluaran

Bagi kamu yang masih suka belanja konsumtif, coba deh mulai kurangi kebiasaan tersebut.

Karena, belanja konsumtif akan membuat biaya hidup membengkak tanpa kamu sadar. Kalau sudah begitu, bisa-bisa uang tabungan dana pensiun juga terpakai untuk belanja konsumtif. 

Sah-sah saja belanja, namun pastikan harus terencana supaya pengeluaranmu menjadi terkontrol. Misalnya, dengan mencatat daftar barang yang kamu butuhkan saat belanja bulanan.

Jadi, kamu akan lebih fokus mencari barang yang kamu butuhkan, bukan inginkan. 


2. Cari Penghasilan Tambahan

Jika kamu rasa pemasukanmu masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup apalagi mempersiapkan dana pensiun, itu artinya kamu perlu mencari pekerjaan sampingan guna menambah penghasilan.

Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion kamu, entah itu bisnis online, freelance, dan lain sebagainya. 

Nantinya, penghasilan tambahan tersebut bisa kamu alokasikan sebagian atau seluruhnya untuk memenuhi rekening pensiun kamu. 

Dana pensiun ideal yang kamu dambakan pun bisa semakin mudah untuk terwujud. 


3. Tidak Bergantung pada Uang Pensiun dari Kantor

Kamu mendapat uang pensiun dari kantor? Kalau iya, kamu patut bersyukur karena tidak semua perusahaan memberikan uang pensiun kepada karyawannya ketika sudah tidak mengabdi di perusahaan tersebut.

Dana tersebut otomatis akan meringankan finansialmu saat memasuki masa pensiun.

Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu tidak terlalu menggantungkan diri pada dana pensiun perusahaan. 

Mengapa?

Karena biasanya dana pensiun yang diberikan nominalnya bisa lebih kecil dari total penghasilan yang kamu terima saat masih produktif bekerja. 

Untuk itu, untuk mewujudkan dana pensiun ideal yang kamu dambakan, akan lebih baik jika kamu tetap menyisihkan gaji setiap bulan untuk tabungan dana pensiun supaya jumlahnya maksimal. 


4. Fokus pada Investasi Jangka Panjang

Berdasarkan jangka waktunya, investasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang. 

Jika tujuan investasimu adalah untuk mempersiapkan dana pensiun, artinya fokuslah pada instrumen investasi jangka panjang, seperti reksa dana, properti, emas, maupun saham. 

Layaknya peribahasa sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, investasi jangka panjang pun demikian lantaran keuntungan yang akan kamu peroleh bisa menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu. 


5. Terbuka dengan Peluang Baru

Terakhir, cobalah untuk terbuka dengan peluang baru. Artinya, jangan karena penghasilanmu sudah lebih dari cukup, kamu enggan untuk mengeksplor hal baru yang bisa memberimu penghasilan tambahan

Manfaatkanlah waktu di masa muda untuk memanfaatkan peluang baru, apalagi menghasilan uang. Lumayan kan bisa menambah rekening dana pensiun kamu?


Setelah membaca artikel ini, cobalah untuk membuat simulasi dana pensiun ideal versi kamu sendiri, ya!

Nah, bagi kamu yang baru mulai investasi, produk KoinRobo dari KoinWorks bisa jadi pilihan investasi kamu, lho.

Hanya dengan Rp100 ribu, kamu bisa melakukan pendanaan KoinRobo dengan sangat mudah dan menguntungkan, cocok buat kamu yang produktif karena terdapat fitur auto rollover

Yuk, mulai investasi!

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.