6 Alasan Mengapa Anda Perlu Memenuhi Kebutuhan Sendiri Terlebih Dahulu

4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

6 Alasan Mengapa Anda Perlu Memenuhi Kebutuhan Sendiri Terlebih Dahulu – Memenuhi kebutuhan sendiri terlebih dahulu artinya menyisihkan sebagian penghasilan yang dimiliki ke dalam tabungan atau investasi sebelum melakukannya untuk hal lain.

Jika sudah menabung dan berinvestasi, maka Anda bisa membayar tagihan bulanan, membeli pakaian baru, sampai menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Berikut ini 6 alasan yang menjelaskan mengapa sebaiknya Anda perlu membayar kebutuhan sendiri terlebih dahulu.

6 Alasan Mengapa Anda Perlu Memenuhi Kebutuhan Sendiri Terlebih Dahulu

Menetapkan Prioritas yang Tepat

7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru! (3) - Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini - 3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini - 5 Keputusan Kecil yang Bisa Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda Saat Ini - Ini Ramalan Keuangan Berdasarkan Shio pada Tahun Babi Tanah 2019

Anda harus memprioritaskan memenuhi kebutuhan di masa depan dengan berinvestasi agar bisa mencapai keamanan finansial dalam jangka panjang. Dibutuhkan niat, konsistensi, dan disiplin agar Anda bisa mencapai keamanan finansial.


Mudah Dilakukan

Seorang karyawan harus pandai mengelola keuangan. - 5 Hoax Soal Investasi yang Perlu Diabaikan Investor Pemula

Anda bisa melakukan pemotongan otomatis dari rekening gaji untuk ditransfer ke dalam rekening tabungan atau investasi. Hal ini tentu saja menjadi sebuah cara yang lebih mudah untuk dilakukan agar terbebas dari masalah keuangan.


Menggunakan Sisa

7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial - 5 Cara Cerdas Untuk Mengelola Risiko di Dalam Kehidupan

Keinginan untuk membeli sesuatu akan terus ada saat Anda telah memiliki penghasilan rutin.

Dengan membayar kebutuhan yang penting seperti simpanan dan investasi adalah cara terbaik untuk mendapatkan masa depan keuangan yang unggul. Sisa yang dimiliki barulah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. 


Membangun Disiplin

hemat uang

Membayar diri sendiri terlebih dahulu dengan cara mentransfer uang ke dalam investasi dan tabungan adalah sebuah disiplin yang akan menjadi kebiasaan baik.

Baca juga: 6 Faktor yang Bisa Membuat Anda Miskin Selamanya

Saat Anda melihat jumlah kekayaan Anda terus tumbuh, maka Anda jauh lebih mudah untuk mengurangi pengeluaran dan menabung lebih banyak lagi.


Siklus Keuangan yang Lebih Baik

pasangan - pernikahan - investasi - nabung - Berbicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya

Pernahkan Anda merasakan siklus kerja yang tidak berkesudahan karena melihat tabungan tidak pernah tersisa dan aset tidak pernah bertambah.

Dengan membayar diri sendiri terlebih dahulu, maka Anda telah menciptakan siklus keuangan yang lebih baik. Artinya setiap kerja keras yang Anda lakukan akan meningkatkan kekayaan bersih dan meningkatkan peluang Anda bebas secara finansial.


Strategi Keuangan yang Cerdas

rencana keuangan - strategi investasi - strategi keuangan - rencana investasi - sebelum berinvestasi - mulai mendanai - investasi - biaya hidup pasangan muda

Strategi membayar kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan masa depan keuangan yang lebih baik. Anda akan terhindar dari beban hutang yang memberatkan dan hidup sesuai dengan kemampuan Anda.

Baca juga: Membeli Tanah Atau Mobil Terlebih Dahulu? Jangan Sampai Salah Memilih

Lalu bagaimana caranya untuk memulai? Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa membayar kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu adalah memprioritaskan tabungan dan investasi. Anda bisa menyisihkan minimal 10% dari penghasilan untuk menabung dan berinvestasi.

KoinWorks adalah tempat yang tepat untuk mulai mendanai karena bisa dimulai dengan modal yang sangat terbatas yaitu Rp100.000 saja.

Dengan modal yang sangat terbatas tersebut potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 18% per tahun. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan Anda di masa depan.

Baca juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Pendanaan Fintech Lending KoinWorks

Hal yang perlu diingat adalah jangan lupa juga untuk menyisihkan uang ke dalam rekening tabungan. Jumlah uang yang ada di dalam rekening tabungan tersebut bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan darurat yang bisa saja terjadi di masa depan.

Itulah alasan mengapa Anda perlu memenuhi semua kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk hal yang lain. Memenuhi kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu bermanfaat agar masa depan keuangan Anda lebih baik.

Ayo mulai kebiasaan keuangan yang baik dari sekarang dengan mengetahui prioritas yang perlu didahulukan. Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua yang telah membacanya.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.