5 Tips Melakukan Ekspansi Bisnis Khusus untuk Para Womanpreneur – Ingin bekerja di waktu yang fleksibel dan memperoleh pendapatan yang lebih besar?

Mungkin, berbisnis sendiri adalah pilihan yang tepat. Zaman sekarang, bukan hanya para pria yang menggeluti bidang ini, wanita pun demikian.

Baca juga: 3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Para wanita mulai beralih dari pekera kantoran menjadi pebisnis dan tentu saja mereka berani memanggil diri mereka dengan sebutan womanpreneur.

Beragam produk bisnis yang mereka jalani ialah makanan, pakaian, barang-barang kerajinan tangan, hingga menjual jasa.

Baca juga: Mau Mendapatkan Inspirasi Soal Bisnis? Tonton 5 Film untuk Womanpreneur Ini

Nah, meski baru merintis bisnis dan masih tergolong skala kecil, para womanpreneur biasanya memiliki semangat juang yang tinggi untuk melakukan ekspansi bisnis. Jika Anda bingung caranya, simak 5 tips berharga di bawah ini.

5 Tips Melakukan Ekspansi Bisnis Khusus untuk Para Womanpreneur

1. Selalu andalkan media sosial

media sosial

Tak bisa dimungkiri bahwa kehadiran sosial media sangat vital bagi strategi marketing bisnis Anda. Entah itu Facebook, Twitter, Instagram, atau platform lainnya, media sosial selalu menjadi saluran yang bagus untuk pencapaian bisnis, peningkatan penjualan, dan sebagainya.

Baca juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

Namun, memanfaatkan media sosial tidak semudah yang dilihat. Oleh karenanya, Anda bisa mengambil kursus online untuk memahami bagaimana memanfaatkan platform tersebut guna melakukan ekspansi bisnis.


2. Manfaatkan koneksi yang Anda miliki

womanpreneur - ekspansi bisnis - koinworks

Menjadi pemilik bisnis yang masih kecil memang terkadang memberikan tekanan sendiri. Jadi, gunakanlah koneksi yang Anda miliki untuk membentuk support system sendiri. Dengan demikian, Anda bisa memiliki ide-ide baru, juga motivasi yang lebih untuk semakin memajukan bisnis.

Baca juga: 4 Strategi Menjalankan Bisnis Cerdas ala Kylie Jenner

Akan jauh lebih baik lagi jika Anda memiliki mentor yang mengerti apa yang sudah Anda jalani selama ini. Mentor juga akan membantu Anda mencari jalan keluar atas segala masalah yang dihadapi.

Nah, mentor ini bisa Anda temui secara langsung, bisa juga di jaringan online, andaikata Anda tidak memiliki banyak waktu.


3. Belajarlah untuk mendelegasikan tugas dan tanggung jawab

womanpreneur - ekspansi bisnis - koinworks

Sebagai seorang womanpreneur, rasanya mudah sekali untuk melakukan semua tanggung jawab dalam bisnis, meski pada kenyataannya, mengatur segala sesuatunya sangatlah sulit.

Hal yang bisa Anda lakukan ialah coba untuk mendelegasikan tugas dan tanggung jawab kepada rekan-rekan kerja Anda. Namun yang perlu diingat, pastikan Anda memiliki kepercayaan penuh kepada mereka yang Anda berikan tanggung jawab.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Tanpa Karyawan yang Mampu Menghasilkan Keuntungan Besar

Jangan biarkan Anda menyiksa diri Anda seorang diri. Bukankah pikiran dan pundak Anda sudah cukup terbebani?

Jangan lupa, Anda juga butuh beristirahat sejenak dari urusan bisnis dan menyeimbangkan kehidupan Anda dengan hal-hal yang membuat Anda lebih rileks. Misalnya, tidak bekerja saat akhir pekan dan pergilah ke salon atau bersama teman-teman arisan Anda.


4. Jangan lupakan kehidupan sosial Anda

womanpreneur womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis- ekspansi bisnis

Sibuk berbisnis bikin Anda lupa diri, lupa akan kehidupan sosial yang selama ini Anda miliki. Padahal, Anda bisa duduk-duduk santai sambil ngeteh di sore hari, sembari menikmati film-film favorit Anda di TV berlangganan. Anda juga bisa mengisi waktu luang dengan memasak dan mencoba resep baru.

Baca juga: Ingin Membuat Online Shop? Eitss… Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini Dulu!

Intinya, meski Anda adalah seorang womanpreneur atau pemimpin dalam bisnis, Anda juga tetap menjadi pemimpin dalam kehidupan sosial Anda. Jadi, jangan biarkan urusan bisnis mengganggu kehidupan Anda di luar jam kerja.

Bukankah memiliki kehidupan yang seimbang jauh lebih menyenangkan?


5. Jangan pernah berhenti mengeksplorasi dan memperkaya diri

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis

Saat berbisnis, jangan hanya gunakan koneksi atau sumber daya yang sudah Anda miliki. Coba deh, perluas jaringan Anda dengan rajin mengikuti berbagai event komunitas yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Baca juga: Stephen Hawking Meninggal Dunia, Ini 5 Kutipan Berharga Soal Bisnis Darinya

Nantinya, Anda bukan hanya bisa memperoleh beragam informasi bermanfaat yang bisa memperkaya pemahaman Anda soal bisnis. Anda sebagai womanpreneur pun juga bisa semakin memperluas koneksi, yakni dengan bertemu pebisnis lain atau juga mentor.

Nah, jika Anda ingin terus mengeksplorasi diri dalam bisnis, mengapa tidak bergabung dengan komunitas bisnis KoinWorks?

Baca juga: 5 Tantangan yang Dihadapi Womanpreneur dan Cara Menaklukkannya

KoinWorks memiliki tiga komunitas bisnis yang bisa diikuti. Ada Online Seller Meetup, wadahnya para pebisnis online yang ingin mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Lalu, ada Boeatan, komunitas berisi local crafters yang ingin mengembangkan usaha di bidang handmade. Terakhir, ada HerAction, tempat nongkrongnya para womanpreneur yang ingin mewujudkan impian dalam bisnis lewat pengembangan karakter dan skill.

Ayo, bergabung dengan anggota-anggota lainnya, guna berbagi pengalaman, pengetahuan, dan kemitraan agar bisa saling berkolaborasi dalam memajukan bisnis.

Tunggu apa lagi? Yuk, daftar komunitas KoinWorks sekarang juga!

Gabung Komunitas

 

 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.