5 Tantangan yang Dihadapi Womanpreneur dan Cara Menaklukkannya – Dalam dunia bisnis, mungkin Anda mengira bahwa pebisnis pria lebih mendominasi.

Padahal, tidaklah demikian. Baik di Indonesia maupun dunia, investor dan pebisnis wanita atau womanpreneur terus bermunculan.

Baca juga: Gunakan 4 Kata Ajaib Ini untuk Meroketkan Penjualan Bisnis Anda

Perjalanan bisnis tentu saja tidak selalu berjalan mulus seperti yang diperkirakan. Ada kalanya womanpreneur mengalami hambatan yang mampu membuat bisnis mandek.

Berikut ini ada 5 tantangan yang sering dihadapi dan adapula bocoran bagaimana cara mengatasinya.

5 Tantangan yang Dihadapi Womanpreneur dan Cara Menaklukkannya

1. Memaksa diri menjadi seperti pebisnis lain

Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini - public relations

Kebanyakan para pebisnis wanita mungkin pernah mengalami hal ini. Anda datang ke sebuah acara networking.

Di sana, Anda menuju ke sebuah ruang seminar dan melihat peserta seminar yang kebanyakan pebisnis pria. Anda bahkan bisa menghitung jumlah pebisnis wanita dengan jari.

Baca juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

Jika mengalami skenario ini, mungkin Anda merasa harus mengadopsi sifat-sifat pria dalam berbisnis. Misalnya, kompetitif dan agresif.

Padahal, banyak pebisnis wanita sukses yang mengatasi hal tersebut dengan menjadi diri mereka sendiri. Anda pun juga harus demikian.

Baca juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Tingkatkan rasa percaya diri Anda dan sadarilah, bisnis Anda sudah berjalan sejauh ini lewat ketekunan dan kerja keras. Jangan memaksa diri Anda untuk menjadi seperti pebisnis pria, yang mana itu sangatlah bukan diri Anda.


2. Bergaul dengan para pebisnis pria

Harus dipahami bahwa sebagai pebisnis wanita di industri bisnis yang lebih didominasi oleh pria, mendapatkan rasa hormat bukanlah hal yang mudah.

Anda harus mengakui bahwa pebisnis lain memang lebih berpengalaman daripada Anda. Akan tetapi, hal tersebut tidak boleh menciutkan nyali para womanpreneur untuk lebih menonjol ketimbang pebisnis pria.

Baca juga: Wajib Gabung! 3 Komunitas Pengusaha Pilihan Tempatnya Belajar Bisnis

Di samping itu, Anda juga bisa bergabung di berbagai grup entrepreneur yang akan membantu Anda menyadari secara lebih kapabilitas dan kesuksesan yang bisa Anda raih, lewat berbagai pengalaman dan perspektif bisnis.


3. Akses modal yang sangat terbatas

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan

Selanjutnya, tantangan yang dihadapi womanpreneur ialah terkait modal. Faktanya, tidak semua pebisnis wanita mencari investor untuk membantu memajukan bisnis. Namun mereka yang mencari, pasti tahu betapa sulitnya mencari investor.

Apalagi, ada anggapan bahwa meningkatkan modal sangatlah sulit bagi usaha yang dimiliki oleh wanita.

Baca Juga: 7 Tips Promosi Jitu Khas Anak Muda, Supaya Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal!

Ya, menyadari betapa pentingnya modal untuk bisnis, Anda dan tim harus lebih percaya diri ketika mengeksekusi operasional bisnis dengan baik, sebab para investor juga akan ikut percaya diri dan lebih tertarik untuk menaruh pendanaan di bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke platform investasi online P2P Lending, seperti KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi OJK. Mengapa? Sebab layanan ini menawarkan keamanan dan kenyamanan.

Belum lagi, KoinWorks bisa memberikan pinjaman modal mulai dari Rp10 juta – Rp 2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


4. Menyeimbangkan bisnis dan kehidupan sosial

anak - keluarga - menabung

Tanpe memerhatikan gender, pebisnis manapun pasti menginginkan work-life balance dalam pekerjaannya. Namun, jika Anda adalah seorang wanita, sekaligus ibu rumah tangga, pastinya Anda perlu menyeimbangkan waktu serta kehidupan Anda antara bisnis dan keluarga.

Rasanya, Anda punya tanggung jawab berlipat. Di satu sisi, Anda perlu mengurus bisnis dan di sisi lain Anda tak boleh melupakan keluarga.

Baca juga: 7 Langkah Menguasai Teknik Persuasi terhadap Konsumen dan Investor

Untuk menghadapinya, tentukan jam kerja Anda, misal Anda tidak akan bekerja saat akhir pekan karena ini merupakan waktu yang sengaja Anda luangkan untuk keluarga.

Atau, Anda berjanji tidak akan pulang lebih dari jam 8 malam. Dengan begitu, Anda bisa menyeimbangkan bisnis dan kehidupan sosial Anda.


5. Takut akan kegagalan

6 Kesalahan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Kegagalan adalah kemungkinan paing nyata yang terjadi di setiap bisnis dan pasang surut pun pasti akan terjadi. Oleh karena itu, kegagalan ini janganlah dijadikan sebagai sesuatu yang negatif.

Baca juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Setiap Wanita

Guna menghadapi rasa takut akan kegagalan, Anda perlu mengenyahkan rasa cemas Anda. Anda juga perlu berhenti membandingkan diri Anda dengan pebisnis lain, termasuk pebisnis pria.

Pada akhirnya, jika Anda sudah sukses, tidak akan ada yang peduli apakah Anda pria atau wanita.

Nah, itulah dia 5 tantangan yang dihadapi womanpreneur dan cara menaklukannya. Semoga di ke depannya Anda bisa lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis dan segala hambatan bisa teratasi dengan baik.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.