Terjun ke dunia usaha memang memiliki semangat tersendiri. Kamu bisa saja berpikir bahwa usaha merupakan hal mudah yang bisa kamu jalankan. Ya, berinvestasi pada sektor riil seperti usaha memanglah tidak mudah. Namun, jika dijalankan dengan baik maka investasi ini akan memberikan keuntungan yang berlipat. OIeh sebab itu, jika kamu berpikir tentang investasi mudah, kamu justru akan menjauhi bisnis dan lebih memilih investasi mudah dan aman seperti menabung atau membeli tanah.

Tentu, setiap jenis investasi ada plus dan minusnya. Dalam usaha, yang terpenting adalah bagaimana kamu menjalani usaha tersebut. kamu bisa belajar dari orang Cina yang sudah terkenal kepiawaiannya dalam mengelola bisnis mereka. Coba perhatikan beberapa strategi bisnis berikut ini;

Strategi Bisnis Ala Orang China

1. Belajar berbisnis sejak kecil

Jika kamu perhatikan ketika memasuki toko orang Cina, maka kamu bisa melihat ada beberapa anggota keluarga yang terlibat disana termasuk anak-anak kecil. Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa mulai terbiasa dengan dunia bisnis sehingga jiwa wirausaha akan terbentuk sejak kecil. Selain itu, cara ini juga bermaksud agar anak-anak lebih bisa menghargai uang serta lebih bijak dalam mengelola atau menggunakannya.

2. Bijak Mengelola Uang

Banyak yang beranggapan bahwa orang Cina itu terkenal pelit atau sulit mengeluarkan uang bahkan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Ini dikarenakan mereka selalu menegaskan akan pentingnya hidup sederhana dan hemat. Mereka akan memenuhi kebutuhan pokok dan dengan mudah meninggalkan kepentingan lain hanya untuk gengsi atau gaya hidup. kamu bisa memulai dengan menyisihkan uang sebesar 10-20% secara rutin dari total penghasilan.

3. Berpikir Jauh Untuk Masa Depannya

Orang Cina paling takut dengan ketidakpastian di masa depan. Oleh sebab itu, mereka akan selalu mempersiapkannya sedini mungkin. Mereka akan terus berusaha untuk membuat masa depannya lebih baik. Kerja keras, berpikir jauh kedepan, konsisten dan terus pada track yang sudah direncanakan tentunya akan memberikan hasil yang menggembirakan.

4. Perputaran uang lebih penting dari untung yang besar

Salah satu yang paling terkenal dari pebisnis Cina adalah harga yang ditawarkan lebih murah. Tentu, kamu akan bertanya, akan dapat untung dari mana jika harganya murah. Inilah bedanya. Orang Cina tidak akan mementingkan untung yang besar yang berakibat pada tingginya harga yang dipatok dan lemahnya dalam persaingan. Mereka akan lebih memilih memutarkan terus uang mereka walau keuntungan yang didapat kecil. Ketika uang terus berputar, maka sedikit demi sedikit kerajaan bisnis akan terbentuk.

5. Tidak berhutang

Orang Cina beranggapan bahwa hutang itu adalah aib. Mereka akan selalu sebisa mungkin menghindari hutang dengan terus bekerja keras walau harus bersusah payah. Mereka akan meminjam hutang ketika keadaan sudah tidak bisa ditolerir lagi. Dana segar akan mereka ambil ketika mereka sudah menjalankan semua hal yang bisa dilakukan tapi keadaan belum juga berubah.

6. Negosiasi untuk dapatkan harga terbaik

Negosiasi atau tawar menawar adalah hal penting untuk dilakukan dalam dunia bisnis. Orang Cina akan melakukan penawaran untuk mendapatkan harga terbaik karena mereka tahu harga yang akan dijual kembali juga murah. Selain itu, harga terbaik tentunya akan memberikan keuntungan tanpa harus menaikkan harga terlalu tinggi sesuai dengan point sebelumnya bahwa mereka lebih mementingkan perputaran uang.

7. Berikan yang terbaik untuk orang tua dan guru

Seakan tidak ada hubungannya dengan poin-poin sebelumnya. Namun, untuk menjadi kaya, maka dibutuhkan mental yang siap kaya. Mental ini harus dibangun dengan cara memuliakan orang tua serta guru. Oleh sebab itu, orang Cina juga akan selalu menghormati orang tua dan gurunya walau mereka sudah sukses. Karena kesuksesan bukan dilihat dari jumlah uang tapi juga kedamaian dan ketenangan hati dan pikiran.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk menjadi seorang pebisnis layaknya orang Cina? Pelajari seluk-beluk bisnis yang akan kamu jalankan karena bisnis bukanlah investasi mudah yang tidak memiliki resiko. Ada banyak resiko tapi itu bukan alasan untuk menghindari bisnis karena resiko akan ada di setiap keputusan yang kamu ambil. Bahkan, setiap jenis investasi pasti memiliki resiko baik besar maupun kecil.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.