Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Sukses Memulai Usaha Tanpa Modal Menjadi Seorang Penulis

Tips Sukses Memulai Usaha Tanpa Modal Menjadi Seorang Penulis

·
4 menit
tips usaha tanpa modal menjadi content writer

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, penyajian informasi dalam bentuk redaksi berita, blog maupun artikel tentu sudah tidak diragukan lagi, bukan?

Berbicara soal informasi dalam bentuk tulisan ini, kamu tentu pernah mendengar istilah content writer dalam kehidupan sehari – hari, bukan? Ya, content writer atau lebih dikenal dengan sebutan penulis ini menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan di zaman sekarang.

Bahkan, mereka bisa menghasilkan uang jutaan rupiah perbulan hanya dengan menulis sebuah topik tertentu. Nah, bagi kamu yang mungkin memiliki kemampuan menulis yang baik dan ingin memulai usaha sebagai seorang penulis, ada baiknya simak tips – tips berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan penulis?

Secara umum, penulis merupakan suatu bidang pekerjaan yang digeluti oleh seseorang dalam hal pembuatan informasi berbentuk artikel, jurnal, berita, informasi media sosial tertentu dan lain – lain.

Sebagai seorang penulis, seseorang dituntut untuk memiliki keterampilan khusus dalam menarik minat pembaca untuk membaca isi konten yang dibuat.

Biasanya, penulis juga diminta untuk memperhatikan beberapa hal teknis maupun non teknis dalam penulisan isi konten yang dibuat.

Hal ini bertujuan agar isi konten / informasi yang ditulis tersebut dapat meningkatkan traffic dan keuntungan bagi website itu sendiri. Sehingga, tak heran jika hal tersebut sangat mempengaruhi besaran gaji seorang penulis.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik


Apa saja tugas dari seorang penulis?

Berbicara soal tugas seorang penulis, kamu tentu hanya menjawab menulis tulisan untuk isi konten saja, bukan?

Namun, tahukah kamu jika tugas seorang penulis rupanya lebih dari sekadar menulis isi konten. Hal ini terbukti dari beberapa aspek seperti berikut ini :

  • Memiliki skill dalam bidang editorial

Sebagai seorang penulis, skill mengedit sebuah isi konten menjadi salah satu tugas utama. Hal ini karena dengan skill mengedit, maka konten akan jauh lebih menarik, berkualitas dan tentunya dapat meningkatkan traffic pendapatan.


  • Mempunyai skill dalam memahami ilmu SEO

Ilmu SEO (Search Engine Optimization) dikatakan sangat penting untuk dimiliki seorang penulis dalam menulis di sebuah situs website.

Dengan kemampuan ini, maka konten yang dibuat dapat termuat di halaman pertama mesin pencari Google.

Dalam skill SEO ini, seorang penulis juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam konten yang dibuat. Di antaranya seperti judul / topik, susunan rancangan artikel berbentuk outline serta melakukan riset kata kunci.

Baca Juga: Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui


  • Melakukan uji riset terhadap isi konten

Untuk membuat konten yang dibuat lebih menarik dan berkualitas bagi pembaca, seorang penulis juga harus melakukan uji riset terhadap isi konten pesaingnya.

Tujuan melakukan riset ini adalah kamu bisa membuat konten yang lebih baik dan memiliki kualitas unggul dari para pesaing dalam kepenulisan.

Baca Juga: Kualitas di Atas Kuantitas, Mana yang Lebih Penting?


  • Mampu membuat dan mengelola isi konten

Umumnya, mesin pencari google akan menilai konsistensi seorang penulis ketika mengunggah konten dalam waktu tertentu.

Nah, hal ini sangat berguna bagi seorang penulis dalam membuat dan mengelola isi konten agar dapat masuk ke mesin pencari sesuai dengan porsinya.


  • Mempunyai pengalaman di bidang penulisan

Seorang penulis yang ingin berkarir di bidang ini, tentu harus memiliki pengalaman dalam bidang penulisan, bukan? Hal ini sangat penting karena akan menunjang kualitas dalam membuat konten – konten yang lebih unggul bagi para pembacanya.

Namun jika kamu tertarik di bidang penulisan ini, sebaiknya minimal memiliki minat yang besar dalam menulis konten.


Kelebihan dan kekurangan menjadi seorang penulis

Menjadi seorang penulis, terbilang menjadi salah satu pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan tanpa modal sepeser pun.

Hal ini karena pekerjaan ini hanya membutuhkan kemampuan dalam bidang kepenulisan dan perangkat pendukung seperti laptop / PC. Nah, di bahwa ini akan dijelaskan secara mendetail mengenai kelebihan dan kekurangan menjadi seorang penulis.


  • Kelebihan menjadi seorang penulis

  1. Memiliki waktu kerja yang fleksibel dan dapat dikerjakan kapan pun dan dimana pun.
  2. Dapat bekerja di beberapa bidang kepenulisan sekaligus, seperti misalnya menulis konten di sebuah website A, B, C dan sebagainya.
  3. Memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan besar karena banyaknya proyek yang diambil.
  4. Mudah dalam memulai pekerjaan, dengan syarat memiliki kemampuan dalam bidang penulisan.
  5. Dapat memilih proyek dari klien secara bebas tergantung topik konten yang ditawarkan.Baca Juga: Cara Menjadi Freelancer Sukses dan Punya Banyak Klien

  • Kekurangan menjadi seorang penulis

  1. Frekuensi pekerjaan yang diterima kadang tidak menentu tiap bulannya, sehingga sangat berpengaruh pada pendapatan yang diterima.
  2. Kemungkinan besar tidak menerima jaminan asuransi kesehatan seperti para pekerja kantoran umumnya, sehingga penulis harus mengeluarkan biaya sendiri untuk berobat ketika sakit.
  3. Mudah sekali terkena penipuan oleh pihak pemberi kerja karena sistem kerja dilakukan secara online.
  4. Dikejar deadline yang mengharuskan penulis kerja hingga larut malam untuk menyelesaikan konten yang diminta klien.

Tips sukses memulai usaha sebagai seorang penulis

Setelah mengetahui informasi tentang dunia penulisan, kamu mungkin tertarik untuk memulai usaha di bidang ini, bukan? Bagi kamu yang baru pemula dan ingin menekuni bidang penulisan ini, ada baiknya simak tips – tips sukses menjadi seorang penulis berikut ini:


  • Mempunyai skill dalam hal menulis

Langkah utama yang harus dimiliki seorang penulis adalah memiliki skill yang mencakup mengenai pemahaman dan wawasan dalam struktur 5 W + 1 H (What, Who, When, Where, Why, How). Selain itu, kamu juga minimal memiliki pengetahuan dalam bidang menulis artikel.


  • Mampu memahami mengenai penggunaan teknologi

Mengingat perkembangan teknologi semakin maju, maka kamu juga harus memahami mengenai penggunaan teknologi yang ada. Hal ini bertujuan agar ketika menulis artikel tidak terkendala dengan teknologi yang akan digunakan. Seperti misalnya laptop, PC, smartphone dan lain – lain. Kamu juga perlu untuk memahami software – software yang digunakan sebagai media untuk menulis artikel tersebut.

Baca Juga: Kuasai 5 Keterampilan Komputer Ini Agar Bisa Bersaing


  • Usahakan selalu mengikuti perkembangan tren yang ada

Untuk menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas, seorang penulis juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan tren yang sedang hangat dibicarakan. Sehingga, penyajian informasi dalam konten yang dibuat dapat menarik minta pembaca lebih banyak.


  • Perbanyak membaca buku

Dalam melatih kemampuan kosa kata dalam bidang penulisan, kamu juga seharusnya memperbanyak membaca buku – buku pengetahuan dan wawasan. Dengan demikian, maka kemampuan dalam bidang penulisan akan lebih terasah dan mampu menyajikan isi konten yang menarik dan berkualitas.


  • Hindari tindakan copy paste tulisan milik orang lain

Sebagai seorang penulis yang baik, ada baiknya kamu menghindari tindakan copy paste tulisan karya orang lain. Sebab, tindakan ini justru akan mempengaruhi gaya tulisan yang kamu buat dalam isi konten tersebut. Sehingga, sangat disarankan untuk membuat isi konten apa adanya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat