Kualitas di Atas Kuantitas, Mana yang Lebih Penting? – Kebanyakan pengusaha akan selalu memikirkan proses pen-skalaan bisnisnya.

Pen-skalaan adalah jalur yang diperlukan untuk meningkatkan profitabilitas, memperluas jangkauan bisnis dan memperkuat prospek jangka panjang Anda.

Jadi, apa pun motivasi utama Anda dalam menjadi pengusaha, kemungkinan Anda akan menemukan pen-skalaan yang sangat menarik.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Tapi untuk skala efektif, ada banyak hal yang Anda perlukan, termasuk modal yang cukup, sumber daya yang memadai dan tentu saja, rencana jangka panjang.

Selain itu, ada satu aturan mutlak yang berdiri di atas semua pertimbangan yang ada untuk penskalaan secara efektif, yaitu fokus pada kualitas melebihi kuantitas.

Kualitas di Atas Kuantitas, Mana yang Lebih Penting?

Apa artinya hal ini? Seiring dengan pertumbuhan bisnis maka pertumbuhan konsumen juga akan mengikuti, Anda akan dipaksa untuk melakukan sejumlah investasi dalam bisnis.

Akan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan guna membangun bisnis Anda lebih luas lagi. Namun, manakah sesungguhnya yang harus menjadi perhatian utama dalam investasi bisnis?

Baca Juga: Biar ‘Lapak’ Anda Ramai Pembeli, Ikuti 7 Tips Ini Agar Bisnis Anda Diserbu Konsumen

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka rasanya kualitas produk adalah jawaban yang tepat. Berinvestasi dalam hal kualitas diatas kuantitas akan mampu memunculkan omset yang lebih besar lagi seiring dengan waktu.

Lalu, bagaimanakah cara memastikan bahwa bisnis Anda memiliki produk atau jasa menghasilkan sesuatu yang berkualitas? Berikut adalah beberapa contoh untuk memastikan hal ini:

Pekerjakan Orang yang Tepat Untuk Memastikan Kualitas Tetap Terjaga

Saran umum mengatakan bahwa Anda harus mempekerjakan seseorang, seperti hidup Anda bergantung padanya, dan itu adalah nasihat yang bagus.

Mempekerjakan seseorang seharusnya tidak menjadi sebuah ajang perlombaan untuk sekedar mengisi kursi di kantor Anda atau hanya sekedar mendapatkan lebih banyak bantuan dalam proses operasional.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Hal ini mungkin akan menguntungkan jika Anda perlu mencapai tenggat waktu dan memang membutuhkan banyak bantuan yang dapat membuat proses operasional menjadi lebih cepat selesai.

Namun, pada umumnya Anda pasti ingin bersikap bijaksana terhadap siapa yang Anda pekerjakan. Mengambil empat minggu lebih lama untuk sekedar memilih seseorang untuk posisi kepemimpinan kunci, seperti CTO, dapat menunda pertumbuhan bisnis Anda untuk bulan itu (atau lebih lama).

Akan tetapi dalam jangka panjang, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kualitas yang tidak baik, atau bahkan hal dengan memilih orang yang tepat akan memberikan manfaat lebih besar untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Agar Lancar Mendapatkan Konsumen, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Jadi, pastikan Anda memilih orang yang tepat untuk dapat memastikan kualitas yang akan tercipta di depan tetap memiliki kualitas yang baik.

Pilih Target Audiens Utama, dan Fokuskan Pemasaran Kepada Mereka

Bila Anda siap membangun pemasaran yang sangat agresif untuk bisnis Anda, Anda mungkin akan tergoda untuk memasarkan ke semua orang, menghabiskan biaya promosi Anda tanpa pandang bulu.

Baca Juga: Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Anda juga akan tergoda untuk menarik pengikut sebanyak mungkin, dan Anda akan bersemangat untuk menciptakan traffic ke web Anda sebanyak mungkin.

Namun, lebih baik untuk mempersempit fokus Anda ke satu target audiens, dan hanya memasarkan ke orang-orang tersebut secara khusus.

Jumlah audiens keseluruhan Anda mungkin akan lebih rendah, namun relevansi audiens Anda dan kualitas interaksi Anda akan jauh lebih tinggi.

Baca Juga: 10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Tahu

Tingkat interaksi yang lebih tinggi akan memungkinkan Anda dapat mengontrol kualitas yang diberikan kepada konsumen.

Pilih Saluran Pemasaran Terbaik Bagi Bisnis Anda

Ada puluhan saluran pemasaran di luar sana, dan Anda memerlukan setidaknya beberapa dari mereka untuk membangun merek atas bisnis Anda.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Akan tetapi, jika Anda berfokus pada kuantitas dengan membuang uang Anda ke banyak saluran, Anda tidak akan melihat dampak yang besar jika dibandingkan apabila Anda menyalurkan uang melalui strategi yang paling efektif.

Jadi, teliti dahulu dan lakukan penelitian mengenai saluran pemasaran mana yang paling efektif untuk bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat bereksperimen untuk menentukan tempat terbaik untuk dolar investasi Anda.

Perluas Bisnis Dengan Tujuan, Jangan Hanya Ikut-ikutan

Ketika bisnis Anda mulai berkembang, Anda pasti akan berinvestasi di kantor baru, gudang atau bahkan pasar online baru.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Meskipun penskalaan lebih cepat dapat memberi Anda lebih banyak waktu untuk tumbuh dan menghasilkan uang, namun tetap harus diingat bahwa ini bukan sebuah perlombaan.

Satu lokasi toko baru yang memang berkualitas akan lebih baik daripada tiga toko yang memiliki kinerja rendah.

Ide utamanya adalah memanfaatkan sebagian besar uang yang Anda belanjakan, bahkan ketika Anda memiliki lebih banyak uang untuk dibuang.

Jika Anda terlalu banyak berfokus pada kuantitas, karena banyak investor baru biasa melakukannya, pertumbuhan Anda mungkin akan terhambat.

Baca Juga: Pahami Konsep Ini Untuk Memilih Media Sosial Apa yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Lakukan penelitian Anda, investasikan dengan hati-hati dan Anda akan dapat menstabilkan bisnis Anda dengan meraih keuntungan lebih cepat.

Nah, jika dirangkum secara mendalam maka Anda akan menemukan bahwa memiliki segala sesuatu dengan kuantitas yang banyak tidaklah akan selalu memberikan dampak yang positif, khususnya dalam bisnis.

Anda harus selalu memastikan bahwa bisnis Anda memiliki proses operasional yang selalu mengedepankan kualitas diatas kuantitas. Dengan memastikan hal ini, proses pertumbuhan bisnis pastilah akan berlangsung maksimal.

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, Anda mungkin akan membutuhkan modal yang lebih besar lagi untuk memperluas pertumbuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Untuk membantu Anda dalam urusan peminjaman modal usaha, KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pembiayaan bisnis Anda bukan? Ajukan pinjaman Anda sekarang juga!



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?