[KoinPedia Bisnis] 3 Februari 2023 – Qyuris atau Kris? Mana Cara Baca QRIS yang Benar?

Ada sederet informasi menarik yang kamu bisa simak di KoinPedia edisi Bisnis kali ini; mulai cara baca yang benar dari payment system terkenal asal Indonesia, informasi seputar shio yang berpotensi hoki di tahun 2023, hingga berita produsen minuman asal Manado yang baru saja melakukan initial public offering.

Penasaran, ‘kan? Yuk, kita bahas satu per satu.


“Qyuris” atau “Kris”? Ini Dia Penyebutan Resminya!

Kalau kamu jarang atau tidak pernah menggunakannya sebagai alat pembayaran, setidaknya kamu pasti pernah mendengar mengenai sistem pembayaran besutan Bank Indonesia yang bernama QRIS.

Di tahun 2019, Bank Indonesia secara resmi telah meluncurkan sistem pembayaran menggunakan kode QR yang terintegrasi dengan beragam layanan transaksi/pembayaran di Indonesia.

Melalui sistem ini, pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi dengan lebih cepat, mudah, dan aman, hanya dengan memindai kode QR menggunakan smartphone.

Pasalnya, dengan adanya kode QR, masyarakat pun bisa mengurangi risiko terjadi pencurian uang dan juga mempersempit peredaran uang palsu.

Sangat menarik, ‘kan?

Dengan kode QR, sudah banyak bisnis yang kini melayani pembayaran secara cashless; mulai dari toko-toko di pusat perbelanjaan, hingga ke warung-warung di sekitar tempat tinggal kamu. Kini, kamu juga tidak perlu repot membawa uang fisik ke mana-mana.

Nah, walaupun kehadiran QRIS memang memudahkan aktivitas transaksi banyak orang, namun sekarang ini ada “polemik” yang terjadi mengenai cara membaca dan menyebut nama sistem pembayaran ini.

Ada yang bilang QRIS dibaca seperti “kris”, sementara ada sebagian orang sudah terbiasa menyebutnya dengan sebutan “qyuris”.

Jadi, mana yang benar nih?

Menurut Bank Indonesia, QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Indonesia Standard, dan penyebutan yang tepatnya adalah “kris”– seperti kita biasa menyebut senjata tradisional keris.

Jadi, cara membaca dan mengucapkan sistem pembayaran QRIS yang benar adalah “kris”.

Ya, walaupun masih banyak orang yang terlanjur nyaman menggunakan “qyuris” atau sebutan lainnya, setidaknya kamu sudah tahu bagaimana cara mengucapkan QRIS yang benar.

Jangan lupa kasih tahu keluarga dan teman-teman yang lain, ya!

. . .

QRIS sekarang sudah bisa kamu gunakan melalui banyak platform seperti e-wallet dan m-banking. 

Namun, kalau kamu adalah seorang pebisnis yang juga aktif menggunakan QRIS sehari-hari, kamu bisa mencoba menggunakan layanan QRIS dan Payment Link dari KoinWorks NEO.

Selain bisa bertransaksi dengan mudah, fitur Payment Link memungkinkan kamu untuk membuat tautan pembayaran khusus untuk setiap transaksi, menerima pembayaran dari kartu kredit, debit, transfer bank, serta e-wallet, dan bisa membuat reminder untuk transaksi yang belum tuntas.

Ini cocok banget untuk bantu kamu menjalankan bisnis dari mana saja, dan tanpa biaya admin.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Download KoinWorks sekarang!


3 Shio Paling Beruntung Tahun Ini, Apakah Shio Kamu Ada?

Selamat Tahun Baru Imlek!

Di tanggal 22 Januari yang lalu, kita sudah resmi memasuki tahun baru Imlek yang menurut kalender Cina adalah Tahun Kelinci, atau Year of the Rabbit.

Nah, biasanya Imlek ini identik perhitungan atau perkiraan nasib seseorang berdasarkan shio mereka.

Lalu, shio apa saja yang nasibnya akan lumayan hoki di tahun baru ini?

Pertama, shio Babi.

Orang yang lahir di tahun 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, dan 2019 diramalkan memiliki peluang yang bagus dalam aspek bisnis dan finansial di 2023. 

Kalau kamu atau orang yang kamu kenal memiliki shio Babi, maka tahun ini adalah tahun yang tepat untuk mulai merintis bisnis.

Kedua, shio Tikus.

Nah, orang yang lahir di tahun 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008, dan 2020 ini diprediksi memiliki peningkatan yang cukup besar dalam aspek finansial dan karir.

Kamu memiliki shio Tikus? Jangan lupa berinvestasi dan menabung ya kalau tahun ini dapat bonus yang melimpah.

Terakhir, shio yang bakal cukup hoki tahun ini adalah shio Kambing.

Orang yang lahir di tahun 1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003, dan 2015 diprediksi akan mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dari sisi karir dan finansial.

Itulah beberapa shio yang katanya bakal dapat banyak cuan di tahun 2023.

Jadi, untuk kamu yang memiliki shio Babi, TIkus, dan Kambing, jangan kaget kalau kamu nanti dapat bonus atau promosi di kantor.

. . .

Pssst, enggak perlu nunggu ganti tahun untuk bisa tambah modal bisnis kamu!

Ada yang namanya fitur KoinBisnis dari KoinWorks, yang didesain khusus untuk membantu para pemilik bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka, dengan pinjaman modal hingga 2 miliar rupiah, tenor fleksibel hingga 24 bulan, dan tanpa agunan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak informasinya di sini.

Download KoinWorks sekarang!


Keren! “Cap Tikus” Resmi IPO

Awal tahun ini, tepatnya pada tanggal 6 Januari 2023, PT Jobubu Jarum Minahasa selaku produsen minuman beralkohol Cap Tikus 1978, telah resmi melakukan IPO (initial public offering), alias penawaran perdana saham kepada umum, sebesar 800 juta lembar saham– dengan nilai sekitar Rp220,00 per lembar saham.

Melalui IPO, PT Jobubu Jarum Minahasa memiliki target untuk mendapatkan dana segar sebesar Rp 176 miliar, dan akan mereka gunakan untuk membeli tanah, membangun fasilitas di lokasi tersebut, dan untuk kebutuhan modal kerja lainnya.

Jadi, apa sih sebenarnya IPO itu, dan apa manfaatnya bagi bisnis atau perusahaan?

Initial Public Offering adalah penawaran umum perdana saham yang sebuah bisnis lakukan kepada masyarakat, tentunya berdasarkan tata cara yang diatur dalam peraturan dan UU.

Melalui mekanisme ini, bisnis tersebut akan menjual sahamnya, dan kemudian mendapatkan dana dari masyarakat.

Dana ini nantinya bisa dijadikan modal untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar lagi.

Selain mendapatkan dana segar yang dijadikan modal tambahan, IPO juga bisa memberikan beberapa manfaat lain, seperti:

  • Kesempatan kepada bisnis atau perusahaan tersebut untuk mendapatkan tambahan modal dengan menerbitkan lebih banyak lembar saham,
  • Kesempatan meningkatkan kinerja bisnis untuk mendapatkan penilaian yang baik dari investor. Penilaian yang baik bisa meningkatkan harga saham,
  • Memberikan citra yang baik bagi bisnis, dan
  • Mendapatkan insentif pajak dari Pemerintah.

. . .

Walaupun bisnismu masih belum masuk kualifikasi untuk bisa melakukan IPO, kamu juga bisa kok mendapatkan tambahan modal.

KoinWorks bisa bantu bisnis yang sedang kamu rintis, untuk mendapatkan pinjaman modal hingga total Rp2 miliar!

Penasaran? Yuk, langsung daftarkan bisnismu, dan gunakan fitur KoinBisnis dari KoinWorks!

Download KoinWorks sekarang!


Pelajaran Bisnis dari Detektif Benoit Blanc

Setelah sukses dengan film Knives Out di tahun 2019, sutradara Rian Johnson akhirnya merilis sekuel standalone dari film tersebut dengan judul Glass Onion: A Knives Out Mystery di akhir tahun lalu.

Sosok detektif jenius Benoit Blanc yang diperankan oleh aktor Daniel Craig ternyata memiliki beberapa sifat atau kebiasaan yang bisa bermanfaat jika kamu terapkan dalam menjalani bisnis sehari-hari.

Penasaran? Yuk, kita lihat satu per satu.

Pertama, kamu harus jeli dalam melihat peluang.

Sama seperti yang Blanc lakukan di dalam film, kamu juga harus jeli menemukan kesempatan bisnis yang bisa kamu eksploitasi.

Peluang ini bisa dalam bentuk inovasi produk, konten yang tepat sasaran, atau bahkan dalam bentuk kolaborasi dengan pihak eksternal.

Kedua, biasakan jangan mudah menerima apa yang kamu baru saja lihat dan dengar.

Ini juga cukup penting, sebaiknya kamu tidak gegabah dalam mengambil keputusan; terutama terhadap hal yang kamu baru ketahui. Ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu, apalagi jika keputusan bisnis yang kamu buat meliputi urusan uang dan sumber daya.

Ketiga, cobalah untuk selalu mengatasi masalah dengan bijak.

Menjalankan bisnis itu intinya enggak boleh baper. Kamu harus bisa selalu tenang dan menyelesaikan suatu masalah dengan kepala dingin.

Ada konflik internal di bisnismu? Cobalah untuk bersikap bijak dan saling mendengarkan.

Seringnya, masalah sepele yang tidak kamu hadapi dengan bijak, malah akan berubah menjadi masalah besar, dan berujung merugikan bisnismu.

Dan yang terakhir adalah hindari mencari solusi yang terlalu rumit.

Enggak cuma menghadapi masalah dengan bijak dan tenang, kamu sebagai seorang pemilik bisnis juga perlu menyelesaikan masalah tersebut dengan menawarkan solusi yang tidak terlampau rumit untuk dilakukan.

Semua masalah pasti ada solusi mudahnya, tidak perlu kamu bawa terlalu jauh atau terlalu ribet.

Nah, ternyata ada pelajaran bisnis yang bisa kita ambil juga dari karakter Benoit Blanc dan film Glass Onion. Kamu bisa coba terapkan nanti di bisnismu, dan lihat hasilnya.

Kalau kamu memiliki waktu luang, enggak ada salahnya loh menghabiskan waktu di akhir pekan dengan nonton film ini melalui layanan streaming.

. . .

KoinWorks juga punya loh solusi anti ribet untuk berbagai masalah keuangan & pembayaran di bisnismu.

Mulai dari fitur NEO Card, Payment Link, hingga Financial Dashboard– semua bisa kamu gunakan untuk membantu bisnismu mendapatkan kesempatan berkembang menjadi lebih besar.

Butuh informasi lebih lengkap? Kamu bisa cek di sini.

Download KoinWorks sekarang!


Strategi Menjalankan Bisnis Daging Beku dari KoinWorks

Bagi kamu yang kebetulan sedang menjalankan sebuah bisnis daging beku, berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu coba terapkan untuk mengembangkan bisnismu.

Silakan disimak!

6 Cara Jitu Memulai Bisnis Daging Beku untuk Pemula

Bagaimana caranya memulai sebuah bisnis daging beku, terutama untuk pemula?

Bisnis daging beku dapat kamu lakukan mulai dari skala rumahan, modal yang kamu butuhkan pun tidak banyak. Kondisi ini membuat peluang bisnis daging beku terlihat menjanjikan.

Lalu, bagaimana cara memulainya? Sebagai langkah awal, kamu bisa menentukan jenis produk. Kemudian, kamu bisa menyiapkan peralatan serta modal awal untuk menjalankan bisnis.

Selengkapnya bisa kamu simak di sini.

Baca selengkapnya di sini

Mengatur Stok untuk Bisnis Daging Beku, Begini Caranya

Mengatur stok bahan baku dalam sebuah bisnis merupakan salah satu hal yang cukup menantang. Tidak terkecuali untuk bisnis daging beku, atau frozen meat.

Beberapa hal penting yang kamu perlu ketahui dalam mengatur stok adalah masa segar produk, dan juga metode penyimpanan yang sesuai.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak di sini.

Baca selengkapnya di sini

9 Konsep Desain Toko yang Sesuai bagi Bisnis Daging Beku

Apa saja ide konsep desain toko bisnis daging beku yang sesuai & banyak disukai oleh konsumen?

Agar tampilan toko memberikan kesan yang baik, dan mampu menarik konsumen, kamu harus menentukan konsep yang paling tepat untuk bisnismu.

Ada banyak pilihan konsep desain toko fisik untuk bisnis daging beku; mulai dari yang minimalis, hingga yang modern.

Kamu bisa simak selengkapnya, di sini.

Baca selengkapnya di sini

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.