Mencari Dana Tunai Tanpa Resiko

·
3 menit
uang banyak - pinjaman modal - dana pinjaman - bisnis dengan modal

Dikala akan memulai usaha ataupun sedang menjalankan usaha, ada saatnya Anda membutuhkan dana tunai lebih banyak untuk membeli alat, membeli bahan, membayar tagihan, dan berbagai macam kebutuhan lainnya. Jika persediaan dana sudah menipis dan tidak mencukupi, tentunya Anda harus mencari dana tambahan dari tempat lain. Sebagai langkah terbaik demi mencegah terjadinya masalah di kemudian hari, Anda harus mencari dana tunai tanpa resiko. Namun, apakah mungkin mendapatkan dana yang bebas dari resiko di jaman modern ini?

Disaat tidak memiliki uang sendiri, cara tercepat untuk mendapatkan dana tunai adalah dengan meminjam uang. Ada banyak pilihan tempat meminjam uang. Dimulai dari keluarga, kemudian sahabat, hingga bank atau lembaga lain yang menyediakan fasilitas pinjaman resmi kepada publik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk faktor resiko yang terdapat di dalamnya.

Pada umumnya, resiko terkecil saat meminjam uang adalah jika kita meminjamnya dari keluarga atau sahabat yang tidak meminta agunan pada kita dan tidak juga menarik bunga. Lebih sempurna lagi jika tidak ada batas waktu untuk pengembaliannya. Tetapi, hal tersebut sangat kecil kemungkinannya untuk bisa didapatkan dan membutuhkan waktu lama untuk menghubungi keluarga dan sahabat satu per satu. Belum tentu Anda memiliki keluarga atau sahabat kaya yang mau meminjamkan uang untuk Anda. Kalaupun ada yang mau meminjamkan, biasanya jumlahnya kecil sehingga tidak mencukupi kebutuhan Anda. Jadi, resiko meminjam pada keluarga atau sahabat adalah tidak mencukupinya dana tunai dan terbuangnya waktu untuk mencari pinjaman kesana kemari.

Tempat meminjam uang lainnya adalah kepada pemberi pinjaman perseorangan tidak resmi yang sering disebut dengan rentenir. Untuk yang satu ini, sangat tidak disarankan bagi siapa saja karena bunganya yang terlalu tinggi. Walaupun syarat yang diajukan mudah tanpa harus memberikan jaminan, tidak ada proses dokumentasi yang berbelit, dan uang bisa keluar dalam waktu singkat, bunga yang diminta bisa sangat tinggi hingga mencapai 10% per bulan atau bahkan lebih. Belum lagi resiko denda keterlambatan yang sangat tinggi sehingga bisa membuat hutang menjadi berkali-kali lipat. Lebih parahnya lagi adalah resiko penagihan yang melibatkan kekerasan verbal maupun fisik.

Tempat meminjam uang yang lebih aman adalah di bank atau lembaga keuangan resmi seperti tempat peminjaman dana secara online. Tempat-tempat tersebut memiliki dana tunai yang cukup besar dan peraturan yang jelas. Sebagai nasabah, Anda juga mendapatkan perlindungan dari hukum yang berlaku. Masalah yang sering terjadi saat meminjam uang di bank atau lembaga resmi adalah dibutuhkannya agunan atau barang jaminan untuk bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar. Resikonya tentu adalah kehilangan barang jaminan tersebut jika Anda tidak mampu membayar hutang tepat waktu. Biasanya bank akan melelang jaminan Anda jika Anda tidak mampu membayar angsuran selama tiga kali jatuh tempo berturut-turut.

Jika Anda tidak mau mendapatkan resiko kehilangan barang berharga Anda, ada pilihan yang lebih baik yaitu mengajukan pinjaman tanpa agunan atau sering disebut dengan KTA. Saat ini, banyak sekali bank dan lembaga keuangan resmi yang menawarkan KTA kepada pengusaha ataupun calon pengusaha. Waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana KTA lebih singkat karena tidak diperlukannya agunan sehingga bank atau lembaga keuangan tidak perlu melakukan verifikasi terhadap barang jaminan tersebut.

Namun, KTA juga sebenarnya tidak bebas dari masalah. Yang pertama adalah sulitnya mendapatkan dana besar jika Anda tidak memiliki rekaman sejarah pinjaman yang baik. Lalu, bunga dan denda keterlambatan yang ditetapkan biasanya lebih besar dari pinjaman dengan agunan. Sedangkan resiko yang mungkin terjadi adalah diblacklistnya nama Anda jika Anda tidak mampu membayar tepat waktu dalam kurun waktu tertentu. Jika nama Anda sudah diblacklist atau dimasukkan ke daftar hitam di Bank Indonesia, maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman lagi dari bank manapun.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa mencari dana tunai tambahan untuk usaha selalu ada kemungkinan masalah dan resikonya. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil resiko tersebut agar usaha tetap bisa berjalan dengan baik. Pilihan yang cukup baik adalah mengajukan pinjaman tanpa agunan dengan perhitungan yang matang agar Anda bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu sehingga catatan pinjaman Anda bersih.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

21 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Giovani sugianto
1 tahun yang lalu

Saya butuh dana pinjaman**apa saja syaratnya??? Tolong hub di WA +6282139097726

KoinWorks Support
7 bulan yang lalu

Hai Giovani!

Secara umum, persyaratan untuk pengajuan pinjaman di KoinWorks adalah foto KTP, foto selfie dengan KTP, Kartu Keluarga, dan mutasi rekening 3 bulan terakhir. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa hubungi kami via email yaa di support@koinworks.com.

Terima kasih 🙏

Fahmi arif
1 tahun yang lalu

Saya butuh dana untuk pernikahan

1 tahun yang lalu
Balas ke  Fahmi arif

Hai Fahmi, terima kasih telah berkunjung ke blog kami.

Untuk memudahkan kamu mengumpulkan biaya pernikahan, kamu bisa menggunakan Kalkulator KoinWorks di sini ya. Jika ingin tahu seputar biaya pernikahan lainnya, silakan kunjungi koinworks.com/blog dan cari kata kunci yang kamu butuhkan di kolom Search yaa 🙂

Halijah
11 bulan yang lalu

Saya butuh dana untuk tambahan modal usaha saya

11 bulan yang lalu
Balas ke  Halijah

Hai Halijah!

Yuk, ajukan pinjaman KoinBisnis sekarang juga. Unduh terlebih dulu aplikasi KoinWorks di sini, lalu daftarkan diri kamu.

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami! 🙂

KoinWorks Support
7 bulan yang lalu
Balas ke  Halijah

Halo Halijah!

Kalau kamu memiliki usaha yang sudah berjalan dan membutuhkan modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinBisnis lho. Caranya silakan pilih menu KoinBisnis yang tersedia di halaman utama pada Super Financial App KoinWorks dan isi data-data yang diperlukan buat mengajukan pinjamannya guna memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

Janrit
10 bulan yang lalu

Saya butuh dana 10jt untuk memulai bisnis saya tolong bantu saya..

KoinWorks Support
7 bulan yang lalu
Balas ke  Janrit

Halo Janrit!

Saat ini kami menyediakan jenis pinjaman Koin Bisnis lho yang bisa menjadi solusi kamu dalam mengembangkan modal usaha. Jika kamu tertarik, kamu bisa daftar dulu sebagai Akun Bisnis melalui Super Financial App KoinWorks. Nantinya kamu cukup isi saja data-data serta dokumen yang diperlukan buat pengajuannya. Lalu kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com yaa.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

Idalaesari
10 bulan yang lalu

Saya butuh dana 100 juta buwat buka usaha isi ulang air dan renopasi rumah

KoinWorks Support
7 bulan yang lalu
Balas ke  Idalaesari

Hai Idalaesari!

Kalau kamu merupakan seorang karyawan dari suatu perusahaan yang sudah bekerja sama dengan KoinWorks, kamu bisa mengajukan pinjaman KoinGaji lho. Caranya silakan download Super Financial App KoinWorks yang tersedia di Google PlayStore dan App Store lalu daftar dulu. Nah kalau sudah, kamu bisa klik menu KoinGaji dan ajukan pinjamannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi kamu!

Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

Patianus momiake
7 bulan yang lalu

Saya butuh uang 200 juta untuk buka usaha dgn pencucoan

KoinWorks Support
7 bulan yang lalu

Hai Patianus!

Saat ini kami menyediakan jenis pinjaman Koin Bisnis yaa yang bisa menjadi solusi dalam mengembangkan modal usaha kamu. Kalau kamu tertarik, kamu bisa daftar dulu sebagai Akun Bisnis melalui aplikasi KoinWorks. Nantinya kamu cukup isi saja data serta dokumen yang diperlukan buat pengajuannya. Lalu kalau ada yang mau ditanyakan lebih lanjut, boleh hubungi kami melalui email di support@koinworks.com yaa.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami 😊

Boni
5 bulan yang lalu

Saya butuh pinjaman dana 35juta tolong caranya bagaimana

KoinWorks Support
5 bulan yang lalu
Balas ke  Boni

Hai Boni.
Saat ini kami ada 3 jenis pinjaman yaitu :

1. Koin Bisnis (Usaha)
2. Koin pintar (Pendidikan)
3. Koin Gaji (Karyawan)

Untuk informasi lebih detailnya Kamu bisa konfirmasi melalui email kami ya di support@koinworks.com 😊

Yayan ali
4 bulan yang lalu

Assalamualaikum, bisakah saya mengajukan pinjaman

KoinWorks Support
4 bulan yang lalu
Balas ke  Yayan ali

Hai Yayan ali! MiKo infokan saat ini KoinWorks punya fasilitas pinjaman sebagai berikut:
1. Pembiayaan bisnis ( Koin Bisnis ) Kamu bisa daftar melalui aplikasi KoinWorks,
2. Pembiayaan pendidikan ( Koin Pintar ) Kamu bisa daftar melalui link https://koinworks.com/id/pinjaman/dana-pendidikan ,
3. Pembiayaan Karyawan ( Koin Gaji ) Kamu bisa daftar melalui aplikasi KoinWorks

Amirudin
4 bulan yang lalu

Saya butuh dana untuk membuka modal usaha

KoinWorks Support
4 bulan yang lalu
Balas ke  Amirudin

Halo Amirudin!
Kamu bisa coba ajukan pinjaman bisnis di KoinWorks. Caranya gampang, tinggal download aplikasi KoinWorks terus registrasi di menu KoinBisnis ya. Untuk persyaratannya bisa cek link berikut ya: https://koinworks.com/super-app/koinbisnis/

Rayyan
3 bulan yang lalu

Saya butuh pinjaman

KoinWorks Support
3 bulan yang lalu
Balas ke  Rayyan

Halo, Rayyan! Bisa dicek untuk informasi pada balasan sebelumnya yaa. Jika memerlukan informasi lebih lanjut, silakan sampaikan melalui email ke support@koinworks.com 😊

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​